Pompa dan Pipa

Biaya Pembuatan Sumur Bor Terlengkap Tahun 2024: Panduan Harga dan Informasi Detail

Media
21 Okt 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Untuk memenuhi kebutuhan air, Anda harus mengetahui besaran biaya pembuatan sumur bor. Sumur bor adalah salah satu sumber air yang dapat memenuhi kebutuhan perairan rumah tangga Anda. Tidak hanya itu, sumur bor juga menjadi sumber air pada beberapa bangunan besar seperti sekolah, kantor, hingga perhotelan. 

Pengadaan sumur bor dilakukan dengan melakukan penggalian tanah hingga mencapai kedalaman dengan sumber mata air. Untuk memberikan gambaran lengkap mengenai kelebihan sumur bor dan hitungan biaya pembuatan, Klopmart akan memberikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Keuntungan Membuat Sumur Bor

Saat ini muncul kemudahan pengaliran air yang lebih mudah dibandingkan membuat sumur bor. Namun, memilih sumur bor sebagai sumber air rumah akan memberikan beberapa manfaat dan keuntungan bagi Anda. Berikut ini merupakan keuntungan yang didapatkan:

1. Sumber Air yang Gratis

Sumber Air yang Gratis​

Memanfaatkan air tanah menjadi sumber pengairan rumah dapat memberikan banyak keuntungan salah satunya adalah tidak membutuhkan biaya tambahan apa pun. Anda hanya membutuhkan biaya pembuatan sumur bor dan material yang dibutuhkan beserta perawatan yang mungkin dibutuhkan, namun penggunaan dan penyediaan air tidak dipungut biaya sedikit pun.


2. Tidak Mudah Tercemar

Tidak Mudah Tercemar

Sumur bor dibuat pada area rumah, sehingga Anda akan lebih mengetahui kebersihan dan perawatan air di dalamnya. Hal tersebut menjadikan air tanah dari sumur bor tidak mudah tercemar. Penggunaan pipa dan tandon air juga dapat Anda sesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan. Sehingga akan tercipta air yang lebih bersih dan lebih aman untuk digunakan.

3. Proses Pembuatan Lebih Cepat

Proses Pembuatan Lebih Cepat

Dibandingkan dengan sumur galian, sumur bor memiliki proses pembuatan yang lebih cepat. Pembuatannya pun tidak membutuhkan banyak orang sebab pengeboran dilakukan dengan menggunakan mesin.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

4. Tidak Membutuhkan Banyak Tempat

Tidak Membutuhkan Banyak Tempat

Dalam membuat lubang sumur, metode pengeboran tidak membutuhkan tempat yang besar. Oleh karena itu, sebagian besar orang tidak ragu untuk menempatkan sumur bor pada bagian dalam rumah atau pada sisi pojok luar. 

5. Penggunaan Alat Untuk Menentukan Sumber Air

Penggunaan Alat Untuk Menentukan Sumber Air

Kemajuan teknologi saat ini membantu mempermudah pekerjaan dalam menemukan sumber air dalam tanah. Anda tidak lagi membutuhkan proses penggalian yang lama dan panjang sebab sumber air dapat terdeteksi secara langsung.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Berapa Biaya Pembuatan Sumur Bor?

Biaya pembuatan sumur bor memiliki kisaran yang berbeda di setiap daerah. Sebagai bahan pertimbangan, biaya pembuatan sumur bor dipengaruhi oleh besar kecilnya kedalaman sumur. Sumur bor umumnya berada pada kisaran Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000 per meternya. Perkiraan biaya tersebut belum termasuk dengan material, instalasi listrik dan tangki air. 

Bagi Anda yang berada di daerah Bekasi, jasa pengeboran sumur berada pada kisaran 4.500.000 hingga Rp. 8.000.000 untuk kedalaman sumur mulai dari 30 meter hingga 60 meter. Untuk wilayah Jakarta, pembuatan sumur bor ditentukan melalui diameter pipa dan jenis pengeboran. Kisaran biaya pembuatan sumur bor mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 700.000 dengan diameter pipa 4 hingga 6 inci dan jenis pengeboran jet pump dan deep well drilling.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sumur Bor Pakai Paralon yang Aman

Faktor Yang Memengaruhi Harga Jasa Sumur Bor

Faktor Yang Memengaruhi Harga Jasa Sumur Bor

Sebelum melakukan pengeboran, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga jasa sumur bor agar memberikan sumber air yang bersih dan pembangunan yang berjalan dengan lancar. Adapun faktor yang memengaruhi harga antara lain:

1. Kedalaman

Tingkat kedalaman sumur dapat menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi biaya pembuatan sumur bor. Semakin dalam sumur untuk menghasilkan sumber air, semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan kedalaman tanah akan memiliki proses pengerjaan yang lebih rumit.


2. Peralatan yang Digunakan

Selain kedalaman, peralatan yang digunakan dalam melakukan pengeboran dapat menjadi faktor yang memengaruhi harga jasa sumur bor. Tak hanya itu, kualitas material seperti pipa dan material pendukung lainnya juga berpengaruh. Hal ini dikarenakan alat dan kualitas material tertentu membutuhkan cara khusus dalam pengoperasian dan pemasangannya.

3. Kondisi Tanah

Jenis sumur bor dapat digunakan pada berbagai lokasi dan kondisi tanah. Namun, kondisi tanah dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat harga pembuatan sumur bor. 

Beberapa lokasi memiliki kondisi tanah yang keras dan mengandung bebatuan sedikit lebih sulit untuk dilakukan pengeboran. Maka dari itu, tingkat kesulitan pada proses bor ini yang menyebabkan harga sumur bor pada lokasi tertentu sedikit lebih mahal.

Baca juga: 4 Penyebab Pompa Air Keluarnya Kecil dan Cara Memperbaikinya

4. Diameter Casing Sumur Bor

Faktor terakhir yang dapat memengaruhi biaya pembuatan sumur bor adalah diameter casing pada sumur bor. Besaran diameter casing umumnya berdasarkan ukuran pipa yang digunakan untuk menyalurkan air dari sumur ke tandon air. 

Ukuran diameter casing dapat ditemukan mulai dari 2 inci, 4 inci, 5 inci, 6 inci, dan 8 inci. Semakin besar diameter pipa yang digunakan, semakin besar pula diameter casing sumur yang dibutuhkan dan tentunya biaya yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

Dengan berbagai keuntungan dan kisaran biaya pembuatan, sumur bor cukup menarik untuk menjadi pilihan penyediaan kebutuhan air pada rumah Anda. Faktor yang memengaruhi biaya pembuatan sumur bor di atas mungkin dapat menjadi pengetahuan dan pertimbangan Anda saat memilih penggunaan sumur bor. 

Untuk memberikan kualitas pengairan yang baik, pastikan seluruh peralatan dan material yang digunakan berkualitas. Anda dapat menemukan berbagai kebutuhan pembuatan sumur bor pada Klopmart. Klopmart menyediakan peralatan dan material pembangunan berkualitas mulai dari pipa hingga onda tusen klep. Untuk membuat rincian biaya pembuatan sumur bor, hubungi kami sekarang juga untuk informasi harga material yang dibutuhkan.

Sumber artikel:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/daftar-biaya-sumur-bor/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/sumur-bor-29701
  • https://www.adhyaksapersada.co.id/apa-itu-sumur-bor/#:~:text=Sumur%20merupakan%20sebuah%20konstruksi%20yang,makan%2C%20hotel%2C%20dan%20sebagainya.
  • https://www.cekpremi.com/blog/biaya-sumur-bor/#:~:text=Umumnya%2C%20sumur%20bor%20dibandrol%20dengan,pemasangan%20kabel%20listrik%2C%20hingga%20tangki.
  • https://teamborair.com/faktor-faktor-yang-memengaruhi-biaya-pembuatan-sumur-bor.html
  • http://jasapengeboran.com/web/artikel-faktor-yang-mempengaruhi-biaya-sumur-bor-per-meter-pada-sebuah-jasa-sumur-bor-profesional

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya