Bagaimana Cara Menyolder agar Timah Menempel dengan Baik?

Untuk mengetahui cara menyolder agar timah menempel, maka Anda harus mempelajari beberapa trik terlebih dahulu. Namun sebelum itu, tentu saja Anda harus mengetahui cara melakukan penyolderan terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai cara menyolder agar timah menempel serta beberapa trik yang bisa membantu Anda melakukan hal tersebut.

Langkah- Langkah Menyolder dengan Baik dan Benar

Sebelum mempelajari trik agar timah menempel ketika menyolder, Anda harus mempelajari cara menggunakan solder terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyolder dengan baik dan benar:

1. Siapkan Alat Solder atau Soldering Iron

Sebagian besar komponen elektronik disolder untuk mengamankan komponen ke PCB. Oleh karena itu, gunakan alat solder dengan ujung yang lebih kecil. Pertimbangkan untuk menggunakan ujung minus untuk pekerjaan sehari-hari, atau ujung kerucut untuk penyolderan terperinci.

Alat solder tidak memiliki ujung yang dapat dilepas/diganti, jadi belilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, alat solder untuk pekerjaan elektronik biasanya memiliki tegangan 40 watt dengan suhu (atau pengaturan suhu) setinggi 482 derajat Celcius. Ini akan memastikan alat solder mampu melelehkan timah solder dengan mudah tanpa merusak kabel komponen yang ada.

Baca juga: Mengenal Fungsi Solder dan Jenis-jenisnya

2. Siapkan Timah Solder

Pastikan timah solder yang Anda pilih akan terikat dengan bahan yang Anda coba solder. Menggunakan timah solder kawat padat mungkin memerlukan fluks terpisah untuk memecahkan lapisan oksida dan memungkinkan solder untuk mengikat.

3. Panaskan Alatnya

Colokkan alat solder dan biarkan memanas di dudukannya selama beberapa menit. Pastikan Anda membersihkannya dengan spons jika alar solder tersebut sudah digunakan sebelumnya. Lumuri alat solder dengan timah setelah bersih. Ketika sudah siap, atur komponen-komponen, penjepit, dan timah solder yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Proses Penyolderan

Jika semua persiapan sudah selesai, maka sekarang Anda sudah bisa memulai proses penyolderan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  • Sebelum mulai menyolder, bersihkan terlebih dahulu PCB yang akan digunakan.
  • Siapkan komponen yang akan disolder, jangan lupa periksa dahulu komponen yang akan disolder dan bisa juga dibersihkan.
  • Siapkan solder yang telah dipanaskan.
  • Selanjutnya, pasang komponen ke PCB.
    • Ingat ketika kita menyolder komponen, lebih baik pasang satu-persatu jangan sekaligus semua komponen kita pasang ke PCB.
  • Ketika memasang komponen ke PCB, bengkokkan kaki komponen hingga kira-kira mudah untuk menyolder komponen tersebut.
  • Pastikan komponen yang akan disolder itu benar, jangan sampai salah komponen.
  • Jika ingin melepas hasil solderan, gunakan sedot timah.
    • Caranya sangat mudah, Anda cukup panaskan kembali solderan yang telah mengeras dengan menggunakan solder tersebut, kemudian lanjutkan alat sedot timah.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

Cara Menyolder Agar Timah Menempel

Setelah mengetahui cara menyolder, berikut adalah trik atau cara yang bisa Anda ikuti jikalau hasil solderan Anda kurang baik atau timah yang Anda solder tidak menempel:

1. Gunakan Timah Solder dengan Kualitas Terbaik

Dalam menyambung atau menyolder timah pada alat elektronik, kita harus menggunakan timah solder yang baik yang di dalamnya terdapat pasta perekat yang tanpanya tidak menimbulkan kerak.

2. Tips Jika Memiliki Timah Solder Kualitas Rendah

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda ikuti jika timah solder yang Anda gunakan memiliki kualitas rendah:

  • Kupas kulit kabel, jangan dirapikan (jangan dibulatkan) terlebih dahulu dengan tangan.
  • Carilah untaian kawat tembaga berkualitas bagus, timah solder dapat menempel pada kawat tersebut.
  • Potong kawat yang tidak menempel dengan timah dengan panjang yang sama dengan kawat berkualitas bagus yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Selipkan kabel tembaga yang kualitas bagus pada kabel berkualitas rendah.
  • Potong sesuai dengan kondisi penyolderan, misalnya 3 atau 4 mm.
  • Rapikan atau bulatkan untaian kawat dengan tangan.
  • Bersihkan ujung besi solder terlebih dahulu.
  • Solder dengan cara menempelkan timah solder, mata solder, dan kawat yang sudah dibulatkan tadi.
  • Setelah timah solder dapat menempel pada ujung kabel yang telah dibuat tadi, artinya ujung kabel tersebut dapat disambungkan dengan komponen yang akan kita solder.

Baca juga: Kabel Listrik: Jenis & Fungsinya

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara menyolder yang benar. Jika Anda sedang mencari pihak yang jual kabel eterna murah Jakarta, maka Anda bisa mengunjungi Klopmart sekarang juga. Semoga dengan mengetahui cara menyolder agar timah menempel ini bisa membantu pekerjaan Anda.

 

Sumber:

https://wijayaelektrik.com/blog/42_Menyolder-Supaya-Nempel.html
https://id.wikihow.com/Menyolder

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya