9 Cara Membuat Kursi Kayu Minimalis yang Cepat dan Mudah

Kursi merupakan salah satu perabotan terpenting dalam desain interior yang bisa mempengaruhi desain suatu ruangan. Selain karena fungsinya yang vital, bentuknya bisa mempengaruhi estetika pengaturan tata ruang.

Pada dasarnya, kursi adalah salah satu mebel yang memiliki sandaran punggung dan empat kaki sebagai penopang tapi ada beberapa jenis kursi yang dimodifikasi seperti kursi berkaki tiga. Sebelum melakukan pembuatan kursi, Anda harus mempertimbangkan bahan dasar seperti jenis kayu yang akan Anda gunakan.

Kayu merupakan opsi termudah yang gampang dibentuk dan mudah didapatkan. Sebaiknya, Anda menggunakan kayu jati yang terkenal karena kekuatan dan daya tahannya serta memilih kayu dengan permukaan yang rata tanpa rongga atau lubang sedikit pun.

Hal ini karena rongga pada kayu menandakan jika kayu tersebut rapuh dan mudah patah serta tidak tahan lama. Setelah menentukan bahan baku kayu, Anda bisa mengikuti beberapa cara membuat kursi kayu minimalis.

9 Cara Membuat Kursi Kayu Minimalis yang Bisa Anda Coba

1. Membuat Kaki Kursi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat kursi kayu adalah membuat kaki-kakinya. Anda bisa menggunakan kayu jati untuk membuat kaki kursi.

Potonglah kayu dengan ukuran 3 cm x 6 cm atau bisa juga Anda custom sesuai kebutuhan, pastikan untuk memotong keempat buah kaki kursi dengan ukuran yang sama serta simetris untuk kenyamanan kursi.

Saat Anda potong kayu jati, gunakanlah alat gergaji serkel tangan karena lebih memudahkan proses pemotongan kayu. Setelah selesai dipotong, pangkaslah bagian ujung kayu dengan bentuk agak lancip. Hal ini berfungsi untuk dijadikan penempatan papan sandaran.

2. Memotong Kayu Sesuai Ketebalan

Langkah selanjutnya adalah memotong kayu sesuai dengan ketebalan yang dibutuhkan. Potonglah kayu untuk digunakan sebagai kaki kursi bagian depan dengan ukuran panjang sekitar 45 cm dan juga ketebalan yang sama dengan kaki depan, yakni 3 cm x 6 cm.

Biasanya, orang-orang yang membuat kursi kayu menggunakan mal saat memotong kayu. Pasalnya, mal mampu menyesuaikan dengan kebutuhan serta mencegah ada yang tidak terpotong. Oleh karena itu, sebelum Anda memotong kaki-kaki kursi tersebut, Anda harus menghitung terlebih dahulu ukurannya agar sesuai dengan yang Anda perlukan.


 

3. Membuat Pegangan Kursi

Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah memotong kayu sesuai dengan ketebalannya adalah membuat pegangan kursi. Buatlah pegangan tangan tersebut dengan bagian samping dengan ukuran 32 cm.

Selanjutnya, Anda harus menyetel bagian depan serta belakangnya. Panjangnya juga masih sama, yakni 32 cm termasuk dengan pelurusnya. Meskipun demikian, bagian pegangan bisa diambil 1 cm untuk keperluan penyetelan dengan menggunakan paku.
 

4. Menyerut Potongan Kayu Supaya Halus

Jika semua kebutuhan bahan telah lengkap dan jumlahnya sudah cukup, Anda bisa masuk ke tahapan menyerut. Saat membuat kursi kayu minimalis, sebaiknya Anda menggunakan mesin serut agar hasilnya rata dan juga halus. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan ukuran yang diperlukan agar bisa selesai dengan cepat.
 

5. Mengukur Potongan Kayu

Setelah proses menyerut kayu jati selesai, Anda bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, yakni mengukur kursi kayu. Anda harus memotong kayu jati tersebut. Sebaiknya, Anda bisa menggunakan mesin gergaji duduk agar bisa selesai dengan cepat.

Baca juga: 5 Jenis Kayu Olahan Untuk Furniture
 

6. Memahat Potongan Kayu

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memahat potongan kayu. Dalam tahap ini, Anda harus membuat lubang dengan cara menatah atau memahatnya. Untuk memahat potongan kayu tersebut, sebaiknya Anda menggunakan pisau tatah. Pasalnya, dengan menggunakan pisau tatah, Anda bisa memahatnya dengan mudah dan cepat.
 

7. Membuat Sandaran Kursi

Langkah terakhir dari cara membuat kursi kayu adalah membuat sandaran untuk kursi kayu tersebut. Tidak hanya sandaran, Anda juga perlu membuat alas duduk pada kursi kayu tersebut. Untuk itu, Anda harus membuat rangka kursi terlebih dahulu. Pasalnya, dengan membuat rangka kursi, Anda bisa mengetahui ukuran yang diperlukan dalam membuat sandaran serta alas duduk kursi tersebut.


8. Menggabungkan Bagian Kursi Kayu

Pasang bagian-bagian kursi dengan hati-hati menggunakan metode pemasangan yang sesuai, seperti paku, sekrup, atau lem kayu. Pastikan bahwa setiap bagian dipasang dengan kuat untuk menjamin stabilitasnya.

Baca juga: Membersihkan Furnitur Sesudah Kebanjiran

9. Finishing atau Penyelesaian Akhir

Setelah selesai dipasang, berikan perhatian khusus pada tahap finishing. Pilih cat atau pewarna yang sesuai dengan selera Anda dalam menciptakan kursi kayu.

Pastikan juga untuk menggunakan lapisan pelindung guna melindungi kayu dari serangan rayap dan kerusakan akibat cuaca, sehingga meningkatkan daya tahan kursi secara keseluruhan.

Kursi kayu adalah sebuah furnitur yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya itu di gunakan di rumah, kursi juga ada di mana saja, seperti sekolah, kantor, dan mal. Kursi kayu minimalis adalah salah satu jenis kursi yang sangat banyak dijual dan digunakan. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara membuat kursi kayu minimalis di atas. Dengan membuat sendiri, Anda bisa membuatnya sesuai selera dan juga kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

Temukan segala yang Anda butuhkan untuk menciptakan kursi kayu minimalis impian Anda di Klopmart! Dari bahan berkualitas hingga peralatan yang diperlukan untuk pembuatan kursi kayu sendiri, kami menyediakan beragam material bangunan terbaik.


Sumber rujukan:

  •  https://www.99.co/id/panduan/cara-membuat-kursi-kayu-sendiri/
  • https://www.yuso.co.id/article/659/cara-membuat-meja-dan-kursi-dari-kayu/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya