Konstruksi

9 Cara Menghilangkan Lem Pipa di Tangan dengan Mudah

Media
30 Jul 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara menghilangkan lem pipa di tangan mungkin merupakan proses yang sangat menantang bagi sebagian orang. Tidak heran mereka langsung panik apabila ada sisa lem yang menempel di tangan selepas menyelesaikan pekerjaan konstruksi.

Kepanikan tersebut wajar saja dialami karena jenis lem yang digunakan untuk konstruksi tentu memiliki daya rekat lebih tinggi dibandingkan lem biasa. Belum lagi, lemnya juga mudah kering sehingga makin susah untuk dilepas.

9 Cara Menghilangkan Lem Pipa di Tangan dengan Efektif

Sekuat apa pun daya rekatnya, Anda masih bisa menghilangkan lem pipa dari tangan atau anggota tubuh lainnya sampai tuntas. Menariknya, proses ini bisa dilakukan dengan alat pembersih atau bahan dapur yang mudah ditemukan. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bila masalah ini terjadi setelah menggunakan lem pipa.

Perlu diketahui, semua tips di bawah belum tentu cocok diterapkan untuk kulit Anda. Ada kulit yang terlalu sensitif sehingga Anda harus menghindari bahan-bahan yang bisa membahayakan kesehatan kulitnya. Simak saja tips ampuh menghilangkan lem di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkapnya.

1. Kelupas Lapisan Lem

Cara pertama ini paling sering terlintas di benak ketika tangan Anda terkena lem super kuat. Anda boleh mengelupas lapisan lem dari tangan, tetapi tunggu sampai lemnya benar-benar mengering. 

Lakukan cara ini secara perlahan dan hentikan segera jika bagian kulit Anda mulai ikut terangkat. Kulit Anda berisiko mengalami iritasi apabila cara ini terpaksa dilanjutkan.

Baca juga: 4 Cara Melepas Sambungan Pipa Paralon yang Terbukti Ampuh

2. Rendam Tangan di Air Hangat

Anda perlu menyediakan baskom berisi air hangat, kemudian larutkan satu sendok makan sabun lembut ke dalamnya. Rendam tangan selama 10 menit, kemudian kelupas lem di tangan secara perlahan. 

Gunakan air perasan lemon sebagai alternatif apabila tidak berhasil dengan sabun. Pasalnya, lemon mengandung larutan asam yang mampu meringankan daya rekat lem.

3. Oleskan Margarin

Margarin bisa menjadi pelumas yang lembut untuk melepaskan lem yang menempel di tangan. Selain margarin, Anda dapat memanfaatkan bahan dapur lainnya, seperti minyak zaitun.

Langkah eksekusinya sangat sederhana, Anda cukup mengoleskan sedikit margarin di bagian tangan yang terkena lem. Lalu, pijat area tersebut berulang kali sampai lemnya berhasil terlepas dengan sendirinya.

4. Gunakan Garam

Bumbu dapur lainnya yang ampuh untuk mengangkat lapisan lem dari tangan adalah garam. Sama seperti lemon, garam juga mengandung partikel abrasif yang mampu menghilangkan daya lekat lem di tangan.

Tipsnya pun sederhana, Anda cukup menaburkan dua sendok garam ke area yang ingin dibersihkan, lalu berikan sedikit air hingga membentuk pasta. Gosokkan pasta di tangan Anda selama 30-60 detik sampai garamnya habis. Perlahan-lahan, lapisan lem akan ikut terangkat dari tangan Anda hingga habis tak bersisa.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D serta kelas C

5. Berikan Petroleum Jelly

Langkah paling aman untuk masalah lem menempel di tangan adalah menggunakan produk perawatan kulit. Anda dapat menyimpan petroleum jelly ke mana pun apabila ada pekerjaan konstruksi yang menggunakan lem pipa.

Cucilah dahulu tangan Anda dengan larutan air sabun yang hangat sebelum mengoleskan petroleum jelly. Setelah membubuhkannya di area yang terkena lem, gosok secara perlahan selama satu menit dengan alat kikir kuku. Lakukan langkah ini secara perlahan hingga lapisan lemnya terlepas.

6. Bersihkan dengan Detergen

Detergen bisa menjadi alat pembersih yang efektif untuk membasmi lekatan lem yang erat di kulit. Takaran detergennya tidak perlu banyak-banyak, cukup masukkan ¼ cangkir detergen ke dalam larutan air hangat.

Berikutnya, rendam tangan di larutan detergen minimal 20 menit. Pijat tangan secara perlahan sampai residu lem yang menempel berhasil lepas dari tangan Anda.

7. Bubuhkan Mineral Spirits

Mineral spirits adalah larutan bening untuk keperluan konstruksi yang bisa digunakan sebagai bahan pembersih. Larutan ini juga berkhasiat dalam meringankan daya rekat lem yang menempel di kulit.

Gunakan mineral spirits apabila kulit Anda tergolong sensitif. Cara memakainya pun sederhana, Anda hanya perlu merendam tangan ke dalamnya, kemudian usap secara perlahan sampai lemnya mengelupas.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

8. Oleskan Aseton

Larutan aseton biasanya ditemukan pada pembersih cat kuku atau nail polish. Anda tidak boleh mengikuti langkah ini apabila memiliki kulit sensitif atau luka terbuka di area sekitar sisa lemnya.

Untuk menghilangkannya, Anda harus merendam tangan ke dalam larutan air sabun hangat dahulu. Setelahnya, barulah Anda bisa mengoleskan aseton ke bagian yang terkena lem. Tunggu sampai mengering, kemudian gosok lem dengan kertas ampelas sampai menghilang dengan sendirinya.

9. Gosok dengan Batu Apung

Batu apung merupakan bahan eksfolian atau pengangkat sel kulit mati di tubuh. Cara kerja batu apung ini bisa juga diterapkan untuk mengangkat lapisan lem yang membandel di tangan.

Jangan buru-buru menggosok dengan batu apung, tetapi rendam dahulu tangan dan batu apung secara bersamaan ke dalam larutan air sabun hangat. Setelahnya, gosokkan batu apung ke tangan secara perlahan dengan pola melingkar. Hentikan prosesnya apabila Anda mulai merasa tidak nyaman atau sakit.

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai lem pipa yang digunakan sehingga daya rekatnya cukup kuat dan tidak mudah lepas. Jawabannya adalah Lem G Korea dengan kualitas super dan tidak mudah mengental, sehingga gampang diaplikasikan untuk pemasangan pipa. Hubungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan produk lem super serbaguna ini.

Setelah membaca artikel ini, Anda tidak panik lagi ketika ada residu lem di tangan, bukan? Selalu ingat cara menghilangkan lem pipa di tangan tersebut supaya Anda langsung mempraktikkannya apabila kembali mengalami kejadian ini di kemudian hari.

Sumber artikel:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghilangkan-lem-korea-praktis/ 
  • https://www.liputan6.com/health/read/2536776/cara-efektif-hilangkan-bekas-superglue-di-tangan 
  • https://rsud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/cara-menghilangkan-super-glue-di-tangan-dengan-aman-29 
  • https://www.thespruce.com/mineral-spirits-vs-paint-thinner-difference-4764584

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya