Home & Living

Cara Membuat Tenda dari Terpal saat Pergi Berkemah

Media
22 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sudahkah Anda paham dengan cara membuat tenda dari terpal sebelum berkemah? Kegiatan ini menjadi salah satu aktivitas outdoor yang asyik dilakukan bersama keluarga atau teman. Kita bisa merasakan indahnya pemandangan yang masih asri sekaligus mengadakan beberapa acara atau permainan yang seru bersama mereka.

 

Berkemah tidak akan lengkap tanpa kehadiran tenda yang menjadi tempat kita beristirahat di malam hari. Kalau matahari sedang terik atau hujan tiba-tiba turun, tenda menjadi tempat berteduh dari serangan cuaca mendadak tersebut. Bisa dikatakan, tenda bukan lagi menjadi alat pelengkap, tapi sudah menjadi kebutuhan utama saat sedang berkemah.


Cara Membuat Tenda dari Terpal dengan Mudah

Tenda ini bisa diibaratkan sebagai rumah bagi kita saat sedang berkemah atau mendaki gunung. Para penggemar aktivitas luar ruangan pasti sudah paham dengan cara membuat tenda dari terpal karena jam terbang mereka yang tinggi. Namun, bagaimana dengan pemula yang masih awam dengan persoalan ini.

 

Tidak sulit sebenarnya membangun tenda untuk berkemah atau sebagai tempat berteduh, meskipun hanya digunakan untuk beraktivitas di rumah. Klopmart akan membagikan beberapa langkah yang tepat dalam membangun tenda untuk pemula.

1. Cari Tanah yang Rata

Apapun lokasi perkemahannya, pastikan Anda mendirikan tenda di atas permukaan tanah yang rata dan tidak bergelombang. Apabila ada kerikil atau kotoran, lebih baik bersihkan dulu sebelum membangun tenda di tanah tersebut. 

 

Hindari permukaan tanah yang bergelombang atau malah miring demi kenyamanan saat beristirahat atau berteduh. Lebih baik cari daerah yang cukup tinggi untuk berkemah, jadi air hujan tidak akan mengalir turun dan membasahi tenda. Sebelum berangkat menuju perkemahan, Anda harus memastikan lokasinya terlebih dulu, apakah aman untuk didirikan tenda atau malah berbahaya.

2. Taruh Kain Terpal dan Peralatannya di Permukaan Tanah

Setelah menemukan lokasi yang tepat untuk membangun tenda, mulailah membentangkan kain terpal di atas tanah. Bahan terpal ini lebih diandalkan untuk membangun tenda karena lebih tebal, jadi lantai tenda pun tidak basah atau lembab saat sedang hujan.

 

Setelahnya, letakkan juga semua peralatan yang dibutuhkan untuk membangun tenda, seperti rainfly, tiang rangka tenda dan pasak. Siapkan juga tali tambang atau tali rafia untuk mengikat rainfly dengan tiang rangkanya, atau tenda dengan pasak agar tidak roboh.

3. Bangun Rangka Tenda

Inilah tahap paling krusial dalam membangun tenda, yaitu membuat rangkanya. Bentuk rangka tiang berbeda-beda, sesuai dengan jenis tenda yang disediakan. Biasanya, tenda modern memiliki rangka tenda dengan kabel elastis di dalamnya, jadi pembuatan rangkanya pun lebih mudah.

 

Tiang rangka tenda juga sudah tersambung dengan pipa konektor logam di dalamnya, membuatnya lebih mudah dibentuk. Kalau semua rangka tiang sudah dibangun, letakkan di atas permukaan tanah tersebut.

 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Rangka Tenda Besi Dengan Benar Agar Kokoh

4. Pasangkan Rangka dengan Terpal

Tenda harus dibentangkan dulu di atas kain terpal, kemudian tiang rangka tenda yang sudah dibangun ditaruh dalam posisi menyilang. Apabila satu rangka tenda sudah sesuai dengan selubung kain terpalnya, masukkan saja ke selubung luar tenda. Ulangi langkah ini sampai semua tiang rangka sudah terpasang pada posisi selubungnya masing-masing.

5. Mulai Mendirikan Tenda

Di tahap inilah Anda baru bisa mendirikan tenda sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk dihuni. Untuk mendirikannya, pasangkan ujung semua tiang rangka dengan pin penyematnya. Kalau sudah dipasang, tiang rangka tenda akan melengkung, membuat tenda mulai terangkat dan terbentuk.

 

Agar semakin kokoh, pasangkan pasak eyelet atau lubang kecil di ujung luar tenda. Kemudian, tanamkan pasak tersebut di tanah. Terakhir, pasang rainfly pada kain terpal tenda sehingga aman dari terik matahari atau hujan yang turun.

 

Anda sudah siap berkemah setelah mengetahui cara membuat tenda dari terpal di atas? Kalau ingin membangun tenda yang lebih besar, gunakan saja terpal plastik waterproof yang bisa didapatkan di Klopmart.


Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya