Cara Membersihkan Ember Bekas Cat Tembok Dengan Mudah

Mungkin setelah selesai mengecat tembok, Anda akan berpikir bagaimana cara membersihkan ember bekas cat tembok. Cat yang satu ini memang tidak akan bisa hilang begitu saja. Akan dibutuhkan cara khusus agar bisa kembali mendapatkan ember yang bersih dari cat. Kali ini kami akan membagikan kepada Anda bagaimana cara yang tepat untuk bisa membersihkan noda cat ini.
 

Inilah Cara Membersihkan Ember Bekas Cat Tembok

Cat kering pada ember plastik memberikan tampilan seperti ember tua yang kotor. Memulai proyek dengan alat kerja yang bersih akan memberi Anda perasaan yang baik. Gunakan beberapa barang umum dan murah di rumah Anda untuk membuat ember plastik kembali terlihat lebih rapi. Ini adalah proyek yang mudah dan cepat.
 

1. Simpan sisa cat

Tuang cat tembok yang tidak terpakai atau sisa ke dalam wadah kaleng cat. Lap bagian dalam dan luar ember dengan handuk kertas ataupun koran bekas. Jangan buang langsung di dalam tong sampah. Akan lebih baik jika ditaruh di kantong plastik sebelum dibuang. Cuci ember dengan sabun dan air. Jika Anda memiliki sisa cat cukup banyak, mungkin informasi mengenai Cara tepat meyimpan sisa cat dapat membantu Anda.
 

2. Hapus cat lateks dengan alkohol

Basahi cat tembok dan tutupi dengan plastik untuk mencegah penguapan. Keluarkan plastik dan bersihkan cat dari ember, bisa menggunakan kain pembersih. Kembali cuci ember dengan sabun dan air.

Oleskan sedikit minyak tanah, alkohol, aseton, terpentin, atau cairan korek api untuk menghilangkan cat minyak. Gunakan kain bersih untuk mengoleskan cairan-cairan ini pada bekas cat. Uji area kecil untuk memastikan Anda tidak merusak ember plastik. Jangan lupa cuci ember dengan sabun dan air setelah cat dihilangkan.

Hapus cat enamel dengan stripper cat, pengencer pernis atau aseton. Oleskan pembersih dengan kain pembersih dan bersihkan catnya. Selesaikan dengan membersihkan ember dengan sabun dan air.
 

3. Keringkan Ember

Keringkan ember dan lihat apakah masih ada noda bekas cat yang menempel di ember Anda. Jika masih ada coba kembali ulangi langkah kedua sesuai jenis cat yang sebelumnya Anda gunakan. Gunakan juga sekrap untuk mengangkat cat yang sulit terlepas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cat di Tangan dengan Ampuh
 

Bersihkan Kuas Anda

Selain menghilangkan cat dari ember, Anda juga harus bisa menghilangkan cat dari kuas. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan cuka atau pelembut pakaian.
 

Metode Cuka Putih:

  • Tuangkan cuka putih ke dalam panci dan didihkan atau didihkan.
  • Setelah dipanaskan, masukkan sikat Anda ke dalam cuka panas.
  • Biarkan selama sekitar 20 menit.
  • Cuci dengan air sabun hangat, dan gunakan tangan Anda untuk menghilangkan cat kering.
  • Bilas sampai bersih dan biarkan kering secara horizontal pada permukaan yang rata.
     

Metode Pelembut Pakaian

  • Hapus cat berlebih dari kuas jika memungkinkan.
  • Campur pelembut kain dan air hangat dalam ember.
  • Mulailah mengaduk-aduk kuas cat dalam campuran sampai cat mulai terlepas dan tenggelam ke dasar ember.
  • Setelah bersih, bilas sisa larutan dengan air. Lap di atas handuk kertas setelah selesai.
  • Biarkan kering dan simpan.

Menjaga kebersihan peralatan cat akan bisa memudahkan Anda nantinya ketika ingin menggunakannya kembali. Sehingga tidak perlu terlalu sering membeli peralatan yang baru di kemudian hari.
Itulah dia informasi yang bisa kami berikan untuk Anda sehingga bisa menjaga kebersihan alat-alat renovasi rumah Anda. Semoga pengetahuan mengenai cara membersihkan ember bekas cat tembok ini bisa berguna dan diterapkan dengan baik, bagi Anda yang mencari paint remover, ketahui harga remover yang ada di Klopmart sekarang juga! 

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi dengan Mudah

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya