7 Cara Menghilangkan Lem pada Kran dengan Mudah

Cara menghilangkan lem pada kran sebenarnya sangat simpel. Solusi ini bahkan bisa diselesaikan hanya berbekal peralatan yang bisa ditemukan di dapur. Anda pun tidak perlu menggunakan peralatan tajam atau barang lainnya yang bisa membahayakan keselamatan diri sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mencabut lem dari keran bisa ditemukan di dapur atau garasi Anda. Jangan salah, cara sederhana ini malah terbilang ampuh dan efektif untuk dicoba. Bagaimana caranya? Cari tahu tips selengkapnya di artikel ini.

7 Cara Menghilangkan Lem pada Kran yang Bisa Dicoba

Anda pasti pernah menemukan berbagai masalah pada keran sehingga harus diperbaiki. Salah satunya, sambungan keran yang retak di bagian pipa atau selangnya sehingga harus disambungkan kembali dengan cara dilem. Alat perekat yang digunakan pun tentunya harus memiliki daya rekat yang tinggi dan bisa diaplikasikan untuk permukaan apa pun, seperti lem korea.

Masalahnya, jumlah lem yang dioleskan pada keran terlalu banyak sehingga cairannya menyebar ke sekitarnya. Lem yang dioleskan akan mengering dan mulai meninggalkan residu di beberapa bagian kerannya. Anda pasti merasa tidak nyaman melihat sisa tempelan lem yang masih melekat di keran karena terlihat kotor.


Kabar bagusnya, residu lem yang menempel di keran bisa dihilangkan dengan mudah. Baik keran bermaterial plastik atau logam, Anda tidak perlu mengambil langkah ekstrem untuk menyelesaikan masalah ini. Alat yang digunakan pun sederhana dan pastinya bisa ditemukan dengan mudah di rumah Anda.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

Coba lakukan salah satu dari tujuh cara menghilangkan lem pada kran di bawah ini dan lihatlah hasilnya.

1. Kelupas dengan Kartu

Cara pertama, Anda bisa mencoba menghilangkan residu lem di keran menggunakan kartu. Kartu yang digunakan tentunya harus kuat seperti kartu ATM. Caranya mudah, cukup gesekkan bagian tepi kartu Anda pada area keran yang terkena lem dan lakukan hingga residunya terangkat. 

Alternatifnya, Anda bisa mencoba pisau plastik karena ujungnya lebih tajam. Hindari pisau dari logam karena bisa merusak tampilan keran Anda.

Baca juga: 4 Cara Melepas Sambungan Pipa Paralon yang Terbukti Ampuh

2. Cobalah Menggunakan Hair Dryer

Energi panas dari hair dryer dapat dimanfaatkan untuk meringankan daya rekat lem pada permukaan keran. Anda hanya perlu menyetel hair dryer pada suhu tertinggi, kemudian arahkan alatnya ke bagian yang terkena lem selama 2-3 menit. Lalu, cobalah hilangkan residunya dengan jari. Ulangi langkah ini apabila diperlukan sampai lemnya berhasil lepas dari keran.

3. Gunakan Sabun Cuci Piring

Apabila dua langkah di atas belum membuahkan hasil, waktunya menggunakan bahan pembersih di dapur. Gunakan sabun cuci piring sebagai salah satu solusi untuk menghilangkan lem pada kran secara efektif. Selain bahan ini, Anda juga memerlukan kain lap untuk dioleskan pada keran.

Mulailah dengan melarutkan dua sendok sabun cuci piring ke dalam air hangat, kemudian rendam kain lap di dalamnya. Berikutnya, letakkan kain lap di bagian keran yang terkena lem, kemudian diamkan selama beberapa jam. 

Anda bisa menutup area tersebut dengan kantong plastik agar kain lap tetap basah. Terakhir, lepaskan kain lap, kemudian angkat residu lem yang terkena besi dari kerannya.

Baca juga4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

4. Berikan Minyak Rem

Tidak hanya keran, langkah ini juga efektif diterapkan untuk melepaskan sambungan pipa PVC. Hanya saja, Anda harus mengoleskan minyak rem berkali-kali sampai lemnya berhasil lepas. Caranya pun sederhana, oleskan minyak rem atau oli pada bagian yang terkena lem, kemudian ratakan dengan sikat gigi. Tunggu beberapa saat dan cobalah untuk melepaskan sisa lem yang menempel  dari kerannya.

5. Gunakan Aseton atau Pembersih Cat Kuku

Aseton merupakan salah satu jenis cairan yang ampuh untuk menghilangkan bekas lem di permukaan apa pun. Karena tergolong dalam bahan kimia, Anda perlu mengoleskan aseton dengan hati-hati agar tidak membahayakan permukaan keran.

Tuangkan aseton ke atas kapas atau kain lap bersih, lalu gosokkan ke atas permukaan keran yang terkena lem. Tunggu sampai mengering dan cobalah mengangkat residu lemnya dengan spatula plastik. Setelah hilang, bersihkan area tersebut dari sisa aseton dengan larutan air sabun.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D serta kelas C

6. Larutkan ke dalam Cuka

Kandungan basa dalam cuka juga berkhasiat dalam melepas lem dari permukaan. Langkahnya sama seperti mengaplikasikan aseton, yakni oleskan cuka dengan kapas di permukaan yang terkena lem. Diamkan selama 2-3 menit, kemudian gosokkan sisa lem dari kerannya.


7. Oleskan Minyak Zaitun

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan lem pada kran dengan efektif. Minyak zaitun bisa menghilangkan residu lem yang menempel sampai tuntas. Gunakan tisu atau kain untuk mengoleskan minyak zaitun, kemudian diamkan selama 2-3 menit.

Tujuh cara di atas memang sederhana, tetapi sangat aman untuk dipraktekkan di rumah. Anda pun tidak perlu khawatir karena permukaan kerannya tetap halus dan mulus. Keran Anda pun terlihat kembali seperti baru dan bebas dari residu lem super yang mengganggu di permukaannya.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Lem Pipa di Tangan dengan Mudah

Lantas, lem apa yang bisa diterapkan pada sejumlah furnitur rumah karena daya rekatnya tinggi? Gunakan saja Lem G Korea yang bisa Anda dapatkan secara online di Klopmart. Selain cepat kering, daya rekat lem ini tahan lama sehingga sambungannya tidak akan terlepas dengan mudah. Tertarik mendapatkan produknya? Hubungi Klopmart untuk mendapatkan lem G Korea dengan harga yang terjangkau untuk keperluan konstruksi Anda.

Jangan khawatir jika residu lemnya menempel pada permukaan keran ketika dioleskan. Terapkan saja cara menghilangkan lem pada keran yang telah disebutkan di atas, masalah Anda pasti selesai saat itu juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya