3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

Selain timah, dalam pekerjaan menyolder ini kita sering membutuhkan pasta solder. Fungsi pasta solder ini adalah untuk memudahkan agar timah menempel pada benda yang sedang disolder, misalnya pada kawat atau terminal solder. Pasta solder ini juga berfungsi untuk mencegah oksidasi saat benda yang disolder dipanaskan.

Bagi para teknisi atau ahli solder yang berpengalaman, tentunya pasta solder ini harus tersedia pada saat menyolder. Jika tidak, maka hasil solderan kemungkinan akan kurang bagus dan mudah terkena korosi.

Berikut ini adalah beberapa fungsi pasta solder yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin melakukan reparasi elektronik, atau bahkan jika pekerjaan Anda berkutat di bidang elektronik.

3 Fungsi Pasta Solder

Sebenarnya pasta solder ini juga terdapat di dalam timah, mungkin Anda sering memperhatikan saat menyolder ada minyak yang keluar seiring dengan melelehnya timah/flux. Namun meskipun begitu, terkadang timah solder dengan kualitas yang buruk hanya mengandung sedikit sekali pasta solder ini, jadi Anda tetap harus menggunakan pasta solder lagi. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Solder dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari pasta solder yang harus Anda ketahui:

1. Mencegah Oksidasi

Pasta solder atau sering disebut sebagai solder paste adalah jenis senyawa yang memiliki fungsi untuk meminimalkan terjadinya lapisan oksidasi selama kegiatan penyolderan.

Mengapa oksidasi ini perlu dihilangkan? Jawabannya karena lapisan oksidasi dapat menyebabkan korosi pada timah sehingga sambungan timah pada komponen yang disolder menjadi tidak tahan lama dan mengakibatkan kontak yang buruk antara komponen dengan papan sirkuit PCB (Printed Circuit Board).

Dengan menggunakan pasta solder, timah solder dapat menempel dengan baik tanpa adanya oksidasi. Jika hasil penyolderan terjadi oksidasi, maka sambungan menjadi tidak sempurna dan aliran arus listrik pada rangkaian menjadi terhambat.

Penting juga untuk mengetahui cara menyimpan pasta solder, yaitu harus disimpan dalam kondisi yang tepat, pastikan untuk menyimpan pasta solder dalam wadah tertutup kedap udara untuk mencegah oksidasi.

2. Memudahkan Timah Untuk Menempel

Selain berfungsi untuk menghilangkan oksidasi saat menyolder seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi pasta solder berikutnya yaitu dapat memudahkan timah menempel pada permukaan saat dipanaskan dengan solder sehingga timah benar-benar menempel pada permukaan komponen yang disolder.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyolder agar Timah Menempel dengan Baik?

3. Fungsi Lainnya

Fungsi lain dari pasta solder adalah agar hasil penyolderan tidak retak saat terjadi panas pada rangkaian PCB, sambungan tetap tersambung dengan baik, dan tidak menghambat arus listrik pada rangkaian.

Penggunaan pasta solder secara rutin juga secara tidak langsung dapat membuat mata solder lebih awet karena tercegahnya korosi pada besi solder.

Tips Memilih Pasta Solder yang Tepat

Ada beragam pasta solder yang beredar di pasaran. Olehnya, Anda perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri pasta solder yang baik dan bagaimana cara memilihnya:

1. Hindari paduan yang mengandung timbal

Paduan berarti campuran dari logam atau sebuah campuran logam dan elemen lainnya. Perhatikan kandungan dari pasta solder, apakah mengandung timbal. Hindari pasta solder yang mengandung timbal karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

2. Pilih pasta yang tidak terlalu encer

Suhu leleh untuk tiap paduan berbeda-beda. Ia dapat berubah dari padat menjadi cair. Pasta solder yang bagus tidak terlalu encer dan cepat mengering jika terkena panas solder

3. Beli di toko terpercaya

Untuk memastikan Anda menggunakan pasta solder terbaik salah satu caranya adalah dengan membeli pasta solder di toko atau produsen yang terpercaya yang memahami secara lengkap produk yang dijual.

Cara Menggunakan Pasta Solder

Pasta solder sendiri dapat digunakan dengan cara dioleskan ke permukaan komponen yang akan disolder. Lalu ketika dipanaskan, pasta solder tersebut akan meleleh dan mengalir ke ruang antara kaki-kaki komponen dan alas PCB sehingga menghasilkan penyolderan yang baik.

Baca juga: Mengenal Fungsi Solder dan Jenis-jenisnya

Pasta solder saat ini paling banyak digunakan dalam proses perakitan papan sirkuit atau PCB, baik itu di perusahaan besar sampai penggunaan sehari-hari seperti di tempat servis alat elektronik.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan pasta solder:

  • Jika terkena kulit, bilas dengan air mengalir. Demikian juga pakaian yang terkena pasta solder harus dibersihkan sebelum digunakan kembali.
  • Jangan pernah menghirup asap yang dihasilkan oleh pasta solder karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai fungsi pasta solder dan cara menggunakannya. Jika Anda sedang mencari pihak yang jual kabel eterna murah Jakarta, maka Anda bisa mengunjungi Klopmart sekarang juga. Ingat, fungsi pasta solder akan bisa membantu Anda.

Sumber artikel:

  • https://panduanteknisi.com/fungsi-flux-pasta-solder.html


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Feb 2022

Related Article