Atap & Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Beton

Media
31 Mei 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Genteng beton saat ini cukup digemari di Indonesia. Hal ini disebabkan karena desainnya yang cocok untuk rumah-rumah bergaya minimalis. Tetapi apakah hanya karena desainnya saja yang menyebabkannya cukup digemari? Kita perlu mengetahui dan mengerti keunggulan dan kelemahan dari genteng beton ini.

Apa itu Genteng Beton?

Genteng beton atau genteng semen adalah salah satu penutup atap yang dibuat dari semen dan pasir yang dikombinasikan dengan pigmen berwarna. Bahan-bahan ini dicampur menjadi adonan yang lalu dicetak dengan sistem ekstrusi tekanan tinggi. Genteng beton ini memiliki kekuatan bahan yang baik dan warnanya pun tidak cepat pudar, karena sudah melewati perlakuan panas saat produksi.

Di Eropa, penggunaan genteng beton sebagai penutup atap sudah digemari cukup lama, terutama di negara Jerman. Pada awalnya gentng beton penampilannya kurang menarik karena hanya berwarna abu-abu dan kusam. Dengan teknologi terkini, saat ini genteng beton sudah semakin baik kualitasnya dan diproduksi dalam berbagai warna agar dapat memenuhi kebutuhan konsumennya.

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan genteng beton, baca juga ulasan kami tentang macam-macam genteng rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Beton

Berikut ini kelebihan dan kekurangan genteng beton yang harus Anda pahami sebelum membelinya:

Kelebihan Genteng Beton

Beberapa keunggulan genteng beton yang perlu Anda pahami, yaitu:

1. Tidak mudah pecah

Genteng beton memiliki kekuatan bahan yang tinggi sehingga tahan terhadap pengaruh perubahan cuaca dan lingkungan. Inilah yang membuat jenis genteng ini tidak mudah pecah. Genteng jenis ini juga mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan genteng tanah liat.

2. Tahan lama

Selain tidak mudah pecah, genteng beton juga merupakan salah satu jenis genteng yang tahan lama karena usia pakainya yang cukup panjang. Bahkan genteng beton memiliki daya tahan genteng ini ada yang hingga 20 tahun.

3. Bersifat insulator

Genteng beton sering disebut dapat menahan serangan biologis. Rumah dapat lebih senyap jika menggunakan genteng beton. Hal ini terjadi karena suara dari luar dapat teredam dengan baik berkat sifat insulator akustik yang dimiliki oleh genteng beton.

Selain itu, rumah Anda dapat terasa lebih sejuk saat musim panas dan hangat saat musim hujan karena sifat insulator thermal-nya yang dapat memantulkan panas.

Baca juga: Harga Genteng Berdasarkan Material yang Digunakan

4. Tersedia dalam beberapa model

Genteng dari beton memiliki beragam model sehingga Anda dapat memilih model yang sesuai dengan selera Anda. Ada genteng yang berbodel rata dan bergelombang.

5. Tersedia dalam berbagai warna menarik

Tidak hanya modelnya yang beragam. Jenis genteng beton tersedia dalam beberapa warna, sehingga dapat disesuaikan dengan warna dinding luar rumah Anda.

6. Ukurannya presisi dan konsisten

Keunggulan genteng beton selanjutnya adalah bentuk dan ukurannya presisi. Hal ini karena proses pembuatan yang menggunakan teknologi modern. Dengan bentuknya yang presisi dapat memudahkan Anda dalam pemasangan.

7. Dapat dicat ulang

Jangan takut warnanya memudar jika sudah lama terpasang. Anda dapat dengan mudah mengecat ulang sehingga warnanya kembali cantik seperti semula. Mengecat ulang dapat memperpanjang masa pakai beton.

8. Harga relatif lebih murah

Keunggulan lainnya, genteng beton memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan genteng keramik.

Baca juga: Atap Genteng Keramik: Kelebihan dan Kekurangannya

Kelemahan Genteng Beton

Selain memiliki kelebihan, genteng beton juga memiliki kelemahan. Berikut ini kelemahan dari genteng beton yang perlu Anda ketahui:

1. Bobotnya berat

Bobotnya cukup berat sehingga memerlukan struktur rangka yang cukup kuat dan kokoh. Pastikan kekuatan struktur rangka atap cukup kuat untuk dapat menahan bobot atap secara keseluruhan.

2. Memerlukan ketelitian dalam pemasangan

Sistem pemasangannya pun cukup kompleks sehingga memerlukan ketelitian dan waktu pengerjaan yang lebih panjang.

3. Memerlukan perawatan khusus

Meskipun tahan lama, genteng beton memerlukan pelapisan khusus untuk menjaga supaya tetap kuat. Pelapisan khusus ini harus dilakukan secara rutin untuk mencegah kelembaban masuk ke dalam genteng. Biasanya pelapisan khusus dilakukan 1 hingga 2 kali dalam setahun.

Kesimpulan

Nah, itulah keunggulan dan kelemahan penggunaan genteng beton. Klopmart juga menyediakan berbagai pilihan genteng yang dapat menyesuaikan berbagai kebutuhan Anda. Bahkan Anda dapat mengecek harga genteng langsung di website Klopmart.

Semoga informasi mengenai genteng beton dari Klopmart dapat membantu Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya