Inilah Setiap Cara Membuat Kolam Terpal Ikan

Budidaya ikan, seperti ikan lele, merupakan salah satu jenis bisnis yang sedang naik daun. Kebutuhan modal yang relatif dikit serta eksekusi yang relatif lebih simpel menjadi beberapa alasannya. Salah satu langkah untuk memulai bisnis budidaya ikan adalah dengan mengeahui cara membuat kolam terpal.

Kolam terpal merupakan alternatif bagi Anda yang belum memiliki modal besar untuk memulai bisnis budaya ikan. Kolam terpal sangatlah mudah untuk dibuat dan dapat memberikan hasil yang tidak kalah dari kolam-kolam lainnya.

Berikut adalah panduan cara membuat membaut kolam terpal yang dapat Anda terapkan untuk memulai bisnis budidaya ikan.

Langkah Pembuatan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan

Ada dua jenis kolam terpal yang dapat Anda buat: di atas permukaan tanah dan di dalam tanah. Berikut adalah panduan lengkap cara membuat keduanya.

1. Cara Membuat Kolam Terpal di Atas Permukaan Tanah

Cara membuat kolam terpal khusus untuk ikan memang tidak bisa dibilang sulit, namun perlu perhatian khusus. Begitu juga dengan kewajiban mempersiapkan seluruh bahan yang diperlukan serta mengikuti setiap langkah yang diberikan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolam terpal ikan di atas permukaan tanah ada:

  • Pasir
  • Semen
  • Bambu
  • Pipa atau selang untuk saluran pembuangan air
  • Batu bata
  • Terpal
  • Knee

Seluruh bahan di atas harus Anda persiapkan agar proses pembuatan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti setiap cara di bawah ini dengan baik:

  1. Anda harus membuat denah dan mengukur kolam terlebih dahulu. Biasanya, ukuran kolam terpal untuk budidaya ikan memiliki standar tersendiri, yakni 2 x 3 x 1 m atau 4 x 5 x 1 m. Sesuaikan ukuran dengan lahan yang Anda miliki. Tandai bagian di denah terpal untuk dijadikan saluran pembuangan.
  2. Anda dapat membuat pondasi kolam sesuai ukuran yang diinginkan. Tentunya dengan memaksimalkan semen, pasir, bambu, dan batu bata
  3. Di bagian saluran pembuangan, masukan salah satu ujung knee dari luar ke dalam terpal. Pastikan salah satu ujung knee menghadap ke arah pembuangan.
  4. Selanjutnya, pasang pipa atau selang yang difungsikan untuk saluran pembuangan atau mengurangi air kolam saat volume berlebih.
  5. Jika seluruh pondasi dan bagian lainnya telah kering secara sempurna, letakkan terpal. Sekarang Anda sudah dapat menggunakan kolam terpal tersebut untuk budidaya ikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pipa Saluran Air

2. Cara Membuat Kolam Terpal di Dalam Tanah

Untuk cara ini, Anda harus membuat lubang terlebih dahulu sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian ada dua pilihan bagaimana kolam ini dibuat. Apakah Anda ingin merenda sebagian kolam atau secara keseluruhan. Jika merendam sebagian saja, maka buat rangka yang kokoh agar kolam bisa berdiri tegak. Sebaliknya, jika terendam secara keseluruhan, Anda tidak perlu membuat rangka karena hanya butuh menggali cukup dalam dengan ukuran tepat.

Ada beberapa bahan dan alat yang wajib dipersiapkan untuk membuat kolam terpal ikan di dalam tanah, yaitu:

  • Terpal kokoh dan anti bocor
  • Cangkul
  • Pasak atau bambu
  • Meteran

Baca Juga: 2 Jenis Terpal Untuk Kolam Budidaya Ikan yang Umum Digunakan

Kemudian, ikuti cara membuat kolam dengan terpal di dalam tanah:

  1. Anda harus menentukan ukuran kolam terpal terlebih dahulu. Ukuran yang biasa digunakan adalah 2 x 3 x 1 meter atau 4 x 5 x 1 meter. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Tancapkan pasak pada lahan yang telah diukur menggunakan meteran untuk membuat kerangka kolam.
  3. Lakukan proses pencangkulan tanah kolam untuk membuat lubang sesuai ukuran yang telah diukur sebelumnya.
  4. Untuk saluran pembuangan, Anda dapat menggali sebuah lubang. Pasangkan pipa pembuangan ditempat yang Anda pilih.
  5. Sekarang Anda tinggal memasukkan terpal yang telah diukur sesuai ukuran kolam.

Itulah dia cara membuat kolam terpal yang dapat Anda coba. Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang sedang tren dan menghasilkan. Untuk memulai budidaya ikan, seperti ikan lele, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Anda dapat memulai budidaya ikan dengan modal kecil seperti dengan menggunakan kolam terpal sebagai tempat budidaya terlebih dahulu.

Seperti yang telah dituliskan di atas, Anda harus menggunakan terpal dengan kekuatan maksimal dan daya tahan yang lama. Sebaiknya jangan sampai Anda menggunakan terpal yang tidak jelas kualitasnya. Untungnya sekarang telah tersedia produk terpal terbaik untuk kolam ikan yang disediakan Klopmart.

Klopmart adalah e-commerce bahan material untuk konstruksi bangunan tepercaya dengan kelengkapan jenis produk dan barang. Anda bisa mendapatkan setiap bahan material yang dibutuhkan untuk membangun kolam terpal di sini. Dengan proses pengiriman yang cepat dan pelayanan terbaik, Anda bisa mendapatkan seluruh bahan material dengan mudah dan cepat. Dengan informasi cara membuat kolam terpal untuk budidaya ikan, dapatkan terpal plastik sekarang juga bersama Klopmart!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article