Inilah Cara Mengatasi Kolam Ikan Bocor dengan Mudah

Cara mengatasi kolam ikan bocor bisa Anda pelajari dengan mudah. Karena tentu saja Anda ingin mengatasi masalah yang satu ini agar ikan-ikan peliharaan Anda bisa hidup dengan nyaman. Kolam ikan outdoor sering menjadi pilihan banyak orang sebagai penghias rumah dan juga taman.

Hal ini juga bisa mengakomodasi hobi memelihara ikan. Namun salah satu masalah yang harus dihadapi adalah kolam ikan yang bocor, bila tidak diatasi dengan benar, maka akan menimbulkan kerugian untuk Anda. Oleh karena itu, mari kita sama-sama mempelajari bagaimana caranya untuk bisa mengatasi kolam ikan yang bocor. Semoga dengan mempelajari hal yang satu ini, Anda akan bisa menyelamatkan tempat tinggal ikan peliharaan Anda.

Pelajari Cara Mengatasi Kolam Ikan Bocor Berikut Ini

Untuk bisa mengatasi kolam ikan yang bocor, Anda harus tahu dulu penyebabnya. Beberapa hal yang paling umum terjadi adalah karena adanya retakan atau terbentuknya celah kecil. Hal lainya bisa saja karena adanya sambungan yang longgar pada selang yang digunakan dalam menguras atau mengisi kolam.

Cara berikut ini akan sangat cocok untuk mengatasi retakan atau celah yang terbentuk pada kolam. Dengan menggunakan cara ini Anda akan bisa mengembalikan kolam ataupun memperkuatnya untuk mencegah kebocoran di masa mendatang. Yuk mari kita pelajari cara berikut ini.
 

1. Persiapkan Tempat Khusus dan Pindahkan Ikan Peliharaan Anda

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memindahkan ikan peliharaan Anda terlebih dahulu. Lakukan dengan teliti agar ikan tidak mengalami stres. Tips yang bisa Anda ikuti adalah memindahkan ikan bersamaan dengan sebagian air kolam tersebut. Hindari memberikan air baru karena akan mengganggu ikan dalam beradaptasi. Setelah itu keringkan kolam dari air.
 

2. Temukan Lokasi Kebocoran Kolam

Setelah melewati proses pengeringan, temukan lubang atau retakan yang menyebabkan kolam menjadi bocor. Tandai lubang atau retakan tersebut dengan kapur atau penanda lainnya.

Baca juga: cara mengatasi tembok retak
 

3. Segera Tambal Lokasi Kebocoran

Untuk mengatasi kebocoran ini, Anda bisa menggunakan campuran semen dan pasir. Namun untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan komponen polymer mortar sebagai bahan pelapis kedap air anti bocor yang bisa melindungi kolam dari kebocoran secara lebih baik. Entah itu kebocoran internal atau eksternal.

Setelah adonan jadi dan mengental, segera aplikasikan pada lokasi yang bermasalah atau yang menjadi penyebab kebocoran kolam ikan tersebut. Biarkan hingga kering dan kemudian haluskan, tunggu 24 jam agar bau semen menghilang.
 

4. Periksa Kembali Tambalan yang Sudah Anda Buat

Tambahkan air hingga menutupi bekas kebocoran yang sudah Anda tambal, tunggu selama 1 jam. Jika air tidak berkurang dan tidak ada indikasi bahwa kebocoran kembali terjadi, kembali tambahkan air. Kemudian tunggu apakah air tersebut berkurang.
 

5. Menstabilkan Kondisi Air Kolam

Mensterilkan air akan bisa mendapatkan ikan yang berkualitas. Biarkan air yang sebelumnya sudah Anda tambahkan selama 24 jam. Setelah itu baru kuras air tersebut karena akan membuang semua racun-racun dan ammonia yang ada dalam kolam. Sikat kolam agar bersih dan gunakan juga  air hangat atau air panas. Bilas kembali kolam dengan air bersih, setelah itu isi kembali dengan air untuk didiamkan selama 24 jam kembali. Setelah itu barulah Anda bisa kembali memindahkan ikan-ikan peliharaan Anda.

Segera tambal kebocoran pada kolam ikan peliharaan Anda dengan mengikuti cara di atas ini. Semoga dengan informasi mengenai cara mengatasi kolam ikan bocor ini bisa membantu Anda, dapatkan Sika Top Seal 107 pelapis kedap air anti bocor di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: cara membuat kolam terpal


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Apr 2021

Related Article