Konstruksi

4 Cara Pasang Keramik Tangga di Rumah dengan Benar

Media
29 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Membangun hunian bertingkat berarti harus memahami cara pasang keramik tangga dengan tepat. Tangga adalah konstruksi yang cukup kompleks, jadi pemasangan keramik atau material lainnya tidak sesederhana di lantai. Ukuran keramik yang belum tentu sama dengan pijakan tangga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan.

Memasang Keramik Tangga adalah Pilihan Populer

Keramik menjadi salah satu material pilihan yang populer untuk diaplikasikan di tangga. Pilihan motifnya membuat tampilan tangga menjadi lebih indah. Tidak hanya cantik di luar, keramik juga merupakan material yang kuat saat dipijak jadi tidak akan retak. Umur keramik juga lebih lama, yaitu berkisar 10-20 tahun.

Rumah bertingkat semakin menjadi pilihan tempat tinggal idaman di beberapa kota di Indonesia. Pemilik rumah dengan lahan sempit pun lebih memilih renovasi rumah secara vertikal, yakni menambahkan tangga sebagai fitur interiornya. Bahkan tidak hanya interior, tangga juga menjadi eksterior rumah yang sering ditemukan, baik di halaman depan maupun belakang.

Baca juga: Perbedaan Ubin dan Keramik yang Jarang Diketahui

Setelah tangga selesai dibangun sesuai dengan ukuran yang tepat, langkah berikutnya adalah menambah dekorasi di area tangga. Keramik menjadi salah satu material pilihan yang sering diaplikasikan pada fitur rumah ini, baik di interior maupun eksterior. Asalkan dijaga agar tetap kering dan bersih, tangga akan semakin mengkilap saat dilihat dan nyaman saat dilewati.

Klopmart akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya pasang keramik di tangga supaya tahan lama, mudah dirawat dan memberikan kesan estetika yang menawan. Oleh karena itu untuk memasang keramik di tangga, Anda perlu memerhatikan beberapa hal supaya proses pasang keramik dapat diselesaikan secara profesional.

Alat dan Bahan untuk Pasang Keramik Tangga

Alat

  • Palu Karet
  • Gergaji Keramik
  • Ember
  • Kacamata Pelindung
  • Sarung Tangan

Catatan: Menggunakan alat pelindung diri seperti kacamata dan sarung tangan dalam pemasangan keramik di anak tangga, di lantai, di dinding, dll adalah pilihan cerdas. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!


Bahan

  • Kermik khusus untuk tangga (keramik tangga)
  • Air
  • Perekat keramik yang kuat seperti AM 42

Baca juga: Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai pada Bangunan

5 Langkah Mudah Cara Pasang Keramik Tangga

Mudah saja sebenarnya memasang keramik di tangga, tidak jauh berbeda seperti pemasangan keramik lantai atau dinding, hanya saja diperlukan kehati-hatian. Anda hanya perlu pasang keramik tangga satu per satu. Belum lagi jika memilih keramik yang lebih besar daripada pijakan tangga, Anda juga harus memotongnya dengan tepat. Oleh karena itu, perhatikan dengan betul kualitas keramik ketika membeli.

Selain itu, sebelum memasang keramik di tangga, alangkah baiknya Anda harus memastikan jika campuran semen yang terpasang di tangga sudah rata. Semen tangga yang kurang rata bisa membuat keramik tidak akan menempel dengan sempurna. Jika ada semen yang kurang rapi, cobalah ratakan dulu sebelum memulai proses pemasangan ubin.

Langsung saja, Klopmart akan memberikan tips lengkap mengenai cara pasang keramik tangga di rumah.

1. Tentukan Titik Awal

Langkah awal dalam proses pemasangan keramik tangga yaitu menentukan terlebih dahulu di mana titik awal pemasangan keramik. Hal ini perlu diperhatikan karena akan berdampak pada kerapian pola keramik tangga.

Untungnya, Klopmart telah membuat panduan dalam menentukan titik awal pemasangan keramik dinding, lantai dan tangga. Selengkapnya dapat di lihat di sini ya!

2. Potong Keramik

Anda pasti sudah memiliki informasi ukuran tangga secara detail, termasuk cara menghitung anak tangga. Hitung pula ukuran bordesnya jika ada.

Pemasangan keramik yang tepat sebaiknya dimulai dari bagian paling atas tangga. Jadi, potonglah bagian keramik agar cocok dengan lebar dan tinggi anak tangga tertinggi. Pemotongan keramiknya jangan terlalu pas, sisakan beberapa mm sebagai nat keramik di tangga agar tetap terlihat estetik.

3. Tempelkan Perekat Keramik

Setelah keramik dipotong sesuai dengan ukurannya, cara pasang keramik tangga berikutnya adalah menempelkan perekat keramik. Pilihlah perekat keramik yang kuat seperti AM 42 agar tidak mudah retak. 

Bahan dasar AM 42 terbuat dari semen, jadi praktis digunakan karena cukup dicampur dengan air. Ubin pun merekat sempurna dan tidak mudah retak saat dipijak dengan perekat ini.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan sekop berlekuk yang sering dipakai untuk melapis semen. Pegang sekop dengan tepat dan mulailah melapisi perekat keramik di atasnya.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Lantai Keramik Menggelembung

4. Pasang Keramik ke Posisinya

Cara pasang keramik tangga berikutnya adalah menempatkan keramik di posisinya. Keramik yang telah diaplikasikan perekat semen sudah bisa ditempatkan di posisinya. Selalu ingat, pasang keramik dengan memberi jarak beberapa mm antar sisinya agar terbentuk nat yang sempurna. Agar lebih menempel, gunakan palu karet untuk mengetuk keramik tersebut.


5. Ulangi Prosesnya hingga Selesai

Proses memasang keramik dimulai dari posisi teratas hingga bawah. Pastikan ukurannya tetap sejajar satu sama lain, kecuali di bagian bordes. Anda juga bisa menambahkan keramik kecil di lekukan anak tangganya sebagai dekorasi.

Proses ini tidaklah sederhana dan memerlukan kehati-hatian yang tinggi. Keramik tangga merupakan pilihan populer karena selain memberikan tampilan estetika yang menawan, juga memiliki kekuatan yang cukup untuk digunakan dalam waktu yang lama. Seiring dengan meningkatnya popularitas rumah bertingkat, pemilik rumah semakin memperhatikan pentingnya tangga sebagai bagian integral dari desain interior maupun eksterior.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pasang keramik tangga memerlukan perhatian khusus terutama dalam memastikan kesesuaian ukuran keramik dengan pijakan tangga serta perawatan agar tetap kering dan bersih. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menggunakan alat serta bahan yang sesuai, pasang keramik tangga dapat dilakukan secara profesional dan memberikan hasil yang memuaskan.

Memasang keramik tangga sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Selama Anda memiliki peralatan, seperti perekat keramik, dan mengetahui langkahnya, Anda dapat melakuannya sendiri.

Baca juga: Keunggulan menggunakan Panel Lantai Beton Cetakan

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya