Cara Menghitung Kebutuhan Genteng untuk Atap Bangunan

Bangunan dengan jenisnya yang beragam, memiliki fungsinya yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, pada hakikatnya bangunan adalah tempat berlindung bagi kita agar terlindungi dari panas matahari maupun hujan. Oleh karenanya, atap bangunan menjadi hal yang krusial dari suatu bangunan.

Bahan yang digunakan sebagai atap bangunan pun bervariasi, mulai dari genteng, asbes, seng dan yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan atap bangunan terutama yang dibuat dari genteng, ada beberapa cara menghitungnya secara tersendiri. Berikut adalah penjelasannya.

Tips Menghitung Kebutuhan Genteng Atap Rumah

1. Kenali Ukuran Genteng

Sebelum menentukan seberapa banyak genteng yang dibutuhkan untuk membuat atap bangunan Anda, pastikan Anda telah mengenali dan mengetahui jenis genteng yang akan pilih dan gunakan. Ada berbagai jenis genteng rumah, seperti genteng tanah liat, dan genteng metal, dengan ukuran yang berbeda sehingga jumlah yang dibutuhkan dalam satu meter perseginya pun akan berbeda.

2. Menghitung Berdasarkan Luas Atap

Selanjutnya, untuk menghitung kebutuhan genteng sebagai atap bangunan dapat dilakukan dengan dua cara, salah satunya adalah menghitungnya dari luas atap bangunan itu sendiri. Oleh karenanya Anda harus menghitung berapa luas atap yang Anda ingin bangun untuk rumah Anda. Perhitungan ini membutuhkan hitungan matematis karena harus dilakukan secara tepat tanpa kesalahan.

Sebagai contoh, semisal luas atap rumah Anda adalah 10 m x 9 m = 90 m2 (meter persegi). Dengan dua sisi atap, maka total luas atap rumah Anda ada di angka 180 m2.

Total luas atap tersebutlah yang dapat Anda jadikan panduan untuk meghitung kebutuhan genteng atap rumah Anda. Misalnya, 1 m2 genteng membutuhka 25 buah. Maka kebutuhan genteng atap rumah Ada adalah: 180 m2 x 25 =4.500 buah.

Walaupu hitung-hitungan ini cukup akurat, tetapi ada baiknya Anda melebihkan pembelia genteng Anda untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkan genteng lebih banyak.

Anda mungkin bertanya, bagaimana dengan tipe atap rumah yang lain, seperti atap rumah limas? Jawabannya, Anda tinggal mengubah rumus menghitung kebutuhan genteng di atas dengan rumus menghitung luas bentuk limas yaitu 4 x luas segitiga.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Luas Atap Dengan Kemiringan 30 Derajat

3. Menghitung Berdasarkan Lebar Pondasi dan Teras Rumah

Selain dengan menghitung luas atap rumah, Anda dapat menghitung kebutuhan genteng atap rumah dengan mengukur lebar fondasi dan teras rumah.

Saat menggunakan cara menghitung kebutuhan genteng ini, ada baiknya Anda melebihkan 1 m pada panjang dan lebar bangunan untuk berjaga-jaga jika genteng mengalami kerusakan.

Misalnya, jika lebar pondasi Anda ada di angka 9 m dan lebar teras 6 m, maka perhitungan lebar pondasi dan teras rumah Anda adalah 10 m x 7 m = 70 m2 (meter persegi). Lalu sama dengan cara menghitung kebutuhan genteng sebelumnya, Anda tinggal mengkalikannya dengan luas jenis genteng yang Anda pilih.

Semisal,untuk menutup 1 m2 genteng yang dibutuhkan minimal adalah 35 buah, maka kebutuhan genteng atap rumah Anda adalah:

70 m2 x 35 = 2.450 buah genteng.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menghitung kebutuhan genteng satu ini masih belum memperhitungkan kebutuhan genteng rumah untuk bagian balkon. Jika Anda memiliki balkon dan ingin memasang genteng di atasnya, maka Anda harus melakukan penghitungan terpisah untuk area tersebut.

Itulah dia cara menghitung kebutuhan genteng atap rumah yang dapat Anda coba. Anda harus memastikan bahwa Anda telah menghitung kebutuhan genteng atap rumah Anda dengan baik. Kalau tidak, maka akan ada bagian yang tidak terlindungi dan malah akan membahayakan penghuni rumah. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa melebihkan luas atap rumah Anda saat menghitung kebutuhan genteng atau jumlah genteng atap yang akan dibeli. Selain untuk berjaga-jaga jika Anda salah menghitung kebutuhan genteng, Anda juga dapat menggunakan kelebihan genteng tersebut untuk mengganti genteng yang rusak nantinya.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Okt 2019

Related Article