3 Cara Menghitung Kebutuhan Genteng untuk Atap Bangunan

Bangunan dengan jenisnya yang beragam, memiliki fungsinya yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan yang digunakan sebagai atap bangunan pun bervariasi, mulai dari genteng, asbes, seng dan yang lainnya. Untuk mememenuhi kebutuhan atap bangunan terutama yang dibuat dari genteng, ada beberapa cara menghitung kebutuhan genteng secara tersendiri.


Namun, pada hakikatnya bangunan adalah tempat berlindung bagi kita agar terlindungi dari panas matahari maupun hujan. Oleh karenanya, atap bangunan menjadi hal yang krusial dari suatu bangunan. Lalu, bagaimana sih cara menghitung kebutuhan atap genteng?

Macam-macam Genteng untuk Bangunan 

https://elements.envato.com/looking-down-onto-the-rainy-street-of-old-town-4VGPJM3

Sebelum mengetahui informasi mengenai cara menghitung kebutuhan genteng untuk rumah, Anda harus memilih genteng yang cocok untuk bangunan yang sedang dibuat. Berikut ini adalah beberapa macam-macam genteng yang umum dipakai oleh masyarakat Indonesia. 

1. Genteng Aspal

https://elements.envato.com/roofer-working-on-replacement-asphalt-shingle-roof-G3DXAB6

Genteng aspal atau yang disebut bitumen dibuat dari serbuk kertas, resin serta aspal, dan serat organik. Jenis genteng aspal ini juga berukuran lebih besar dan mempunyai lebih banyak pilihan warna yang menarik. Jenis genteng ini ringan, fleksibel, kuat sehingga tidak mudah patah. Genteng ini banyak digunakan sebagai pelapis atap dengan rangka baja ringan.

2. Genteng Beton

https://elements.envato.com/close-up-of-new-house-roof-structure-covered-with--RMWYMN6

Genteng beton atau yang sering disebut genteng semen merupakan campuran semen, pasir, dan bahan aditif lainnya. Pada umumnya, genteng ini penampilannya kusam serta perlu dilapisi cat khusus supaya terlihat menarik. 

3. Genteng Metal

https://pxhere.com/id/photo/742453

Jenis atap genteng metal ini dibuat dari material logam, tepatnya pelat baja galvanis yang dilapisi zincalume. Genteng metal cenderung berukuran lebih besar dari genteng-genteng lainnya, oleh karena itu proses pemasangannya penutup atap jenis genteng ini cepat. 

Itu hanya  beberapa jenis genteng yang bisa Anda jadikan panduan, masih banyak lagi macam-macam genteng yang mempunyai karakteristik tersendiri yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih gentang yang sesuai dengan biaya dan karakteristik yang dibutuhkan. 

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng untuk Atap Bangunan

https://elements.envato.com/demolition-removal-of-an-old-asphalt-shingle-roof--B5PL5P3

Berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan genteng yang harus Anda pahami saat akan merenovasi atau membangun rumah:

1. Kenali Ukuran Genteng

Sebelum menentukan seberapa banyak genteng yang dibutuhkan untuk membuat atap bangunan Anda, cara menghitung kebutuhan genteng yang pertama adalah memastikan Anda telah mengenali dan mengetahui jenis genteng yang akan pilih dan gunakan.

Ada berbagai jenis genteng rumah, seperti genteng tanah liat, dan genteng metal, dengan ukuran dan kebutuhan per m2 nya yang berbeda sehingga jumlah yang dibutuhkan dalam satu meter perseginya pun akan berbeda. Jadi, pastikan Anda mengenali jenis gentengnya dulu ya.

Baca juga: Macam-Macam Bentuk Atap Rumah yang Menarik untuk Anda Ketahui

2. Menghitung Berdasarkan Luas Atap

Selanjutnya, cara menghitung kebutuhan genteng sebagai atap bangunan dapat dilakukan dengan dua cara, salah satunya adalah menghitung dari luas atap bangunan itu sendiri. Oleh karenanya Anda harus menghitung berapa luas atap yang Anda ingin bangun untuk rumah Anda.

Perhitungan ini membutuhkan hitungan matematis karena harus dilakukan secara tepat tanpa kesalahan, tapi tenang caranya cukup mudah sehingga dapat Anda ikuti.

Contoh Perhitungan

Sebagai contoh, luas atap rumah Anda adalah 10 m x 9 m = 90 m2 (meter persegi). Dengan dua sisi atap, maka total luas atap rumah Anda ada di angka 180 m2.

Total luas atap tersebutlah yang dapat Anda jadikan panduan untuk meghitung kebutuhan genteng atap rumah Anda.

Apablia 1 m2 genteng membutuhkan 25 buah. Maka kebutuhan genteng atap rumah Ada adalah: 180 m2 x 25 = 4.500 buah.

Walaupun hitung-hitungan ini cukup akurat, tetapi ada baiknya Anda melebihkan pembelian genteng Anda untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkan genteng lebih banyak, seperti mengantisipasi jika terjadi kebocoran atau kerusakan saat memasangnya.

Anda mungkin bertanya, bagaimana dengan tipe atap rumah yang lain, seperti atap rumah limas? Jawabannya, Anda tinggal mengubah rumus menghitung kebutuhan genteng di atas dengan rumus menghitung luas bentuk limas yaitu 4 x luas segitiga.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Luas Atap Dengan Kemiringan 30 Derajat

3. Menghitung Berdasarkan Lebar Pondasi dan Teras Rumah

Cara menghitung kebutuhan genteng yang lain selain dari luas atap rumah, Anda dapat menghitung kebutuhan genteng dengan mengukur lebar pondasi dan teras rumah.

Saat menggunakan cara menghitung kebutuhan genteng ini, ada baiknya Anda melebihkan 1 m pada panjang dan lebar bangunan untuk berjaga-jaga jika genteng mengalami kerusakan.

Contoh Perhitungan

Sebagai contoh, jika lebar pondasi Anda ada di angka 9 m dan lebar teras 6 m, maka perhitungan lebar pondasi dan teras rumah Anda adalah 9 m x 6 m = 54 m atau dapat ditambah 1 meter agar lebih presisi menjadi 10 m x 7 m = 70 m2 (meter persegi). Lalu sama dengan cara menghitung kebutuhan genteng sebelumnya, Anda tinggal mengalikannya dengan luas jenis genteng yang Anda pilih.

Semisal, untuk menutup 1 m2, genteng yang dibutuhkan minimal adalah 35 buah, maka kebutuhan genteng atap rumah Anda adalah:

Kebutuhan genteng = 70 m2 x 35 = 2.450 buah genteng.

Satu tips yang harus diperhatikan adalah cara menghitung kebutuhan genteng satu ini masih belum memperhitungkan kebutuhan genteng rumah untuk bagian balkon. Jika Anda memiliki balkon dan ingin memasang genteng di atasnya, maka Anda harus melakukan penghitungan terpisah untuk area tersebut.

Baca juga: 5 Rekomendasi Cat Genteng Anti Bocor

Tips Memilih Genteng yang Baik untuk Rumah

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan genteng, ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara memilih genteng untuk kebutuhan atap rumah Anda. berikut ini tipsnya:

1. Sesuai dengan Kekuatan Kerangka

Jangan pernah memaksa untuk memasang genteng yang tidak sesuai dengan kekuaran rangka atap Anda. Ketahui terlebih dahulu seperti apa kekuatan kerangka yang Anda akan gunakan.

2. Perhatikan Estitika

Selain kekuatan rangka, tips berikutnya adalah Anda perlu membayangkan keindahan dari genteng yang akan Anda gunakan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih genteng yang memiliki faktor estetika yang baik seperti kesesuaian warna genteng dengan tema rumah Anda.

Baca juga: Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah

3. Periksa Kekuatan Genteng

Faktor kekuatan genteng harus menjadi salah satu hal yang Anda teliti sebelum membeli genteng. Salah satu caranya dengan mengetuk-ketuk genteng, apakah mudah keropos atau tidak?

4. Pilih Genteng yang Berkualitas

Kualitas harus diatas kuantitas. Prinsip ini juga berlaku dalam memilih genteng. Walaupun harganya cukup kompetitif, tidak ada salahnya memilih genteng dengan kualitas yang lebih baik. Daripada Anda harus kerepotan bolak-balik membeli genteng karena genteng yang Anda gunakan cepat rusak.

Baca juga: Solusi Genteng Bocor Rumah Anda

4. Kemudahan Memasang

Cara selanjutnya yaitu Anda harus memilih jenis genteng yang mudah dipasang. Hal ini Anda lakukan untuk memperlancar proses membangun rumah. Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi sulit tidaknya seperti bentuk genteng yang sesuai dengan kerangkanya. Jika Anda ragu, berkonsultasilah dengan tukang yang akan membuat rumah Anda.

5. Perhitungkan Biaya

Ada beragam jenis genteng yang dapat Anda pilih, dan semuanya memiliki harga yang berbeda-beda. Sebelum memilihnya, Anda perlu menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Olehnya, aturlah anggaran dengan menyusun rencana anggaran biaya (RAB).

Kesimpulan

Itulah cara menghitung kebutuhan genteng atap rumah yang dapat Anda coba. Anda harus memastikan bahwa Anda telah menghitung kebutuhan genteng atap rumah Anda dengan baik. Kalau tidak, maka akan ada bagian yang tidak terlindungi dan malah akan membahayakan penghuni rumah.

Guna keperluan berjaga-jaga, Anda bisa melebihkan luas atap rumah Anda saat menghitung kebutuhan genteng atau jumlah genteng atap yang akan dibeli. Selain untuk berjaga-jaga jika Anda salah menghitung kebutuhan genteng, Anda juga dapat menggunakan kelebihan genteng tersebut untuk mengganti genteng yang rusak nantinya. Di sini Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai harga genteng dari Klopmart. Semoga bermanfaat!


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya