Cat dan Kimia

5 Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi yang Benar agar Hasilnya Optimal

Media
26 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara menggunakan cat epoxy besi? Sebagai cat dasar untuk besi, cairan ini sangat bagus untuk memberikan hasil pengecatan tetap kuat sepanjang penggunaan. Namun sebelum Anda merasakan keunggulan dari cat ini, sebaiknya terlebih dahulu ketahui bagaimana cara penggunaannya. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasannya di bawah ini.


Cara Menggunakan Cat Epoxy Besi

Cat epoxy merupakan cat dasar untuk membuat permukaan besi menjadi lebih keras, mampu kering sempurna, sehingga memberikan pelekatan cat semakin kuat. Untuk menggunakan cat ini, Anda jangan melakukannya secara semabarangan. Ada beberapa langkah yang harus diikuti agar mendapatkan hasil sempurna.

1. Mengamplas Besi Terlebih Dahulu

Cara pertama dalam menggunakan cat epoxy adalah mengamplas besi terlebih dahulu. Pastikan besi yang ingin Anda berikan dalam kondisi bersih dari minyak, debu, dan kotoran lainnya. Jika masih ada kotoran, maka bisa dipastikan hasil akhir pemberian cat epoxy tidak akan maksimal. Malah akan memberikan kesan jelek dan sudah pasti Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan? Oleh karena itu, amplas dan bersihkan besi terlebih dahulu.

2. Campurkan Cat Epoxy

Sekarang waktunya mencampurkan cat epoxy. Ya, Anda tidak bisa memberikan cat dasar pada besi dengan epoxy saja. Anda harus menambahkan hardener dan thinner A. Campurkan cat epoxy, harderner, dan thinner A dengan perbandingan 4:1:3. Dengan perbandingan itu, campurkan semuanya hingga merata. Sekarang Anda sudah siap untuk melakukan pengecatan besi dengan cat epoxy.

3. Gunakan Alat Spray

Untuk melakukan pengecatan besi dengan cat epoxy, Anda lebih disarankan untuk menggunakan alat spray. Mengapa begitu? Jika menggunakan kuas, ditakutkan ada bekas dari bulu-bulu kuas yang tertinggal pada permukaan besi. Kondisi ini sudah pasti membuat hasil akhir pemberian cat epoxy tidak akan maksimal. Jadi Anda dapat membeli alat spray terlebih dahulu sebelum memulai proses pengecatan besi dengan cat epoxy.

4. Aplikasikan Secara Tipis

Anda dapat mengaplikasikan cat epoxy secara tipis pada permukaan besi secara perlahan. Inilah mengapa Anda disarankan menggunakan alat spray karena mampu memberikan jumlah cat yang tepat sehingga tetap tipis. 

Pemberian cat yang tipis dimaksudkan untuk menghindari cat yang meleleh. Kemudian lakukan proses pengecatan kembali. Total ada dua lapis cat epoxy besi. Jika Anda merasa butuh lebih banyak, lakukan saja karena jumlah lapisan cat epoxy besi tergantung dari kebutuhan.

Jika Anda akan melakukan pengecatan pada besi Galvanis, mungkin ada perlu juga untuk mengetahui cara cat galvanis.

5. Tunggu Hingga Cat Kering Sempurna

Jika Anda sudah selesai melakukan proses pengecatan, tunggu hingga kering sempurna. Biasanya Anda perlu menunggu hingga 4 jam agar cat kering sempurna. Setelah itu Anda dapat memberikan lapisan cat selanjutnya yang akan menjadi warna utama dari besi tersebut. 

Anda harus memastikan bahwa cat epoxy sudah kering karena jika tidak, ada beberapa masalah yang dapat muncul. Dimulai dari proses pengamplasan untuk memberikan lapisan cat selanjutnya yang pasti gagal dan terjadi keretakan pada cat epoxy besi tersebut. Hasil akhirnya pasti menjadi lebih buruk.


Jadi itulah cara menggunakan cat epoxy besi. Mudah, bukan? Cat epoxy besi memang sangat penting untuk memberikan hasil yang maksimal. Untuk itulah Anda dapat memiliki cat epoxy besi bersama Klopmart. Sebagai e-commerce penjualan bahan material, Klopmart menyediakan cat epoxy besi dari berbagai merek dan ukuran kaleng. Tertarik untuk mengetahui produk cat epoxy besi yang tersedia di Klopmart? Dengan informasi cara menggunakan cat epoxy besi, inilah produk cat dasar besi untuk Anda.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya