Konstruksi

8 Cara Mengkilapkan Lantai Acian agar Kembali Seperti Baru Lagi

Media
05 Mar 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki lantai acian yang mengkilap dapat meningkatkan keindahan ruangan. Namun, seiring berjalannya waktu, lantai acian dapat kehilangan kilapnya karena berbagai faktor seperti debu, kotoran, dan pemakaian sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengkilapkan lantai acian sehingga seperti baru lagi?

Jangan khawatir jika lantai acian rumah Anda memudar dan tidak mengkilap lagi! Kali ini, Klopmart akan menjabarkan beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kilapan lantai acian. Untuk dapat menerapkannya dengan tepat, simak sampai selesai artikel di bawah ini!


Cara Mengkilapkan Lantai Acian

Mengkilapkan lantai acian yang telah pudar tidak sesulit yang Anda bayangkan. Terdapat beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membuatnya mengkilap kembali. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bersihkan secara Berkala

Cara yang paling sederhana namun penting untuk Anda lakukan adalah membersihkan lantai acian secara berkala. Hal ini berguna untuk menghilangkan tumpukan debu dan koran yang menempel sehingga dapat mengembalikan kilauan dari lantai acian.

Anda dapat menggunakan sapu atau vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan lantai. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan bahan pembersih yang bersifat abrasif, karena dapat merusak lapisan acian.

2. Pel dengan Air Hangat

Mengepel lantai dengan air hangat dapat membantu mengangkat kotoran yang sulit dihilangkan dengan sapu biasa. Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, karena dapat merusak lapisan acian. Gunakan kain pel yang lembut agar tidak menggores permukaan lantai.

3. Oleskan Ampas Kelapa

Ampas kelapa dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mengkilapkan lantai acian. Campurkan ampas kelapa dengan minyak tanah, lalu oleskan ampas tersebut ke setiap permukaan lantai secara menyeluruh sambil memberikan tekanan kuat. Setelah selesai, bersihkan ampas tersebut dan biarkan minyak yang menempel di atas permukaan lantai. Minyak ini akan membantu memberikan kilap alami pada lantai.

4. Gunakan Serbuk Gergaji

Serbuk gergaji dapat digunakan sebagai bahan polesan untuk membuat lantai acian menjadi mengkilap. Caranya cukup mudah, campurkan serbuk gergaji dengan minyak tanah dalam sebuah ember, lalu aduk hingga merata. Gunakan campuran ini untuk mengepel lantai. Minyak tanah akan membuat permukaan lantai lebih bersinar.

Baca juga: 7 Cara Mengasah Gergaji Kayu yang Efektif

5. Bersihkan Lantai pakai Cuka

Cara mengkilapkan lantai acian selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka merupakan bahan pembersih alami yang dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran pada lantai. Campurkan cuka dengan air dalam takaran yang tepat, lalu gunakan campuran tersebut untuk mengepel lantai. Pastikan untuk membilas lantai dengan air bersih setelah proses pengepelan.

6. Pel dengan Baking Soda

Selain digunakan untuk makanan, baking soda digunakan untuk membersihkan lantai acian. Campurkan baking soda pada satu ember air, lalu aduk hingga baking soda larut. Gunakan campuran tersebut untuk mengepel lantai. Jangan lupa untuk menggosok secara lembut agar dapat menghilangkan noda membandel dan meningkatkan kilauan dari lantai acian.

7. Gunakan Cairan Lilin

Cairan lilin dapat memberikan kilap ekstra pada lantai acian. Untuk menerapkannya, Anda dapat memanaskan beberapa batang lilin hingga mencair, tambahkan beberapa tetes minyak tanah, dan siramkan cairan lilin ke seluruh permukaan lantai. Gosok dengan kain lembut untuk membuat cairan merata pada permukaan lantai. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air.

8. Gunakan Epoxy

Epoxy lantai merupakan jenis cat khusus yang terbuat dari bahan-bahan tertentu, seperti resin epoxy, filler, pigment, pelarut, dan aditif. Bahan-bahan ini memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan terhadap lantai, khususnya ketahanannya terhadap berbagai bahan kimia seperti alkohol, oli, dan minyak.

Baca juga; 5 Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi yang Tepat

Penyebab Lantai Acian Tidak Mengkilap

Lantai acian yang tidak mengkilap dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan hilangnya kilap pada lantai acian, dan pemahaman mengenai penyebabnya penting untuk dapat mengatasi masalah ini dengan tepat. Berikut beberapa penyebab umum mengapa lantai acian tidak berkilau lagi.

1. Kotoran dan Debu

Penyebab paling umum dari hilangnya kilap pada lantai acian adalah penumpukan kotoran dan debu. Pada dasarnya, lapisan tipis debu dapat membuat lantai terlihat kusam dan tidak bersinar. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lantai secara rutin dengan membersihkannya dari debu dan kotoran dapat membantu mempertahankan kilapnya.

2. Paparan Cairan Kimia

Cairan kimia memiliki potensi untuk mengikis lapisan pelindung lantai, mengurangi daya kilapnya secara bertahap. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari tumpahan bahan kimia sebisa mungkin. Pastikan untuk menyimpan dengan aman bahan kimia di area yang tidak berisiko terkena lantai acian. Jika tumpahan terjadi, segera bersihkan area terkena untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

Baca juga: Soda Api: Kegunaan dan Bahayanya yang Perlu Dihindari

3. Gesekan dari Furniture di Atasnya

Gesekan yang terjadi ketika furniture digeser atau dipindahkan di atas lantai acian dapat menjadi penyebab hilangnya kilap. Jika furniture tersebut memiliki kaki yang kasar atau tajam, gesekan dengan lantai dapat menyebabkan goresan atau lecet pada permukaannya.

Oleh karena itu, gunakanlah pelindung kaki furniture yang lembut atau meletakkan karpet di bawah furniture untuk mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan pada lantai. Hal ini dapat mengurangi tekanan dan gesekan yang dapat merusak permukaan lantai acian.


Itulah beberapa cara mengkilapkan lantai acian. Cara yang dijelaskan di atas dapat Anda aplikasikan dengan mudah, apalagi dengan bantuan dari Klopmart yang merupakan Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap. Selain menyediakan berbagai kebutuhan, kami dapat memastikan bahwa bahan material yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi yang dapat membantu Anda.

Jangan ragu untuk mempercayakan kebutuhan material bangunan Anda pada Klopmart untuk hasil yang memuaskan.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya