7 Cara Mencegah Lemari Berjamur dengan Mudah

Punya lemari berbahan kayu di rumah? Hati-hati, material kayu cenderung lebih rentan ditumbuhi jamur. Jika tidak dirawat atau diperlakukan dengan baik, bisa-bisa jamur tumbuh di dalam lemari tanpa Anda sadari.

Penasaran seperti apa cara efektif untuk menjaga lemari Anda tetap bersih dan bebas jamur? Temukan solusi praktis dalam artikel ini tentang cara mencegah lemari berjamur dengan langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Simak tips lengkapnya dan nikmati lemari yang selalu segar!

promosi klopmart

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur

Apa Penyebab Lemari Berjamur?

Sebelum membahas cara mengatasi lemari berjamur, ada baik Anda juga mengerti apa yang menyebabkan jamur tumbuh di lemari agar lebih mudah dalam mencegahnya di kemudian hari.

Berikut ini penyebab lemari berjamur yang perlu Anda ketahui:

1. Terlalu Lama Meletakkan Pakaian dalam Lemari

Ada beberapa penyebab lemari berjamur salah satunya adalah karena terlalu lama menyimpan pakaian dalam lemari. Karena pakaian tidak mendapatkan udara dan sinar matahari yang menyebabkan pertumbuhan jamur pada lemari dan pakaian.

2. Pakaian yang Belum Kering

Terlalu lama meletakkan pakaian dalam lemari bukan penyebab lemari yang berjamur. Penyebab yang sangat genting melainkan karena pakaian yang belum kering. Karena pakaian sesudah dicuci perlu sinar matahari untuk membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang menempel di pakaian.

3. Kondisi Lemari yang Lembap

Salah satu penyebab lemari berjamur lainnya adalah kondisi lemari yang lembap. Lemari lembap disebabkan karena ruangan lemari pakaian yang sangat kecil dan tertutup yang menyebabkan kurangnya sirkulasi udara didalam lemari.

Nah, Anda sekarang telah mengetahui apa saja yang menyebabkan lemari pakaian berjamur. Oleh karena itu Kami akan memberi langkah-langkah cara untuk mencegahnya.

Baca juga: 12 Jenis-Jenis Lemari Terbaik untuk Hunian Idaman Anda

Cara Mencegah Lemari Berjamur

Adapun cara untuk mencegah pertumbuhan jamur yang mudah untuk Anda terapkan, yaitu:

1. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian adalah memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar.

Penting untuk diketahui bahwa jamur dapat tumbuh dengan lebih cepat di ruangan dengan tingkat kelembapan tertentu. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengusir hawa lembab di area tempat berdirinya lemari. Cara terbaiknya adalah dengan membuka jendela agar angin bisa masuk sehingga sirkulasi udara pun berjalan baik.

Selain itu, sinar matahari juga akan masuk dan memberikan efek segar di ruangan Anda. Jadi, jangan lupa membuka jendela saat pagi hingga sore hari. Anda bisa sekalian menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu ruangan.

2. Pasang Lampu Neon

Namun, bagaimana jika di ruangan tersebut tidak ada jendela sehingga kurang memungkinkan sinar matahari untuk masuk? Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mencegah lemari berjamur dengan mengakalinya menggunakan lampu neon.

Ya, salah satu penyebab ruangan lembab adalah kurangnya pencahayaan. Dengan memasang lampu neon di ruangan tempat lemari berada, Anda bisa meminimalisir risiko tumbuhnya jamur pada lemari.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru dengan Efektif

3. Perhatikan Peletakan Lemari

Bagaimana Anda selama ini menempatkan lemari? Ternyata peletakan yang kurang tepat juga bisa membuat jamur tumbuh di dalamnya. Sebaiknya jangan meletakkan lemari terlalu dekat atau menempel dengan dingin. Ketika musim hujan, dinding biasanya menjadi dingin dan lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur. Berikan sedikit jarak antara sisi-sisi lemari dan dinding.

4. Melapisi Permukaan Lemari dengan Alas Khusus

Selain itu, akan lebih baik pula jika Anda melapisi bagian dalam lemari dengan plastik atau koran agar kayu lemari tidak langsung bersentuhan dengan hal-hal yang berpotensi menyebabkan jamur. Contohnya seperti makanan atau cairan. Rutinlah mengganti alas tersebut, misalnya dua minggu sekali, untuk menghindari tumbuhnya jamur di dalam lemari.

5. Meletakkan Kamper di dalam Lemari Pakaian

Salah satu pencegahan lemari berjamur adalah dengan meletakkan kamper di dalam lemari. Bukan hanya untuk mencegah pertumbuhan jamur, kamper juga memiliki wangi yang mengharumkan bagian dalam lemari.

6. Menggunakan Penyerap Lembab

Apakah lemari pakaian Anda lembap dan ditumbuhi jamur? Dengan cara meletakkan penyerap lembap atau disebut Dehumidifier maka lemari Anda terbebas dari jamur yang menempel pada dinding-dinding lemari pakaian.

7. Lapisi dengan Melamin atau Pernis

Sebetulnya saat Anda membeli lemari kayu, idealnya bagian permukaan lemari telah dilapisi dengan melamin atau pernis sebagai finishing. Namun, terkadang jamur masih saja tumbuh.

Jika hal ini terjadi, Anda bisa membersihkan jamur dengan kain kering terlebih dulu. Kemudian, lapisi setiap sisi lemari Anda dengan melamin atau pernis. Dengan begitu, jamur akan mati sekaligus mencegahnya untuk tumbuh kembali.

Baca juga: Cara Merawat Lemari Kayu Jati yang Baik dan Benar

Cara Mengatasi Lemari Berjamur

Setelah mengetahui cara mencegah jamur di lemari, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jamur apabila lemari Anda telah berjamur.

1. Menggunakan Cuka Putih

Cara pertama untuk menghilangkan jamur di lemari adalah menggunakan Cuka Putih. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka putih dan air putih kemudian diaplikasikan di bagian jamur terkecil setelah itu tunggu sampai mengering dan bilas dengan air dingin.

2. Jeruk Nipis dan Garam

Berikutnya, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis dan garam. Caranya adalah larutan jeruk nipis dan garam. Kemudian, gunakan sikat gigi bekas dan celupkan ke larutan jeruk nipis dan garam. Langkah terakhir yaitu menggosok permukaan lemari yang berjamur.

3. Olesi Alkohol dengan Kadar 70%

Selain sebagai pelarut atau antiseptik, alkohol ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi lemari berjamur. Gunakan alkohol dengan kadar 70% sampai 80% dan tuangkan secukupnya pada kain kering dan bersih.

Setelah itu, lap semua permukaan lemari, terutama bagian dalamnya. Diamkan lemari dengan posisi pintu terbuka hingga kondisi permukaan kembali kering dan bau alkohol memudar.

Baru setelah itu Anda bisa memasukkan kembali pakaian atau barang lain ke lemari. Kalau perlu, letakkan pewangi atau kapur barus di dalam lemari agar aromanya wangi.

perlengkapan cat klopmart

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi lemari berjamur? Anda dapat menggunakan jeruk jipis dan garam atau pernis. Kabar baiknya, Anda dapat menemukan pernis berkualitas dengan mudah di Klopmart. Ketahui harga pernis kayu bersama Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya