Alat Safety

Solder: Pengertian dan Cara Penggunaannya yang Tepat

Media
23 Feb 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apa itu solder? Secara sederhana, solder adalah alat yang digunakan untuk proses penyambungan yang digunakan untuk menyatukan berbagai jenis logam pada alat elektronik. Keterampilan dasar yang sangat diperlukan dalam merakit atau memperbaiki alat elektronik di atas biasa disebut teknik menyolder.


Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu solder beserta cara menggunakan solder yang benar agar Anda tidak sampai salah menggunakannya.

Apa Itu Solder?

Solder adalah salah satu jenis alat pemanas yang berguna untuk melelehkan timah sehingga mudah menempel pada komponen atau kaki transistor elektronik. Dengan demikian, komponen dan kaki transistor akan dapat menyatu dengan jalur pada PCB (Printed Circuit Board).

Secara lebih lanjut, solder bekerja dengan menghasilkan panas yang digunakan untuk melelehkan timbal untuk proses penyambungan rangkaian atau komponen pada peralatan elektronik.

Dalam dunia teknik mesin, proses penyambungan logam ini banyak dikenal dengan istilah las atau welding yang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan menyolder yaitu dengan cara melebur bahan tambahan sehingga rangkaian atau komponen elektronika dapat disambungkan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Solder dan Jenis-jenisnya

4 Cara Menggunakan Solder

Berikut ini adalah cara menggunakan solder, atau lebih tepatnya cara melakukan teknik penyolderan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan solder di rumah dengan baik dan benar:

1. Siapkan Alat Solder atau Soldering Iron

Sebagian besar komponen elektronik disolder untuk mengamankan komponen ke PCB. Oleh karena itu, gunakan alat solder dengan ujung yang lebih kecil. Pertimbangkan untuk menggunakan ujung minus untuk pekerjaan sehari-hari, atau ujung kerucut untuk penyolderan terperinci.

Alat solder tidak memiliki ujung yang dapat dilepas/diganti, jadi belilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, alat solder untuk pekerjaan elektronik biasanya memiliki tegangan 40 watt dengan suhu (atau pengaturan suhu) setinggi 482 derajat Celcius. Ini akan memastikan alat solder mampu melelehkan timah solder dengan mudah tanpa merusak kabel komponen yang ada.

Baca juga: Manfaat Air Keras Untuk Solder dan Cara Menggunakannya

2. Siapkan Timah Solder

Pastikan timah solder yang Anda pilih akan terikat dengan bahan yang Anda coba solder. Menggunakan timah solder kawat padat mungkin memerlukan fluks terpisah untuk memecahkan lapisan oksida dan memungkinkan solder untuk mengikat.

3. Panaskan Alatnya

Colokkan alat solder dan biarkan memanas di dudukannya selama beberapa menit. Pastikan Anda membersihkannya dengan spons jika alar solder tersebut sudah digunakan sebelumnya. Lumuri alat solder dengan timah setelah bersih. Ketika sudah siap, atur komponen-komponen, penjepit, dan timah solder yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyolder agar Timah Menempel dengan Baik?

4. Proses Penyolderan

Jika semua persiapan sudah selesai, maka sekarang Anda sudah bisa memulai proses penyolderan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  • Sebelum mulai menyolder, bersihkan terlebih dahulu PCB yang akan digunakan.
  • Siapkan komponen yang akan disolder, jangan lupa periksa dulu komponen yang akan disolder dan bisa juga dibersihkan.
  • Siapkan solder yang telah dipanaskan.
  • Selanjutnya, pasang komponen ke PCB.
    • Ingat ketika kita menyolder komponen, lebih baik pasang satu-persatu jangan sekaligus semua komponen kita pasang ke PCB.
  • Ketika memasang komponen ke PCB, bengkokkan kaki komponen hingga kira-kira mudah untuk menyolder komponen tersebut.
  • Pastikan komponen yang akan disolder itu benar, jangan sampai salah komponen.
  • Jika ingin melepas hasil solderan, gunakan sedot timah.
    • Caranya sangat mudah, Anda cukup panaskan kembali solderan yang telah mengeras dengan menggunakan solder tersebut, kemudian lanjutkan alat sedot timah.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai apa itu solder dan cara penggunaannya. Jika Anda sedang mencari pihak yang jual kabel eterna murah Jakarta, maka Anda bisa mengunjungi Klopmart sekarang juga.

 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya