Desain Rak Bawah Tangga Terpopuler

Membuat rak bawah tangga agar penataan ruang lebih optimal, mengapa tidak? Area bawah tangga sering dianggap sebagai sudut mati yang tidak bisa diapa-apakan lagi. Justru sebaliknya, area bawah tangga sebenarnya bisa disulap menjadi area yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menjadikan area bawah tangga sebagai rak atau tempat penyimpanan. Sebagai inspirasi, berikut tujuh desain rak bawah tangga yang bisa Anda contoh.

7 Desain Rak / Lemari Bawah Tangga

Sebagai inspirasi, berikut tujuh desain rak bawah tangga versi klopmart yang bisa Anda contoh.

1. Rak untuk sepatu

Ide pertama adalah menjadikan area bawah tangga sebagai rak untuk sepatu. Jika Anda memerlukan ruang tambahan untuk menyimpan sepatu, cara ini bisa diikuti. Buatlah rak dengan rak besi siku dan rel laci yang dapat ditarik dan didorong masuk.

Desain seperti ini akan memudahkan Anda untuk menyimpan dan mengambil sepatu. Dengan lebar tangga 90-100 cm, Anda bisa membuat rak sepatu dengan lima tingkat yang masing-masing tingkatnya dapat memuat dua hingga tiga pasang sepatu atau alas kaki lainnya.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

2. Rak baju yang praktis

Selain rak untuk sepatu, Anda juga bisa membuat rak baju yang praktis di bawah tangga. Desainnya serupa dengan rak sepatu, tapi khusus untuk rak ini, tidak perlu dibuat sekat-sekat pembatas tingkat. Sebagai gantinya, tambahkan gantungan hanger pada bagian atas rak. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan beberapa pakaian.

Rak bawah tangga model ini cocok untuk menyimpan pakaian yang sering digunakan bepergian, seperti jaket atau mantel, terlebih jika letak tangga memang dekat dengan pintu utama rumah. Anda juga bisa menambahkan ruang penyimpanan kecil di bagian bawah rak baju untuk menyimpan aksesoris seperti topi. 

3. Rak untuk menyimpan pajangan

Jika dua rak bawah tangga sebelumnya memiliki desain cenderung tertutup, kali ini ada desain rak yang terbuka. Fungsinya adalah untuk menyimpan barang pajangan seperti souvenir atau patung. Bahkan dapat Anda jadikan tempat menaruh tanaman di dalam pot dan juga tanaman gantung.

Rak model ini cocok bagi Anda yang punya banyak barang koleksi. Untuk mempercantik tampilan rak pajangan ini, Anda dapat menambahkan lampu berwarna kuning. Bisa juga menggunakan bahan kaca sebagai sekat rak.

Baca juga: 4 Cara Pasang Keramik Tangga di Rumah

4. Rak untuk menyimpan keperluan dapur

Dapur Anda terasa penuh dengan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya? Sulap area bawah tangga sebagai rak penyimpanan. Untuk rak model ini, Anda bisa menggunakan desain rak yang tertutup agar bahan makanan tetap aman. Buat laci-laci penyimpanan dengan beragam ukuran. Bagian bawah berukuran besar dan semakin ke atas semakin kecil agar ruang penyimpanan tetap maksimal. Untuk rak dapur perlu diingat juga keperluan cara membersihkan dapur kotor karena rak seringkali susah dijangkau untuk membersihkannya.

5. Rak buku 

Nah, bagi Anda yang suka baca dan punya banyak koleksi buku, area bawah tangga juga bisa diubah menjadi rak buku yang cantik. Sama seperti rak pajangan, rak untuk buku juga memiliki desain yang terbuka. Bagilah rak bawah tangga Anda menjadi beberapa tingkat yang kemudian disekat dengan papan kayu. Tidak harus menggunakan keseluruhan area bawah tangga, Anda bisa menggunakan separuhnya saja.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan rak buku bawah tangga ini dengan sebuah meja kerja. Material meja bisa menyesuaikan dengan material tangga untuk memberikan kesan yang selaras. 

6. Rak untuk peralatan makan

Jika tangga di rumah Anda dekat dengan ruang makan dan dapur, manfaatkanlah space tersebut sebagai rak untuk menyimpan peralatan makan. Untuk desain rak peralatan makan, Anda bisa mengikuti bentuk rak baju atau rak sepatu. Namun, perlu diingat, jangan lupa menambah jumlah ambalan agar ruang penyimpanan lebih maksimal. Sebagai tambahan, beri laci kecil di bagian samping rak. Fungsinya untuk menyimpan peralatan makan berukuran kecil seperti sendok, garpu, maupun tutup gelas.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat

7. Rak mainan anak

Langit-langit bawah tangga memiliki ketinggian yang cocok untuk anak kecil. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk area bermain anak di rumah. Jika ukurannya kecil, Anda bisa menjadikan area tersebut sebagai rak penyimpanan mainan anak.

Buat rak bawah tangga yang mudah dijangkau agar anak dapat menyimpan dan mengambil sendiri mainannya. Untuk rak mainan ini, jangan lupa memasang lampu sehingga anak mudah menemukan mainan.

Ternyata ada banyak sekali desain rak bawah tangga untuk memanfaatkan area yang sering dianggap sebagai sudut mati. Selain tujuh desain di atas, Anda juga bisa melakukan kombinasi, misalnya rak baju dengan rak sepatu. Jangan lupa juga untuk menambahkan lampu agar kesan gelap dari bawah tangga tidak terasa. Dapatkan lampu yang cocok untuk bawah tangga Anda hanya di KlopMart

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya