7 Cara Menyemen Lantai Tanah dengan Tepat

Bagi Anda yang ingin menutup permukaan tanah di halaman dengan semen, ada baiknya untuk mengetahui cara menyemen lantai tanah dengan tepat. Pengaplikasian semen dengan tepat tentu akan memberikan hasil yang baik dan rapi bagi rumah Anda.

Proses penyemenan lantai tanah sangatlah mudah dan cepat. Anda dapat mengikuti panduan untuk menyemen lantai tanah melalui pembahasan yang akan Klopmart sajikan di bawah ini.

Bagaimana Cara Menyemen Lantai Tanah dengan Tepat?

Untuk dapat menyemen lantai tanah dengan tepat, berikut ini ada 7 tahapan yang perlu Anda lalui, yaitu:

1. Membersihkan Lantai Tanah

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan penyemenan lantai tanah adalah membersihkan lantai tersebut. Bersihkanlah lantai tanah dari kotoran seperti tumbuhan liar, rumput, daun-daun kering, ataupun sampah.

2. Melakukan Penyekatan

Lantai tanah yang akan disemen harus diukur terlebih dahulu dan kemudian disekat-sekat. Anda bisa menggunakan tali sebagai penyekat sekaligus penanda ketinggian semen yang akan diaplikasikan pada lantai tanah.

Ukuran yang disarankan dalam tahapan penyekatan ini adalah 1 x 2m. Sedangkan untuk ukuran tingginya bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda.

3. Melapisi Lantai Tanah (Opsional)

Sebelum masuk ke dalam proses penyemenan, Anda memiliki pilihan untuk melapisi lantai tanah terlebih dahulu atau tidak. Anda bisa melapisi lantai tanah dengan menaburkan pasir atau memasang batu bata terlebih dahulu agar lapisan lantai menjadi lebih kuat.

Proses ini merupakan opsional dan Anda tidak perlu melapisi lantai tanah apabila tidak dibutuhkan. Selain itu, perlu diingat juga untuk bahan material pelapisnya, karena Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk hal ini.

4. Membuat Adukan Semen

Untuk menyemen lantai tanah, Anda perlu membuat campuran yang terdiri dari semen, pasir dan air. Komposisi adukan semen yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang tepat adalah 1:2:5 (semen:pasir:air).

 

Baca Juga: Jenis Semen yang Tersedia di Pasaran

 

Dalam membuat adukan semen, Anda perlu mengayak semen dan pasir terlebih dahulu untuk membuang bongkahan atau serpihan yang ada di dalamnya. Setelah diayak, barulah campurkan air sedikit demi sedikit hingga teksturnya menyerupai pasta.

5. Proses Pengaplikasian Adukan Semen

Sekarang, Anda bisa mengaplikasikan adukan semen pada area lantai tanah yang sudah ditentukan. Kerjakanlah secara berurutan mulai dari petak yang paling ujung, kemudian dilanjutkan ke petak lantai sebelahnya, dan seterusnya hingga seluruh permukaan lantai tanah tertutupi dengan adukan semen.

Pastikan juga Anda meratakan adukan semen yang telah diaplikasikan pada lantai tanah agar ketinggiannya sama rata. Selain itu, permukaan lantai tanah yang disemen dengan baik tentunya akan membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih rapi.

Baca Juga : Butuh Berapa Lama Semen Kering? Berikut Infonya!

6. Mengaci Lantai yang Sudah Disemen

Setelah adukan semen mengering, Anda dapat melakukan proses pengacian pada bagian permukaan belum tertutup dengan sempurna. Dengan pengacian, lantai tanah yang sudah disemen akan lebih kokoh dan tentu saja awet.

 

Baca Juga: Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

7. Proses Finishing

Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah proses finishing. Tahapan ini diperlukan untuk memperindah tampilan lantai halaman rumah Anda.

Untuk melakukan proses finishing ini, Anda dapat menggunakan cairan lilin atau oli bekas, sesuai dengan keinginan. Anda juga dapat menggunakan ampas kelapa yang dapat membuat lantai menjadi tampak mengkilap.

Dalam melakukan penyemenan lantai tanah, pastikan Anda memilih bahan material berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, silakan gunakan semen MU 440 yang bisa didapat melalui website Klopmart dan sekian informasi seputar 7 cara menyemen  lantai tanah dengan tepat yang dapat bermanfaat untuk Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya