Home & Living

5 Cara Ampuh Usir Kecoa Dari Rumah

Media
22 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Keberadaan kecoa di rumah dapat menganggu aktivitas di rumah. Untuk Anda yang sangat takut dengan kecoa, Anda tidak hanya akan merasa kesulitan melakukan aktivitas di rumah tapi juga bisa menjadi ketakutan. Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari cara ampuh usir kecoa. Dengan begitu, Anda dapat mengusir kecoa secepat mungkin sehingga dapat beraktivitas dengan tenang.

Cara membasmi kecoa dapat dilakukan melalui berbagai cara. Kini, Anda tidak membutuhkan bahan kimia untuk mengusir kecoa dari rumah. Anda dapat menggunakan berbagai bahan alami yang dapat ditemukan di rumah dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara membasmi kecoa di rumah dengan bahan alami yang dapat Anda coba.

Tips Ampuh Mengusir Kecoa dari Rumah

1. Gunakan Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu minyak esensial yang dapat Anda gunakan untuk membasmi serangga seperti kecoa. Sejatinya, minyak esensial berfungsi untuk mengharumkan ruangan atau perawatan kulit. Minyak peppermint, seperti minyak esensial lainnya, memiliki aroma yang dapat membuat orang-orang yang menciumnya menjadi rileks dan tenang.

Tetapi, hal ini sepertinya berbanding terbalik pada kecoa. Kecoa, seperti kebanyakan serangga pada umumnya, tidak menyuai bau yang menyengat. Ini berarti, Anda bisa menggunakan minyak peppermint sebagai alat untuk membasmi kecoa di rumah dengan ampuh.

Untuk menggunakan minyak esensial ini untuk mengusir kecoa, Anda tinggal mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan air garam pada sebuah botol semprot. Anda kemudian tinggal menyemprotkannya pada area-area yang sering dilewati kecoa. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menyemprotkan cairan ini pada sudut-sudut rumah dan area dapur.

2. Gunakan Daun Salam

Daun salam adalah daun yang terkenal memiliki banyak manfaat; mulai mencegah penyakit hingga menyembutkan infeksi kulit. Tapi, tahukah Anda kalau daun salam juga dapat Anda gunakan untuk mengusir kecoa dari rumah? Hal ini karena aroma daun salam sangat kuat sehingga sangat tidak disukai oleh kebanyakan serangga.

Untuk menggunakan cara ini, Anda cukup menghancurkan beberapa daun salam baik menggunakan ulekan atau alat lainnya. Hancurkan sampai daun salam Anda berubah menjadi bubuk. Setelah itu, taburkan bubuk daun salam tersebut di tempat-tempat yang sering dilewati kecoa. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menaburkan bubuk daun salam pada sarang kecoa.

3. Gunakan Soda Kue

Serupa dengan daun salam, soda kue atau baking soda adalah bahan rumahan yang mempunyai banyak manfaat. Selain fungsi utamanya untuk membuat kue, Anda dapat menggunakan soda kue untuk membetulkan WC mampet dan membunuh atau mengusir beberapa serangga penganggu dari rumah seperti kecoa.

Untuk mengusir kecoa dari rumah dengan menggunakan baking soda, Anda tinggal mencampurkanya dengan gula. Keberadaan gula akan menarik kecoa untuk mendekati campuran, dan saat kecoa telah memakan campuran tersebut, soda kue yang tercampur dengan asam lambung kecoa akan mengembang dan membunuh kecoa seketika.

4. Gunakan Bubuk Kopi

Serupa dengan beberapa bahan yang telah dibahas, bubuk kopi memiliki aroma yang sangat kuat. Untuk manusia, aroma kopi dapat menimbulkan efek rileks dan tenang. Tetapi, untuk kecoa dan serangga lainnya, aroma kopi akan menjadi sangat kuat dan dapat membuat mereka tidak betah.

Untuk mengusir kecoa dari rumah dengan menggunakan bubuk kopi, Anda tinggal menaburkan bubuk kopi hitam di sudut-sudut rumah yang sering dilalui oleh kecoa. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di area dapur dan kamar mandi yang sering dihinggapi oleh kecoa.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengusir Kecoa di Kamar Mandi

5. Gunakan Pelicin Pakaian

Bahan satu ini mungkin tidak pernah terbesit dipikiran orang-orang ketika mencari cara untuk mengusir kecoa. Padahal, pelicin pakaian terbukti ampuh untuk mengusir kecoa. Anda tinggal menyemprotkan pelicin pakaian pada tubuh kecoa dan menunggu hingga reaksinya muncul.

Tips Mencegah Kecoa Datang Kembali ke Rumah

Selain mengetahui cara mengusir kecoa, Anda sebaiknya juga mempelajari cara untuk mencegah mereka kembali masuk ke rumah Anda.

Secara umum, Anda hanya perlu rutin membersihkan rumah Anda sehingga bebas dari sisa makanan yang menumpuk dan kotoran lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kecoa kembali ke rumah Anda:

  1. Menjaga kebersihan dan kerapihan barang-barang di rumah kita. Rumah yang rapi teratur akan otomatis lebih mudah untuk dibersihkan.
  2. Simpanlah makanan dalam wadah yang tertutup rapat atau di dalam lemari es sehingga aromannya tidak mengundang kecoa masuk.
  3. Gunakan tempat sampah yang tertutup untuk mengurangi tersebarnya aroma makanan yang mulai membusuk.
  4. Buanglah sampah secara rutin dan teratur sebelum menumpuk dan menyebabkan aroma yang mengundang kecoa, lalat atau bahkan tikus.
  5. Tutuplah sumber air, saluran air, dan wadah air yang terbuka, khususnya yang berada di kamar mandi. Kecoa hanya mampu bertahan hidup selama satu minggu tanpa air.

Itulah dia beberapa cara ampuh usir kecoa yang dapat Anda terapkan. Keberadaan kecoa di rumah tentu akan menganggu aktivitas di rumah. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah untuk mengusir kecoa di rumah. Selain mempelajari cara ampuh mengusir kecoa, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah kecoa datang kembali ke rumah Anda. Sebagai langkah awal, mulailah membersihkan rumah Anda secara rutin.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya