Tanpa Ribet, Begini 5 Cara Mengusir Semut Merah dengan Mudah

Semut merah pastinya menjadi salah satu hewan yang paling sering ditemukan di setiap rumah. Populasi dari hewan yang satu ini memang cukup banyak sehingga semut merah cukup sering ditemui baik di rumah ataupun di luar rumah seperti kebun.

Sekumpulan semut merah cukup mengganggu dan bahkan bisa menggigit tubuh. Setelah digigit biasanya akan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Menghindari semut merah sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menjaga kebersihan dan tidak menaruh makanan dan minuman sembarangan. Namun, jika rumah Anda sudah terlanjur banyak ditemukan hewan tersebut, berikut ini 5 cara mengusir semut merah dengan mudah.

Lemon

Buah yang satu ini tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C saja karena lemon juga sangat ampuh dijadikan pengusir semut merah. Cara mengusir merah menggunakan lemon cukup mudah. Pertama, potong lemon dan peras hingga mengeluarkan sari buahnya. Masukkan sari buah tersebut ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, semprotkan sari buah lemon ke tempat yang biasanya dipenuhi oleh semut merah.

Selain sari buahnya, kulit lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah. Potong kecil-kecil kulit lemon, kemudian sebarkan potongan kulit tersebit di sekitar celah pintu dan tempat berkumpulnya semut merah. Lemon memiliki aroma asam yang tidak disukai oleh semut merah, jadi Anda bisa langsung mencobanya di rumah. Setelah semut terusir, apabila Anda juga kurang nyaman dengan aromanya, Anda bisa mengepelnya biasa hingga aromanya menghilang.

Tepung Terigu

Cara mengusir semut merah yang kedua adalah dengan menggunakan tepung terigu. Tidak hanya digunakan untuk membuat makanan, tepung terigu juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah yang ada di rumah.

Caranya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu di area berkumpulnya semut merah. Misalnya saja di celah jendela atau di lantai dapur. Tepung terigu yang ditaburkan akan menghalangi semut merah dan hewan tersebut tidak akan bisa dengan mudah melewatinya. Setelah semut merah terusir, tepung terigu bisa Anda bersihkan. Penggunaan tepung terigu tidak akan meninggalkan aroma kuat pada lantai Anda.

Lada Bubuk

Selain bisa memberikan rasa yang pedas pada makanan, rupanya lada bubuk juga bisa dijadikan alat pengusir semut merah yang ampuh. Lada bubuk memiliki aroma pedas dan panas yang tidak disukai oleh semut merah. Jadi saat Anda menaburkan lada bubuk di sekitar meja atau celah jendela maka semut merah dijamin tidak akan melewatinya.

Baca juga: Cara Jitu Mengusir Rayap di Rumah Anda

Kapur Anti Serangga

Kapur serangga menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk mengusir semut merah yang ada di rumah. Kapur serangga memang sangat mudah ditemukan karena sudah tersedia di setiap swalayan. Bahan yang satu ini sangat ampuh mengusir semut karena terbuat dari kalsium karbonat. Semut merah dan serangga lain sangat tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh kalsium karbonat. Jadi kapur serangga pasti dijamin sangat ampuh untuk mengusir semut merah.

Menggunakan kapur serangga untuk mengusir semut merah juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat garis dengan kapur serangga di sekitar area yang sering didatangi oleh semut merah. Semut tidak akan bisa melewati garis yang dibuat dengan kapur serangga, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika hewan tersebut akan kembali mengganggu.

Garam

Banyak orang pasti menganggap jika garam hanya berguna sebagai bumbu masakan karena memiliki rasa yang asin. Namun, ternyata garam juga bisa dijadikan pilihan untuk mengusir semut merah. Anda hanya perlu menaburkan garam di sekitar meja, lantai atau celah pintu. Sebaiknya taburkan garam dengan ketebalan sekitar 3 sampai 5 cm agar semut merah tidak bisa melewatinya.

Itulah tadi 5 cara mengusir semut merah yang bisa coba Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article