2 Jenis Terpal Untuk Kolam Budidaya Ikan yang Umum Digunakan

Penggunaan jenis terpal untuk kolam budidaya ikan sudah bukan menjadi rahasia lagi. Saat ini Anda semakin mudah menemukan kolam budidaya ikan karena  menawarkan kemudahan dari fase pembuatan hingga pengurusannya. Selain itu ketika ada masalah pun, proses perbaikan juga jauh lebih mudah. 

Untuk jenis terpal sendiri, ada beberapa pilihan yang bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Penasaran apa saja jenis terpal yang tersedia? Yuk, simak penjelasan selengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.
 

Jenis Terpal Untuk Kolam Budidaya Ikan

Total ada dua jenis terpal yang dibedakan dari segi bentuk kolamnya. Ya, kolam budidaya ikan memang tidak selamanya dalam bentuk persegi panjang saja. Terkadang juga ada yang bulat. Itulah mengapa Anda harus memahami jenis terpalnya terlebih dulu.
 

1. Terpal Persegi/Kotak

Terpal untuk kolam budidaya ikan jika dibentangkan akan berbentuk persegi panjang. Tentu saja ini merupakan bentuk yang paling sering terlihat dan digunakan. Itulah mengapa Anda sangat cocok untuk menggunakan terpal ini di dalam kolam budidaya ikan dengan bentuk yang sama.  

Namun jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya. Tidak dapat dimungkiri bahwa sangat banyak ukuran terpal untuk kolam. Apalagi untuk kolam dengan berbentuk persegi atau kotak. Perlu diperhatikan panjang, lebar, beserta tingginya agar dapat menampung seluruh ikan sesuai ukuran kedalaman kolam. 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Terpal Beserta Bahan Yang Diperlukan
 

2. Terpal Bulat

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, terpal untuk kolam ikan lebih sering berbentuk persegi panjang. Namun sebenarnya ada juga yang dikhususkan untuk kolam bulat. Tentu saja bentuk dari terpalnya pun juga bulat.

Anda dapat membeli terpal bulat ini dengan mudah. Namun bagaimana jika memang sedang tidak ada stok? Anda tetap bisa menggunakan terpal persegi/kotak juga untuk kolam bulat. Namun ada yang perlu diketahui. Jika menggunakan terpal persegi/kotak untuk kolam bulat, maka ada lipatan-lipatan yang harus diperbaiki dan dipastikan tidak mengganggu proses terpal menampung air dan seluruh ikan. 

Penggunaan terpal persegi/kotak untuk kolam bulat memang perlu perhatian khusus dalam pemasanganannya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkannya juga.

Baca juga: Cara Mengatasi Kolam Ikan Bocor dengan Mudah
 

Rekomendasi Terpal Untuk Kolam Budidaya Ikan 

Dari dua jenis terpal yang layak untuk kolam budidaya ikan, mana pilihan Anda? Jangan terlalu cepat menentukan pilihan. Klopmart memiliki satu rekomendasi terpal yang cocok untuk kolam budidaya ikan. Produk apa itu?

Jawabannya adalah terpal plastik yang sekarang telah tersedia di Klopmart. Produk ini memiliki beberapa fitur utama, yaitu:

  • Memiliki keunggulan dari sisi waterproof, daya tahan lama serta kuat, dan tahan terhadap panas.
  • Tidak hanya untuk kolam budidaya ikan saja, tetapi juga sangat ideal untuk menjadi atap dari berbagai aktivitas, seperti pesta, pertemuan, dan lainnya.

Material dari produk terpal ini menggunakan plastik dengan kualitas terbaik dan terdiri dari beberapa ukuran. Dimulai dari 2 x 3 m, 3 x 4 m, 4 x 6 m, 5 x 7 m, 6 x 8 m, hingga 8 x 4 m. Harga yang diberikan pun cukup terjangkau, yakni dari Rp40.000 hingga Rp400.000.

Penasaran dengan produk ini? Jangan ragu untuk membelinya sekarang juga di Klopmart yang menyediakan berbagai macam kebutuhan peralatan material konstruksi bangunan terlengkap dan tepercaya. Anda bisa mendapatkan kebutuhan material dari tahap awal pembangunan hingga finishing di sini. Dengan informasi jenis terpal untuk kolam budidaya ikan, cek harga terpal plastik di Klopmart. 

Baca juga: Aquaproof Vs No Drop: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
05 Mei 2021

Related Article