Apa Itu Besi Galvanis

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan akan material tahan korosi, besi galvanis menjadi solusi unggul yang menawarkan kekuatan struktural dan perlindungan terhadap oksidasi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu besi galvanis, karakteristik, serta manfaat utama yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi konstruksi.

Apa Itu Besi Galvanis?


Metode Galvanisasi pertama kali diperkenalkan sekaligus dipatenkan di Paris pada 1837 oleh sebuah perusahaan perajin bahan besi Stanislas Sorel. Galvanisasi adalah sebuah metode pelapisan besi.

Jadi apabila muncul pertanyaan apa itu besi galvanis? Jawaban yang tepat adalah, proses pelapisan besi dan baja menggunakan seng cair.

Lapisan seng pada besi ini sangatlah penting, yaitu melindungi begi dari polutan yang mengakibatkan karat. Biasanya lapisan ini akan membiarkan diri mereka berkarat dulu sampai habis, sebelum akhirnya proses karat pada besi yang dilapisi dimulai.

Hal tersebut tentu saja membuat umur besi semakin tahan lama. Saat ini untuk melakukan metode galvanisasi, orang tidak menggunakan seng saja.

Finishing pelapisan biasanya terdiri dari 97% zinc (seng), 1% aluminium, dan 2% sisanya bahan lain. Tujuannya pun sama, agar besi tidak mudah berkarat baik karena panas ataupun hujan.

Baca juga: Besi Siku Galvanis untuk Konstruksi Bangunan

Karakteristik Besi Galvanis

Ilustrasi Pipa Besi Galvanis

Ada beberapa karakteristik besi yang dilapisi dengan metode galvanisasi, yaitu:

1. Meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik

Lapisan seng pada metode galvanisasi dikenal sebagai penghantar listrik yang baik akibat oksidasi leburan besi yang mencapai titik didih. Jadi ketika dijadikan bahan utama sebuah konstruksi bangunan, galvanis dapat meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik.

2. Tahan lama hingga 50 tahun di daerah perkotaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lapisan zinc pada besi membuat material cenderung tahan lama bahkan hingga 50 tahun di daerah perkotaan. Hal tersebut tentu saja tergantung dari kualitas galvanis dan di mana besi diletakkan. Umur besi galvanis bahkan bisa tahan lebih lama jika dipakai di daerah pedesaan yang tingkat polusinya cenderung rendah.

3. Dapat digunakan untuk beraneka ragam jenis konstruksi

Sifat besi yang mudah dilebur dan dibentuk membuat besi galvanis dapat digunakan untuk berbagai jenis konstruksi. Inilah mengapa, Anda bisa melihat penggunaan besi galvanis mulai dari atap rumah, penopang gedung, pondasi bangunan, hingga konstruksi bawah tanah.

4. Cenderung cepat panas apabila terpapar sinar matahari

Selain penghantar listrik yang baik, sifat besi adalah mudah panas. Jadi jangan heran apabila rumah yang atapnya memanfaatkan besi galvanis hawanya lebih hangat saat siang hari dibanding rumah yang menggunakan material kayu. Untuk meminimalisasi dampak semacam ini, Anda bisa menggunakan plafon dari material yang mudah menyerap panas sehingga hunian tetap nyaman ditinggali.

Di atas merupakan beberapa karakteristik yang membuat besi galvanis lebih populer dibanding bahan atau material lain. Di zaman modern seperti sekarang pertanyaan “apa itu besi galvanis” sudah tidak terlalu relevan, sebab metode galvanisasi tidak hanya berlaku pada besi tetapi material konstruksi lainnya seperti pipa.

Keunggulan Besi Galvanis

Besi galvanis memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:

  1. Tahan karat: Besi galvanis dilapisi dengan lapisan seng yang melindungi besi dari korosi dan karat, sehingga lebih tahan lama dan awet.

  2. Kuat dan tahan banting: Besi galvanis memiliki kekuatan yang tinggi dan daya tahan terhadap benturan. Selain itu, besi galvanis juga tahan terhadap tekanan dan beban berat.

  3. Harga terjangkau: Harga besi galvanis relatif terjangkau dibandingkan dengan bahan konstruksi lainnya.

  4. Pemasangan Mudah: Besi galvanis relatif mudah dipasang. Kemampuannya untuk melawan korosi juga dapat meningkatkan masa pakai struktur atau produk tempat besi galvanis digunakan.

  5. Pelindung kabel: Besi galvanis sering digunakan sebagai pelindung kabel karena ketahanannya terhadap korosi dan karat.

  6. Estetika: Tampilan lapisan seng pada besi galvanis dapat memberikan estetika yang menarik. Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting terutama jika besi galvanis digunakan dalam konstruksi atau proyek-proyek arsitektur yang memperhatikan aspek visual.

  7. Aplikasi yang Beragam: Besi galvanis dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari konstruksi bangunan hingga pembuatan pagar, rangka kendaraan, tiang listrik, hingga barang-barang konsumen seperti drum minyak, tangki air, dan lainnya.

Baca juga: Ukuran Pipa Galvanis yang Umum Digunakan pada Konstruksi

Jenis-Jenis Metode Galvanisasi

Galvanisasi adalah proses pelapisan logam dengan lapisan seng pelindung untuk menghindari karat. Ada tiga metode dalam proses galvanisasi yang umum digunakan, yaitu:

1. Hot-Dip Galvanizing (HDG)

Proses ini dilakukan dengan cara merendam logam dasar ke dalam kolam seng. Sebelum dilakukan, logam dasar harus dibersihkan terlebih dahulu agar logam dasar dan lapiisan seng dapat menyatu dengan sempurna.

Selama prosesnya, logam dasar akan melapisi cairan seng sepenuhnya, yang akan menghasilkan lapisan seng yang seragam.

2. Pra-Galvanisasi

Metode yang kedua melibatkan penggunaan lapisan zinkalum sebagai pelapis untuk besi atau baja.

Proses ini melibatkan beberapa tahapan, seperti pempersiapan bahan, pengendapan, dan penyulingan biji-bijian seng.

3. Elektro-Galvanisasi

Metode yang terakhir menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam.

Proses ini melibatkan pengurangan ion-ion seng yang bermuatan positif menjadi logam seng, kemudian logam seng diendapkan pada material bermuatan positif. Elektro-galvanisasi juga diterapkan pada gulungan lembaran logam

Material Galvanis di Klopmart

Hampir di setiap toko bahan bangunan, bahan yang dibuat dengan metode galvanisasi tersedia untuk berbagai jenis konstruksi, termasuk di Klopmart. Mulai dari besi, scaffolding, tangga, railing, pipa, pug, hingga baut yang di-finishing menggunakan metode galvanisasi tersedia di sini.

Harganya pun beragam dan memiliki fungsi masing-masing. Banyaknya ragam pilihan membuktikan bahwa produk hasil galvanisasi begitu diminati apalagi besi galvanis. Selain lebih tahan lama, besi tersebut cenderung fleksibel sehingga bisa dibentuk menjadi berbagai jenis konstruksi seperti atap, kanopi, siku, hingga frame pintu atau jendela.

Klopmart menyediakan besi galvanis hadir dalam 2 varian yaitu NS dan UNP. Keduanya merupakan bahan utama pembuatan bangunan yang membutuhkan konstruksi kokoh sekaligus tahan lama.

Dapatkan segera berbagai bahan material galvanis lainnya di Klopmart.

Sumber rujukan:

  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/kelebihan-besi-galvanis

  • https://www.gramedia.com/best-seller/galvanis/

  • https://teknoscaff.com/articles/besi-galvanis-pengertian-jenis-keunggulan-dan-ukurannya/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya