5 Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi yang Benar agar Hasilnya Optimal

Bagaimana cara menggunakan cat epoxy besi? Sebagai cat dasar untuk besi, cairan ini sangat bagus untuk memberikan hasil pengecatan tetap kuat sepanjang penggunaan. Namun sebelum Anda merasakan keunggulan dari cat ini, sebaiknya terlebih dahulu ketahui bagaimana cara penggunaannya. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasannya di bawah ini.

promo klopmart

Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi

Cat epoxy merupakan cat dasar untuk membuat permukaan besi menjadi lebih keras, mampu kering sempurna, sehingga memberikan pelekatan cat semakin kuat. Untuk menggunakan cat ini, Anda jangan melakukannya secara semabarangan. Ada beberapa langkah yang harus diikuti agar mendapatkan hasil sempurna.

1. Mengamplas Besi Terlebih Dahulu

Cara pertama dalam menggunakan cat epoxy adalah mengamplas besi terlebih dahulu. Pastikan besi yang ingin Anda berikan dalam kondisi bersih dari minyak, debu, dan kotoran lainnya. Jika masih ada kotoran, maka bisa dipastikan hasil akhir pemberian cat epoxy tidak akan maksimal. Malah akan memberikan kesan jelek dan sudah pasti Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, amplas dan bersihkan besi terlebih dahulu.

2. Campurkan Cat Epoxy

Sekarang waktunya mencampurkan cat epoxy. Ya, Anda tidak bisa memberikan cat dasar pada besi dengan epoxy saja. Anda harus menambahkan hardener dan thinner A. Campurkan cat epoxy, harderner, dan thinner A dengan perbandingan 4:1:3. Dengan perbandingan itu, campurkan semuanya hingga merata. Sekarang Anda sudah siap untuk melakukan pengecatan besi dengan cat epoxy.

3. Gunakan Alat Spray

Untuk melakukan pengecatan besi dengan cat epoxy, Anda lebih disarankan untuk menggunakan alat spray. Mengapa begitu? Jika menggunakan kuas, ditakutkan ada bekas dari bulu-bulu kuas yang tertinggal pada permukaan besi. Kondisi ini sudah pasti membuat hasil akhir pemberian cat epoxy tidak akan maksimal. Jadi Anda dapat membeli alat spray terlebih dahulu sebelum memulai proses pengecatan besi dengan cat epoxy.

4. Aplikasikan Secara Tipis

Anda dapat mengaplikasikan cat epoxy secara tipis pada permukaan besi secara perlahan. Inilah mengapa Anda disarankan menggunakan alat spray karena mampu memberikan jumlah cat yang tepat sehingga tetap tipis. 

Pemberian cat yang tipis dimaksudkan untuk menghindari cat yang meleleh. Kemudian lakukan proses pengecatan kembali. Total ada dua lapis cat epoxy besi. Jika Anda merasa butuh lebih banyak, lakukan saja karena jumlah lapisan cat epoxy besi tergantung dari kebutuhan.

Jika Anda akan melakukan pengecatan pada besi Galvanis, mungkin ada perlu juga untuk mengetahui cara cat galvanis.

5. Tunggu Hingga Cat Kering Sempurna

Jika Anda sudah selesai melakukan proses pengecatan, tunggu hingga kering sempurna. Biasanya Anda perlu menunggu hingga 4 jam agar cat kering sempurna. Setelah itu Anda dapat memberikan lapisan cat selanjutnya yang akan menjadi warna utama dari besi tersebut. 

Anda harus memastikan bahwa cat epoxy sudah kering karena jika tidak, ada beberapa masalah yang dapat muncul. Dimulai dari proses pengamplasan untuk memberikan lapisan cat selanjutnya yang pasti gagal dan terjadi keretakan pada cat epoxy besi tersebut. Hasil akhirnya pasti menjadi lebih buruk.

Baca juga: Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Awas Salah!

Rekomendasi Cat Epoxy Besi Terbaik

Klopmart menawarkan berbagai jenis cat dasar berkualitas untuk keperluan Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Cat Dasar Besi Kayu Kansai Red Oxide Primer 102-008

Cat Dasar Besi Kayu Kansai Red Oxide Primer 102-008-1

Cat Dasar Besi dan Kayu Kansai menggunakan bahan dasar lateks yang sudah diformulasikan menjadi cat anti karat dan teruji secara ilmiah. Dikarenakan telah dilapisi resin khusus dan pigmen zinc chromate cat ini juga dapat diaplikasikan pada material baja dan kayu.

Selain itu, dengan menggunakan Kansai, Anda bisa memilih warna cat sesuai preferensi favorit Anda.

2. Cat Minyak Kayu dan Besi - SEIV Paint

Cat Minyak Kayu dan Besi - SEIV Paint

Berikutnya ada cat besi dari Seiv Paint. Cat akhir ini berbahan dasar allkyd, yang memiliki karakteristik adhesi yang bagus, gloss, hingga daya tutup yang tinggi dan tahan cuaca. Anda bisa mengaplikasikanya pada permukaan besi, metal, baja, marine, dan kayu.

Seiv Paint juga memiliki beragam warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan proyek pengecatan Anda.

bahan bangunan klopmart

Jadi itulah cara menggunakan cat epoxy besi. Mudah, bukan? Cat epoxy besi memang sangat penting untuk memberikan hasil yang maksimal. Untuk itulah Anda dapat memiliki cat epoxy besi bersama Klopmart. Sebagai e-commerce penjualan bahan material, Klopmart menyediakan cat epoxy besi dari berbagai merek dan ukuran kaleng.

Tertarik untuk mengetahui produk cat epoxy besi yang tersedia di Klopmart? Dengan informasi cara menggunakan cat epoxy besi, inilah produk cat dasar besi untuk Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya