Inilah Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Kolam Terpal yang Benar

Seperti apakah cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal? Untuk proses budidaya ikan, tentu akan ada banyak kotoran dan endapan yang bisa ditemukan pada dasar kolam. Untuk bisa membersihkan hal ini, akan diperlukan sebuah saluran pembuangan. Air yang ada di kolam bisa dikuras dengan cepat menggunakan metode ini, mempercepat pekerjaan yang bisa memakan waktu yang banyak. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuatnya, maka informasi yang ada di bawah ini akan bisa membantu. Yuk perhatikan bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Bagaiamana Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Kolam Terpal?

Kolam terpal menjadi salah satu opsi sebagai tempat budidaya ikan karena harganya yang tidak terlalu mahal. Selain itu jenis kolam ini juga bisa memudahkan saat proses panen, menghasilkan kondisi ikan yang lebih segar. Selain itu suhu air kolam akan tetap stabil, membuat ikan juga relatif jarang terkena penyakit.

Baca Juga: 2 Jenis Terpal Untuk Kolam Budidaya Ikan Yang Umum Digunakan

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan menggunakan kolam terpal ini adalah:

  • Lele
  • Nila
  • Mas
  • Gabus
  • Patin
  • Bawal
  • Gurami
  • Nila
  • Belut

Jika melakukan budidaya ikan pada kolam artifisial ini, maka tentu saja kotoran, endapan, dan level air akan menjadi perhatian utama. Dibutuhkan sebuah sistem pembuangan air untuk bisa mengosongkan kolam dengan cepat yang kemudian akan dibersihkan. Untuk membuat saluran ini, sebenarnya sangat mudah. Dibutuhkan beberapa bahan yang bisa ditemukan di berbagai macam toko bangunan. Mari kita cari tahu caranya.

Membuat Saluran Menggunakan Pipa PVC

Beberapa bahan yang harus dipersiapkan adalah pipa PVC dengan diameter yang bisa disesuaikan, namun disarankan menggunakan diameter 1,5 inch. Kemudian ada sambungan pipa dengan ukuran yang sesuai, 1 sok penutup, amplas, gergaji besi, pisau, dan lem.

Tahapan pembuatannya adalah seperti ini:

  1. Dengan gergaji besi, bagilah ujung pipa paralon menjadi dua bagian yang sama, sepanjang kira-kira 8-10 cm.
  2. Sisipkan amplas pada lubang yang dibuat sebelumnya. Lilitkan lembaran amplas tersebut mengelilingi ujung pipa paralon sehingga terbalut sempurna.
  3. Bagian yang sudah ditutupi amplas akan dimasukan pada sok penyambung.
  4. Putar ujung pipa di dalam lubang sok penyambung, lakukan searah dengan proses pembalutan amplas. Lakukan beberapa putaran untuk mendapatkan tingkat kekasaran yang merata di bagian dalam lubang sok.
  5. Lepaskan amplas, kemudian posisikan lembaran terpal diantara pipa PVC dan sok penyambung. Tekan secara perlahan hingga lembaran terpal masuk ke dalam lubang sok.
  6. Pukul secara perlahan agar mendapatkan sambungan yang ketat demi mencegah adanya kebocoran.
  7. Lihat dari lubang sok penyambung. Buat sayatan pada terpal hingga membentuk lubang. Gunakanlah amplas dengan cara menggosokkannya secara perlahan pada arah melingkar di bagian tepian lubang tersebut untuk mendapatkan bagian dalam yang halus.
  8. Pastikan tidak ada cacat atau kebocoran di sekitar saluran pembuangan ini. Jika sudah Anda bisa menambahkan perekat di sekitar sok penyambung bagian luar. Gunakan sok penutup untuk menghalangi air untuk keluar.

Itulah cara yang bisa Anda ikuti untuk membuat sebuah saluran yang bisa menguras kolam dari terpal dengan cepat. Bila Anda membutuhkan pipa, maka langsung saja cek di Klopmart karena kami adalah agen pipa PVC Rucika yang siap membantu Anda untuk menemukan pipa berkualitas. Gunakan pipa kami untuk melengkapi cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal ini.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Des 2021

Related Article