Konstruksi

Apa Itu Hollow dalam Dunia Konstruksi?

Media
24 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebenarnya sebutan ‘besi holo’ itu kurang tepat. Sebutan yang tepat adalah ‘besi hollow’. Dikatakan ‘besi hollow’ karena besi ini berbentuk batangan berongga. Hollow adalah kata dalam Bahasa Inggris yang memang berarti ‘rongga’. Istilah besi holo didapat oleh pengucapan para tukang bangunan yang mungkin kurang fasih mendengar dan berucap dalam bahasa Inggris.

Besi hollow lebih tepat digambarkan berbentuk seperti pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat sehingga sering juga disebut dengan ‘pipa kotak’.

Besi hollow sebenarnya bernama hollow structural section. Kadang salah kaprah disebut dengan hollow structural steel. Jenis besi yang termasuk dalam keluarga Besi HSS ini penampangnya dapat berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan juga persegi panjang.

Besi hollow ini memiliki kegunaan yang cukup banyak. Bukan hanya sebagai konstruksi penopang plafon saja, melainkan juga digunakan sebagai bahan pembuatan rangka kanopi dari besi hollow, pagar, teralis minimalis, railing dan sebagainya. Bahkan digunakan sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.

Karena bentuknya yang seperti pipa kotak yang lurus, maka banyak digunakan juga sebagai material interior dan furniture bergaya minimalis yang sedang trendy saat ini.
 

Tipe besi hollow

Ada dua macam besi hollow yang ada di pasaran, yaitu:
 

1. Besi Hollow Galvanise

Besi hollow ini memiliki lapisan finishing yang terdiri dari zing coating sebesar 97% dan aluminum coating sebesar 1% dan unsur lain sebesar 2%. Pada penggunaannya di lapangan, besi hollow galvanise perlu diberi lapisan anti karat dan cat supaya lebih tahan lama.
 

2. Besi Hollow Galvalume

Besi hollow ini memiliki lapisan finishing yang mengandung unsur aluminum sebesar 55%, unsur besi sebesar 43,5% dan silicon sebesar 1,5%. Kandungan unsur-unsur ini menambah daya tahan besi hollow galvalume dari karat. Harga besi hollow galvalume lebih mahal dibandingkan harga besi hollow galvanise.

Umumnya ukuran besi hollow tersedia dengan ukuran yang standar di pasaran. Ukuran-ukuran atau dimensi penampang besi hollow tersebut dapat kita lihat dari tabel di bawah ini:
 

Nomor

Panjang (mm)

Lebar (mm)

1

16

36

2

20

20

3

30

30

4

36

36

5

40

60

6

45

75

7

60

60

8

50

100


Dari tabel di atas, semua besi hollow memiliki panjang standar 6 meter tetapi ketebalannya yang berbeda. Ketebalan yang ada di pasaran adalah: 0,6 mm; 0,7 mm; 0,8 mm; 1,7 mm; 2,3mm; dan 0,3 mm.

Baiklah kalau begitu. Mulai saat ini kita jangan bingung saat mendengar ada orang yang mengucapkan ‘besi holo’ lagi, yaaaa…

Baca juga: Harga Hollow Galvanis Berkualitas

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya