Cara Menghitung Kebutuhan Genteng untuk Atap Bangunan

Bangunan dengan jenisnya yang beragam, memiliki fungsinya yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, pada hakikatnya bangunan adalah tempat berlindung bagi kita agar terlindungi dari panas matahari maupun hujan. Oleh karenanya, atap bangunan menjadi hal yang krusial dari suatu bangunan.

Bahan yang digunakan sebagai atap bangunan pun bervariasi, mulai dari genteng, asbes, seng dan yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan atap bangunan terutama yang dibuat dari genteng, ada beberapa cara menghitungnya secara tersendiri. Berikut adalah penjelasannya.

Kenali Ukuran Genteng

Sebelum menentukan seberapa banyak genteng yang dibutuhkan untuk membuat atap bangunan Anda, pastikan Anda telah mengenali dan mengetahui jenis genteng yang akan pilih dan gunakan. Ada berbagai jenis genteng dengan ukuran yang berbeda sehingga jumlah yang dibutuhkan dalam satu meter perseginya pun akan berbeda.

Menghitung Berdasarkan Luas Atap

Selanjutnya, untuk menghitung kebutuhan genteng sebagai atap bangunan dapat dilakukan dengan dua cara, salah satunya adalah menghitungnya dari luas atap bangunan itu sendiri. Oleh karenanya Anda harus menghitung berapa luas atap yang Anda ingin bangun untuk rumah Anda. Perhitungan ini membutuhkan hitungan matematis karena harus dilakukan secara tepat tanpa kesalahan.

Jika Anda telah mengetahui luas atap bangunan, maka Anda perlu mengalikannya dengan dua sebagai jumlah dari sisi pada atap. Selanjutnya, Anda bisa mengalikan lagi hasil perhitungan sebelumnya dengan jenis genteng yang Anda pakai sebagai atap bangunan Anda.

Menghitung Berdasarkan Lebar Pondasi dan Teras Rumah

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menghitung kebutuhan genteng yang didasari oleh lebar dari pondasi bangunan ditambah dengan teras rumah, jika ada. Berapa pun luas rumah yang akan Anda bangun ditambah dengan luas teras, Anda kalikan dengan jumlah genteng per meter perseginya.

Dibandingkan dengan menghitungnya berdasarkan luas atap bangunan, cara ini cenderung lebih mudah dan sering digunakan oleh masyarakat. Namun, sebelum memasang genteng pada atap, Anda perlu memastikan bahwa rencana pembangunan bangunan Anda tidak akan berubah sehingga tidak diperlukan penambahan jumlah genteng.

Di atas adalah cara menghitung kebutuhan genteng untuk atap bangunan Anda. Tidak perlu menghitungnya dengan kedua cara di atas, pilihlah salah satu saja yang Anda anggap lebih mudah dan akurat untuk memperkirakan kebutuhan genteng atap bangunan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Okt 2019

Related Article