Mengenal Macam-macam Sambungan Pipa PVC

Apakah Anda tahu macam-macam sambungan pipa PVC? Sambungan pipa PVC sendiri berfungsi untuk menyambungkan pipa yang satu dengan pipa yang lain. Pipa air membutuhkan sambungan saat ada permukaan yang mengharuskan pipa untuk berbelok. Sambungan ini dibutuhkan karena pipa tidak bisa langsung kita bengkokkan. Jika kita bengkokkan secara paksa, pipa PVC pasti akan patah. 

 

Oleh karena itu, saat ada belokan yang diperlukan, maka pipa PVC juga harus mengikuti bengkokkan yang ada dengan menggunakan sambungan. Sambungan pipa PVC saat ini bahkan sangat beragam. Kita tidak perlu khawatir kalau-kalau tidak ada sambungan yang cocok untuk digunakan. Anda hanya perlu mengetahui ukuran atau diameter dan mengetahui permukaan dari tempat pipa yang akan dipasang. 

 

Baca Juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika yang Layak Dipertimbangkan

 

Jika Anda mengetahui kedua hal itu, maka Anda bisa mengetahui sambungan mana yang cocok dan berapa jumlah yang nantinya akan dibutuhkan. Kalau begitu langsung saja perhatikan macam-macam sambungan pipa PVC berikut ini. 

Kenali Macam-Macam Sambungan Pipa PVC

Sambungan pipa PVC umumnya memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada artikel ini kami tidak membahas semua jenis sambungan karena tidak akan cukup menampung semua jenis sambungan yang ada. Namun terdapat 9 jenis yang biasanya sering kita temui penggunaannya.

1. Socket PVC

Sambungan pipa yang pertama adalah Socket PVC. Bentuk dari Socket PVC itu sendiri tidak berbelok, melainkan lurus. Fungsi dari sambungan ini adalah untuk menyambungkan dua pipa yang memiliki diameter atau ukuran yang sama. Sambungan ini penting apabila pipa yang Anda gunakan tidak cukup panjang. Oleh karena itu pipa perlu disambung dengan pipa lainnya menggunakan sambungan Socket PVC. 

 

Baca Juga: Panjang Pipa PVC

2. Elbow PVC

Sambungan pipa Elbow PVC memiliki bentuk seperti belokan siku. Elbow PVC berfungsi untuk menyambungkan dua pipa saat terdapat belokan pada permukaan. Jika dilihat berdasarkan sudutnya, Elbow PVC terbagi menjadi dua, yakni Elbow PVC 90 derajat dan Elbow PVC 45 derajat. Jika kita lihat berdasarkan jenis penyambungannya, Elbow PVC kembali terbagi menjadi dua jenis yaitu Elbow PVC Drat dan Elbow PVC biasa. 

3. Tee Stuck PVC

Seperti bagaimana kita membaca nama sambungan ini, Tee Stuck PVC merupakan sambungan pipa yang memiliki bentuk seperti huruf “T”. Sambungan ini bisa menyambungkan tiga pipa sekaligus jika Anda perlu menyambung pipa ke arah yang berbeda-beda. Tee Stuck PVC memiliki jenis atau variasi lainnya, yakni yang berbentuk seperti huruf “Y”. 

4. Reducer PVC

Hampir menyerupai Socket PVC, hanya saja Reducer PVC bisa Anda gunakan saat Anda memiliki diameter pipa yang berbeda. Hal ini dikarenakan Reducer PVC memiliki dua ukuran diameter yang berbeda di setiap ujungnya. Bentuknya ada yang lebih besar dan yang lebih kecil. 

 

Jika Anda memiliki kesalahan saat membeli, Anda tidak perlu membeli pipa yang baru lagi, karena Anda bisa menggunakan Reducer PVC. Jenis Reducer PVC juga terbagi menjadi dua, yaitu Reducer Elbow (siku) dan Reducer Socket (lurus).

5. Water Mur PVC

Water Mur PVC merupakan sambungan yang unik, karena sambungan ini memiliki mur pengunci pada kedua sisinya. Keberadaan mur pengunci tentu akan membuat sambungan pipa yang satu dengan pipa yang lain jadi terasa lebih kuat. Meskipun menyambung dengan kuat, Water Mur PVC tetap mudah untuk dilepas saat dibutuhkan. 

6. Cross PVC

Seperti namanya, Cross PVC memiliki lubang sambungan paling banyak, yakni terdapat empat sambungan. Cross PVC berguna saat Anda ingin membagi satu aliran air menjadi tiga aliran air. Setiap lubang sambungan yang ada pada Cross PVC memiliki ukuran yang sama, sehingga pipa yang dapat disambungkan hanyalah yang memiliki ukuran diameter pipa yang sama. 

7. P-Trap Adapter PVC

Sambungan P-Trap Adapter PVC berguna untuk digunakan saat ingin menyambung pipa dalam tempat yang sempit. Jika pipa tidak memiliki banyak ruang untuk dibelokkan ke arah yang lain, Anda bisa menggunakan P-Trap Adapter PVC untuk menyambung semua pipa yang Anda perlukan. 

8. Nipple PVC

Nipple PVC juga hampir sama dengan Socket PVC yang memiliki bentuk sambungan yang lurus. Hanya saja, sambungan ini memiliki drat pada setiap ujung sambungan. Fungsinya sama dengan Water Mur PVC yaitu untuk membuat sambungan lebih kuat. Sambungan pipa ini biasanya kita lihat saat pada ujung pipa yang akan dipasang keran air. 

9. Cap PVC

Meskipun tidak memiliki tugas menyambungkan pipa, namun Cap PVC sangat penting dalam sambungan-sambungan pipa tersebut. Cap PVC bertugas untuk menutup ujung pipa yang tidak butuh disambungkan dengan pipa yang lain. Cap PVC terbagi menjadi dua yaitu Cap Socket dan Cap Drat

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Pipa Saluran Air

Demikian sambungan-sambungan pipa yang ada untuk memudahkan Anda dalam menyambung pipa di berbagai permukaan. Jika Anda sedang mencari sambungan-sambungan tersebut, Anda bisa langsung mencarinya di KlopMart. Selain itu KlopMart juga menyediakan pipa Rucika PVC dengan berbagai ukuran diameter. Semuanya dapat Anda temukan di KlopMart. Kunjungi website kami, kemudian pilih pipa dan sambungannya yang dibutuhkan, beli dan lakukan pembayaran, Lalu tunggu barang pesanan Anda sampai di rumah. Semoga penjelasan macam-macam sambungan pipa PVC di artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan sambungan pipa yang dibutuhkan.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Feb 2022

Related Article