Download Klopmart App

Pusat Bantuan

PERBEDAAN BESI VS BAJA

Seringkali kita rancu dalam pengartian besi dan baja, Saat kita melihat jembatan dengan struktur dari logam yang kokoh, kita langsung menyebutnya sebagai jembatan besi. Atau saat melihat Menara Eiffel ataupun tiang listrik penyangga Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET), kita langsung menyebutnya sebagai menara besi. Tidak terlalu salah sih. Hanya sedikit keliru saja. Padahal besi dan baja itu adalah bahan atau material yang berbeda rupa, karakter, dan sifatnya.

 

 

Lho, memangnya beda ya? Besi itu bukannya sama dengan baja?

Banyak dari kita yang bingung membedakan antara besi dengan baja. Besi adalah unsur murni yang ada dengan sendirinya sedangkan baja adalah salah satu logam campuran besi (alloy).

 

Tabel Perbedaan Besi dengan Baja:

 

 

Besi

Baja

Pembentukan

Unsur Murni

Terbuat dari besi dan karbon.

Jenis

Besi cor, Besi Tempa dan Baja.

Karbon metalik dan logam campuran

Terhadap karat

Dengan cepat akan teroksidasi dan kemudian berkarat pada akhir prosesnya.

Memiliki elemen yang sama sekali berbeda yang mempertahankannya dari kerusakan seperti besi murni.

Permukaan

Permukaannya berkarat

Permukaannya tetap mengkilat.

Penggunaan

Untuk bangunan, perangkat dan peralatan serta kendaraan

Untuk bangunan, kereta api, mobil, dan konstruksi.

Keberadaan

Tersedia di alam secara natural.

Ketersediaannya harus dibuat lebih dahulu.

 

 

Apakah Besi Itu?

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), besi adalah logam yang keras dan kuat serta banyak sekali gunanya (sebagai bahan pembuat senjata, mesin, dan sebagainya).

Besi adalah unsur yang ada secara melimpah di setiap tempat di planet kita ini dan relatif terkenal karena sifat dan pemanfaatannya. Besi tidak ditemui secara murni di alam, melainkan tercampur dengan berbagai material lain. Berbagai besi alloy dibuat untuk digunakan sebagai bahan baku dalam pengaplikasian ilmu teknik sipil dalam bidang konstruksi struktur bangunan. Secara ilmu biologi, zat besi juga banyak terkandung dalam bahan makanan dan memiliki fungsi penting dalam menunjang kesehatan manusia. Berbagai jenis besi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita di masa ini. Jenis besi yang sangat umum digunakan dalalm kehidupan sehari-hari adalah peralatan dan perangkat yang terbuat dari besi tempa. Besi tempa adalah besi alloy yang terdiri dari campuran besi dengan silikat. Besi tuang umumnya memiliki kadar karbon yang sangat rendah.

Jenis besi berikutnya yang banyak ditemui dalam kehidupan kita sehari-hari adalah besi kasar (pig iron atau crude iron). Besi kasar ini memiliki kandungan karbon antara 3,8 hingga 4,7 %. Besi kasar ini nantinya akan diolah menjadi besi tempa yang disebut juga dengan besi cor dan juga baja.

 

Apakah Baja itu?

Baja adalah pengembangan dari penggunaan besi yang digunakan secara luas di muka bumi ini. Baja adalah paduan besi dan karbon, dan terkadang elemen lainnya. Karena kekuatan tariknya yang tinggi dan biaya pembuatannya yang rendah, baja adalah komponen utama yang digunakan dalam konstruksi bangunan, infrastruktur, peralatan, kapal, mobil, mesin, peralatan, dan senjata.

Baja berbeda dari besi karena merupakan alloy atau paduan dan bukan merupakan unsur tersendiri seperti besi. Paduan adalah campuran berbagai logam atau logam yang dicampur dengan unsur lain. Baja dibuat dengan mencampur karbon dalam persentase kecil dengan besi. Konten Karbon biasanya tidak melebihi 2,1% menurut beratnya. Kehadiran Karbon memberikan kekuatan pada baja dan menjadi lebih cocok untuk berbagai penggunaan. Semakin tinggi kandungan karbon yang digunakan dalam pembuatan baja, akan membuatnya menjadi semakin rapuh.

Baja juga memiliki unsur paduan lainnya seperti chromium, nikel, dan mangan. Unsur-unsur ini ditambahkan untuk membuat baja menjadi lebih tahan terhadap karat. Itulah sebabnya permukaan baja tetap mengkilat lebih lama.

Baja digunakan di seluruh pembangunan jalan, untuk pembuatan kereta api dan jalur relnya, berbagai peralatan rumah dan juga konstruksi bangunan dan jembatan. Contoh yang terkenal adalah yang seperti disebut di awal artikel ini: Menara Eiffel dan Jembatan London.

Proses pengolahan besi dan pengolahan baja sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Besi dan baja tidak lepas dari sejarah peradaban manusia. Berbagai peralatan dan perlengkapan untuk kehidupan dan peperangan dibuat manusia dari besi dan juga dari baja.

 

(dirangkum dari berbagai sumber)


Cek harga klik disini

Related Article