4 Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Bagaimana cara mengatasi air sumur bor kuning dan berminyak? Permasalahan yang berhubungan dengan air memang membuat sakit kepala. Pasalnya air menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Air digunakan dalam hampir semua aktivitas manusia. 

Makan, minum, masak, mandi, hingga mencuci, semuanya memerlukan air yang tidak sedikit. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa air yang ditampung bersih dan terbebas dari segala kotoran. 

Jangan sampai air yang ditampung untuk memenuhi kebutuhan justru jadi tidak bisa digunakan. Anda perlu memberikan usaha untuk memelihara sumur bor atau tangki air sebagai tempat penampungan agar air tidak berubah warna atau berbau. 

Pada artikel ini Anda akan diajak memahami apa saja yang menjadi penyebab air sumur bor berubah menjadi kuning dan berminyak. Tidak lupa juga cara-cara untuk mengatasinya supaya air yang ditampung dapat digunakan sepenuhnya. Siap belajar? Mari simak informasinya di bawah ini. 

Kenapa Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak?

Kenapa Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Penting untuk mengetahui alasan mengapa air sumur bor bisa menjadi kuning dan berminyak. Pengetahuan Anda tentang hal ini akan menjadi “senjata ampuh” untuk membuat air menjadi bersih kembali. 

Setidaknya ada beberapa faktor yang menjadi alasan sumur bor kuning dan berminyak. Mulai dari pipa-pipa yang digunakan, kandungan di dalam air, hingga sumur bor itu sendiri. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Pipa

Semua benda yang bersentuhan dengan air memerlukan perhatian khusus, termasuk pipa air. Meskipun tidak berkarat seperti besi tetapi pipa air tetap bisa kotor dan berlumut. Jika ternyata pipa air memang sudah kotor dan berlumut namun masih digunakan maka tidak heran apabila air di sumur bor menjadi kuning dan berminyak.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sumur Bor Pakai Paralon yang Aman

2. Tanah Tempat Sumur Bor

Selain pipa, tanah sumur bor untuk menampung air juga bisa menjadi penyebab utama mengapa air menjadi kuning dan berminyak. Tanah yang digunakan sebagai tempat menampung air bisa terkontaminasi dengan zat atau hal lain yang tidak baik untuk air. 

Contohnya seperti lumpur, adanya kandungan mangan, bangkai binatang, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya Anda perlu secara sadar melakukan pemeliharaan dengan menguras tanah tempat sumur bor tersebut secara berkala. 

3. Kandungan dalam Air

Penyebab terakhir mengapa air sumur bor menjadi kuning dan berminyak terletak pada kandungan dalam air itu sendiri. Anda sebagai masyarakat kemungkinan tidak tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam air. 

Apabila Anda tidak melakukan uji coba di laboratorium maka kandungan yang terdapat di dalam air pasti tidak bisa diketahui. Namun cara yang paling mudah mengenalinya ialah dengan melihat warna dan mencium bau dari air tersebut. 

Jika memang air berubah warna menjadi kuning serta tercium bau aneh maka bisa dipastikan ada kandungan zat berbahaya di dalamnya. Biasanya air seperti ini sudah terkontaminasi dengan kandungan mangan dan zat besi yang sangat banyak. Bisa juga terdapat zat-zat logam lainnya atau bahkan bakteri yang hidup di dalamnya.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Bagaimana Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Kini Anda sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab sumur bor menguning dan berminyak. Kalau begitu sekarang waktu yang tepat untuk mencoba mengubah air menjadi bersih kembali. Ada beberapa bahan dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat air dapat digunakan kembali. Langsung simak penjelasannya berikut ini. 

1. Tawas

Tawas

Tawas adalah suatu senyawa zat kimia yang umumnya digunakan untuk berbagai macam hal dalam kehidupan manusia. Anda bisa menemukannya pada produk pewarna, kosmetik, dan bahan pengawet. 

Tawas juga sudah dikenal dengan kemampuannya yang dapat mengikat atau menggumpalkan kotoran yang ada di dalam air. Jadi Anda hanya perlu melarutkan tawas tersebut dengan air, lalu tuangkan larutan tersebut ke dalam air sumur bor yang kuning dan berminyak. 

Jumlah tawas yang perlu Anda larutkan tergantung pada seberapa dalam sumur bor. Makin dalam sumur makin banyak juga tawas yang harus digunakan. 

2. Ijuk

Ijuk

Ijuk yang biasanya digunakan untuk atap dan sapu lantai ternyata juga bisa Anda pakai untuk membersihkan air. Ijuk ini perlu diikat menjadi satu kesatuan supaya tidak berserakan di sumur bor. Ikat juga batu-batu untuk memberatkan ijuk hingga dasar sumur bor. 

Setelah ijuk diikat dan diberikan batu pemberat maka Anda bisa langsung melemparkannya ke dalam sumur. Pastikan ijuk berada di dasar sumur agar air dapat tersaring dengan baik. Ijuk ini akan berfungsi sebagai filter alami yang menyaring berbagai kotoran di dalam air.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

3. Arang Kelapa

Arang Kelapa

Selain tawas dan ijuk, Anda dapat menggunakan arang kelapa yang dimasukkan ke dalam kantung kain. Kantung kain yang sudah diisi arang kemudian diikat dan bisa dilemparkan ke dalam sumur bor. Arang kelapa memiliki karbon aktif yang dihasilkan dari proses pembakaran untuk dapat menyaring berbagai kotoran hingga akhirnya air menjadi jernih kembali. 

4. Pemeliharaan Rutin

Pemeliharaan Rutin

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeliharaan rutin. Pemeliharaan rutin ini tidak bisa Anda toleransi atau tunda-tunda karena dapat membahayakan keselamatan. Air kotor yang tidak sengaja Anda dan keluarga konsumsi dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat atau bahkan membuat nyawa melayang. 

Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan? Oleh karena itu pastikan Anda selalu membersihkan sumur bor, pipa, dan peralatan lainnya supaya air tetap dalam keadaan bersih serta layak digunakan. 

Demikian informasi mengenai penyebab serta cara-cara mengatasi air sumur bor yang kuning dan berminyak. Ingat untuk selalu membersihkan semua peralatan yang digunakan supaya air tidak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya. 

Perhatikan juga pencahayaan dan lingkungan sekitar sumur supaya kebersihannya benar-benar terjaga. Jangan lupa menggunakan Onda Tusen Klep untuk menjaga air tidak kembali ke sumur. 

Penggunaan Onda Tusen Klep akan langsung membuat air keluar begitu mesin pompa dihidupkan. Anda bisa segera membeli tusen klep di KlopMart sekarang juga! Terdapat berbagai bahan dan alat material lainnya yang juga bisa dipesan melalui KlopMart. Anda hanya perlu membuka ponsel lalu melakukan pemesanan. 

Kemudian barang akan segera dikirimkan ke alamat Anda. Mudah, bukan? Namun jika ternyata ada kendala maka Anda bisa menghubungi tim KlopMart. Sekian informasi cara mengatasi air sumur bor kuning dan berminyak, semoga semua cara tersebut bermanfaat bagi Anda. 

Sumber artikel: 

  • https://pakarsumur.com/cara-mengatasi-air-sumur-kuning-dan-berminyak/#:~
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menjernihkan-air-sumur/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya