Home & Living

Tanpa Ribet, Begini 9 Cara Mengusir Semut Merah dengan Mudah

Media
12 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Semut merah pastinya menjadi salah satu hewan yang paling sering ditemukan di setiap rumah. Populasi dari hewan yang satu ini memang cukup banyak sehingga semut merah cukup sering ditemui baik di rumah ataupun di luar rumah seperti kebun.

Sekumpulan semut merah cukup mengganggu dan bahkan bisa menggigit tubuh. Setelah digigit biasanya akan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Menghindari semut merah sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menjaga kebersihan dan tidak menaruh makanan dan minuman sembarangan. Namun, jika rumah Anda sudah terlanjur banyak ditemukan hewan tersebut, berikut ini 9 cara mengusir semut merah dengan mudah.

Cara Mengusir Semut Dengan Bahan Alami

1. Lemon

Buah yang satu ini tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C saja karena lemon juga sangat ampuh dijadikan pengusir semut merah. Cara mengusir merah menggunakan lemon cukup mudah. Pertama, potong lemon dan peras hingga mengeluarkan sari buahnya. Masukkan sari buah tersebut ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, semprotkan sari buah lemon ke tempat yang biasanya dipenuhi oleh semut merah.

Selain sari buahnya, kulit lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah. Potong kecil-kecil kulit lemon, kemudian sebarkan potongan kulit tersebit di sekitar celah pintu dan tempat berkumpulnya semut merah. Lemon memiliki aroma asam yang tidak disukai oleh semut merah, jadi Anda bisa langsung mencobanya di rumah. Setelah semut terusir, apabila Anda juga kurang nyaman dengan aromanya, Anda bisa mengepelnya biasa hingga aromanya menghilang.

Baca juga: Cara Mencegah Semut di Meja Makan!

2. Tepung Terigu

Cara mengusir semut merah yang kedua adalah dengan menggunakan tepung terigu. Tidak hanya digunakan untuk membuat makanan, tepung terigu juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah yang ada di rumah.

Caranya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu di area berkumpulnya semut merah. Misalnya saja di celah jendela atau di lantai dapur. Tepung terigu yang ditaburkan akan menghalangi semut merah dan hewan tersebut tidak akan bisa dengan mudah melewatinya. Setelah semut merah terusir, tepung terigu bisa Anda bersihkan. Penggunaan tepung terigu tidak akan meninggalkan aroma kuat pada lantai Anda.

3. Lada Bubuk

Selain bisa memberikan rasa yang pedas pada makanan, rupanya lada bubuk juga bisa dijadikan alat pengusir semut merah yang ampuh. Lada bubuk memiliki aroma pedas dan panas yang tidak disukai oleh semut merah. Jadi saat Anda menaburkan lada bubuk di sekitar meja atau celah jendela maka semut merah dijamin tidak akan melewatinya.

Baca juga: Cara Jitu Mengusir Rayap di Rumah Anda

4. Kapur Anti Serangga

Kapur serangga menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk mengusir semut merah yang ada di rumah. Kapur serangga memang sangat mudah ditemukan karena sudah tersedia di setiap swalayan. Bahan yang satu ini sangat ampuh mengusir semut karena terbuat dari kalsium karbonat. Semut merah dan serangga lain sangat tidak menyukai aroma yang dihasilkan oleh kalsium karbonat. Jadi kapur serangga pasti dijamin sangat ampuh untuk mengusir semut merah.

Menggunakan kapur serangga untuk mengusir semut merah juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat garis dengan kapur serangga di sekitar area yang sering didatangi oleh semut merah. Semut tidak akan bisa melewati garis yang dibuat dengan kapur serangga, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika hewan tersebut akan kembali mengganggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Semut di Stop Kontak Berbunyi dan Berpasir

5. Garam

Banyak orang pasti menganggap jika garam hanya berguna sebagai bumbu masakan karena memiliki rasa yang asin. Namun, ternyata garam juga bisa dijadikan pilihan untuk mengusir semut merah. Anda hanya perlu menaburkan garam di sekitar meja, lantai atau celah pintu. Sebaiknya taburkan garam dengan ketebalan sekitar 3 sampai 5 cm agar semut merah tidak bisa melewatinya.

6. Bubuk Kayu Manis

Bahan alami satu ini telah terbuki ampuh membasmi semut. Bubuk kayu manis memiliki kadar konsentrat yang tinggi yang menjadi salah satu alasan mengapa bahan ini sangat ampuh mengusir semut.

Cara menggunakannya juga sederhan. Anda tinggal menaburkan bubuk kayu manis di area yang sering dilewati oleh semut. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa langsung menaburkan bahan ini ke sarang semut untuk mencegah semut datang atau keluar lagi dari sarangnya.

7. Cuka

Anda tentunya sudah tahu kalau cuka memiliki bau yang menyengat. Bau yang menyengat ini ternyata tidak disukai oleh semut. Serupa dengan bubuk kayu manis, Anda cukup membubuhkan cairan cuka di bagian yang sering dilewati semut. Untuk hasil yang lebih maksimal, bubuhkan cuka dengan air di sekitar sarang atau rumah semut.

Untuk kemudahan, gunakan botol spray yang dapat membantu Anda menyemprot barisan semut yang Anda temui di rumah.

8. Bubuk Kopi

Bahan alami satu ini mungkin sudah dikenal untuk mengusir semut di rumah. Anda cukup menaburkan bubuk kopi di daerah yang sering dilalui oleh semut. Agar lebih maksimal, taburkan bubuk kopi di dekat sarang semut.

9. Cengkeh

Bagi manusia, bahan satu ini memiliki aroma dan wangi yang menenangkan. Tetapi, semut tidak suka dengan aroma yang ditawarkan cengkeh sangatlah mengganggu. Anda tinggal meletakkan cengkeh di dekat sarang atau koloni semut.

Itulah beberapa cara mengusir semut merah dengan menggunakan bahan alami. Kehadiran semut dapat mengganggu aktivitas di rumah. Untungnya, Anda dapat mengusir semut dengan bahan alami yang dapat didapatkan dengan mudah. Selain mengusirnya, ada baiknya Anda menjadikan kehadiran semut sebagai pertanda kalau ada bagian dari rumah Anda yang kotor. Segera bersihkan rumah Anda untuk mencegah semut kembali ke rumah.

Baca juga: Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi dan Bersih dengan Efektif

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya