Atap & Lantai

Atap Bondek yang Lebih Efisien

Media
02 Des 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bondek merupakan baja ringan dengan material baja yang dilapisi galvanis. Penggunaannya pada proyek konstruksi antara lain untuk sistem penguatan, bekisting, dan langit-langit gedung. Bentuk material yang berupa lembaran cocok untuk pembuatan atap bondek karena mempunyai keunggulan utama pada biaya, dan efisiensi waktu pengerjaan.

 

Keunggulan Bondek Sebagai Material Konstruksi

Bondek umumnya digunakan sebagai lapisan dasar cor beton atau atap bangunan. Material ini mempunyai berbagai jenis dan ukuran dengan penggunaan berbeda sehingga penggunaannya sangat luas. Bicara soal keunggulan, ada beberapa alasan mengapa atap bondek menjadi pilihan, yaitu:

 

1. Dapat Menjadi Landasan Kerja yang Aman

Ketika digunakan dalam pengecoran, bondek lebih kuat dan praktis dibandingkan papan triplek tebal. Penggunaan bondek juga dapat membuat konstruksi lebih kuat dan tidak perlu direnovasi lagi hingga waktu yang cukup lama. 

 

2. Tahan Terhadap Api

Bondek telah teruji mempunyai ketahanan tinggi terhadap api dan suhu tinggi. Material ini mampu bertahan di dalam api hingga 2 jam tanpa henti karena kualitasnya yang bagus. Jadi, pelat lantai dan atap bangunan yang dibuat dengan alas bondek lebih aman ketika terjadi kebakaran.

 

3. Mempunyai Desain yang Canggih

Bondek memiliki bentuk dan desain yang canggih. Permukaannya mempunyai tekstur yang  mampu memberikan pegangan yang lebih kuat ketika sudah dicor bila dibandingkan jenis floor deck yang lain. Dengan pegangan yang kuat tersebut, tidak akan terjadi goyangan atau getaran.

 

4. Dapat Menghemat Biaya Konstruksi

Bondek dapat memberikan penghematan biaya dalam pembangunan karena pengadaan bekisting lantai dapat dikurangi. Hal ini disebabkan karena bondek dapat menjadi floor deck sekaligus form work. Tambahan pula, bondek dapat menghemat volume beton cor dan dimensi diameter besi tulangan struktur. Selain itu, pemasangannya tidak membutuhkan waktu lama dan hanya perlu sedikit tenaga kerja sehingga biaya pemasangan juga lebih murah.

 

5. Awet dan Tahan Karat

Bondek juga lebih tahan lama karena mempunyai lapisan anti karat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir material ini akan lapuk karena korosi. Tak hanya itu, bondek juga dapat mencegah beton keropos karena kebocoran pelapis seperti pada lapisan kayu atau tripleks. 

 

Perbedaan Bondek dengan Spandek

Produk baja ringan untuk konstruksi atap terdapat dua macam yaitu bondek dan aluminium zinc spandek. Keduanya mempunyai bentuk serupa, tetapi memiliki karakteristik dan fungsi berbeda.

Atap bondek umumnya digunakan sebagai alas lantai beton. Keunggulan material ini ialah terbukti dapat menurunkan biaya pengerjaan pembesian dan bekisting lantai pada bangunan bertingkat.

Sementara itu, aluminium zinc spandek digunakan sebagai atap bangunan yang tidak bertingkat atau untuk lantai paling atas bangunan. Atap jenis ini merupakan campuran aluminium, zinc, dan sebagian kecil silikon sehingga kuat, tahan lama, dan mudah dibentuk.

Biasanya atap spandek tidak digunakan untuk hunian karena bahannya dari logam yang dapat membuat ruangan terasa panas. Umumnya diaplikasikan pada gudang atau garasi.

Atap Bondek sendiri di pasaran terdapat berbagai merek seperti Aplus dan Prima. Aplus Bondek merupakan merek bondek yang bermutu tinggi dan multifungsi. Material ini dapat digunakan sebagai atap rumah, apartemen, pabrik, perkantoran, dan pertokoan serta sangat efisien untuk gedung bertingkat tinggi.

Aplus Bondek dapat berfungsi sebagai bekisting tetap sekaligus satu arah, sehingga pengerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, Aplus bondek juga dapat digunakan sebagai plafon.

 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bondek juga memiliki kekurangan yaitu memerlukan alat khusus untuk memotongnya. Maka, agar pengaplikasiannya lebih mudah, ketika memesan atap bondek harus benar-benar sesuai dengan bidang cor yang akan digunakan. Selain itu, pastikan pemasangannya dilakukan oleh tenaga kerja yang berpengalaman.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya