7 Cara Membersihkan Dapur Kotor di Rumah

Dapur merupakan bagian yang harus mendapatkan ekstra perhatian dalam urusan bersih-bersih rumah. Bagaimana tidak, setelah memasak, dapur bisa menjadi sangat kotor akibat tumpahan bahan makanan, bumbu yang berceceran, hingga bekas minyak yang menempel pada kompor dan sekitarnya. Jika tidak ditangani dengan baik, hal tersebut akan mempengaruhi higienitas makanan dan kesehatan penghuni rumah.

Dengan membersihkan dapur secara rutin dan efisien, selain terbebas dari kuman dan bakteri, aktifitas di rumah pun akan semakin nyaman. Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Simak cara membersihkan dapur kotor agar rumah senantiasa bersih dan sehat sebagai berikut.

Bersihkan bekas minyak yang berceceran

Usai memasak, agar bekas minyak tidak menyebar dan membuat area dapur lainnya seperti tembok dan lantai menjadi lebih kotor, sebaiknya bekas minyak tersebut dibersihkan terlebih dahulu.

Melansir laman Boldsky, setidaknya ada tujuh cara membersihkan dapur dan kompor setelah memasak, yakni dengan menggunakan amonia; baking soda dan hidrogen peroksida; air mendidih; sabun cuci piring dan soda kue; pisau cukur; garam dan baking soda; dan cuka. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan segala permukaan yang terletak di dapur menggunakan disinfektan.

Segera mencuci piring setelah makan

Cara membersihkan dapur kotor yang kedua adalah biasakan untuk tidak menunda untuk mencuci piring. Menumpuk piring akan membuat dapur semakin kotor. Sebagaimana dikutip Republika, seni mencuci piring memisahkan peralatan dapur tertentu.

Pertama, dahulukan mencuci cangkir sebelum pindah ke piring dan alat makan lainnya. Sedangkan bagian yang lebih besar seperti sajian piring, panci, dan kaleng panggang menjadi bagian terakhir yang dicuci. Selain itu, disarankan pula untuk menggunakan sarung tangan karet agar efektif membunuh kuman.

Untuk menghilangkan bau yang keluar dari saluran tempat cuci piring, tuangkan sabun cuci ke dalam saluran secukupnya. Lalu, nyalakan keran air selama beberapa saat, maka bau pun akan menghilang. Jangan lupa juga untuk mengganti sponge secara rutin.

Membersihkan kulkas

Untuk tetap menjaga kulkas agar tetap higienis, buanglah segala sisa makanan yang terdapat di dalam kulkas. Melansir Simply Business, sebelum membersihkan kulkas, Anda perlu menurunkan rak, baki, dan alat pelengkap yang ada di dalam kulkas. Setelah itu, rendam barang-barang ini dalam pembersih antibakteri yang ramah makanan, lalu bilas di bawah keran.

Kemudian, semprotkan bagian dalam lemari es dengan desinfektan dan bersihkan menggunakan kain lembab. Terakhir, kembalikan bagian kulkas yang Anda bersihkan sebelumnya dan tinggalkan secangkir penuh bikarbonat soda di dalam kulkas selama satu atau dua hari untuk menyerap bau sisa makanan yang kuat.

Membersihkan tempat sampah

Bersihkan tempat sampah hingga benar-benar bersih setiap kali Anda membuang isinya. Bila perlu, setiap hari tempat sampah dicuci menggunakan spons dan sabun. Meski Anda telah melapisi tempat sampah dengan trash bag atau kantong plastik biasa, tidak jarang kantong tersebut bocor dan meninggalkan bau dan sisa kotoran.

Mengelompokkan peralatan memasak

Kita perlu memisahkan peralatan memasak untuk sayur dan daging, khususnya telenan yang berfungsi untuk memotong sayur dan daging mentah. Jika tidak dipisahkan, dikhawatirkan sayuran akan terkontaminasi bakteri yang terdapat pada daging mentah dan menempel pada talenan.

Kemudian, perhatikan juga kebersihan meja dapur, apakah di atasnya terdapat peralatan memasak, alat makan, dan berbagai macam wadah bumbu. Sebaiknya simpan barang yang jarang digunakan ke dalam lemari agar meja terasa lebih lapang dan bersih.

Pel lantai

Untuk memastikan lantai dapur benar-benar terbebas dari kotoran dan minyak, pel lantai dapur dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan obat pel sebanyak dua kali. Bila Anda menggunakan lantai vinyl, Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya.

Selalu perhatikan area yang besar serta bocor. Jika keran dapur Anda bocor, segeralah perbaiki. Selalu pastikan area dapur Anda tidak basah dan lembab. Sebab hal tersebut dapat mengundang hewan seperti kecoa dan tikus berkeliaran.

Atur sirkulasi udara

Untuk menghilangkan bau sisa makanan, sebaiknya jangan menggunakan semprotan pengharum ruangan karena hanya akan membuat baunya semakin tidak karuan. Usahakan area yang Anda bersihkan berventilasi baik dengan menyalakan kipas extractor atau membuka jendela. Atau bisa juga membuka pintu dapur minimal 15 menit sehingga terjadi pertukaran udara. Dengan begitu, cara membersihkan dapur kotor akan lebih efektif.

Semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa kunjungi website Klopmart untuk menemukan berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Klik di sini.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
10 Jun 2020

Related Article