Atap & Lantai

10 Cara Mencegah Lemari Berjamur dengan Mudah

Media
10 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Punya lemari berbahan kayu di rumah? Hati-hati, material kayu cenderung lebih rentan ditumbuhi jamur. Jika tidak dirawat atau diperlakukan dengan baik, bisa-bisa jamur tumbuh di dalam lemari tanpa Anda sadari.

Tentunya hal ini dapat mencemari barang-barang yang tersimpan di dalamnya, baik itu pakaian, makanan, atau perabotan. Tidak mau hal ini terjadi, kan? Jangan panik, Anda bisa segera menerapkan cara-cara mencegah lemari berjamur di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur

Apa Penyebab Lemari Berjamur?

Penyebab Lemari Berjamur

Sebelum membahas cara mencegah lemari berjamur, ada baik Anda juga mengerti apa yang menyebabkan jamur tumbuh di lemari agar lebih mudah dalam mencegahnya di kemudian hari.

Berikut ini penyebab lemari berjamur yang perlu Anda ketahui:

1. Terlalu Lama Meletakkan Pakaian dalam Lemari

Ada beberapa penyebab lemari berjamur salah satunya adalah karena terlalu lama menyimpan pakaian dalam lemari. Karena pakaian tidak mendapatkan udara dan sinar matahari yang menyebabkan pertumbuhan jamur pada lemari dan pakaian.

2. Pakaian yang Belum Kering

Terlalu lama meletakkan pakaian dalam lemari bukan penyebab lemari yang berjamur. Penyebab yang sangat genting melainkan karena pakaian yang belum kering. Karena pakaian sesudah dicuci perlu sinar matahari untuk membunuh kuman, bakteri, dan jamur yang menempel di pakaian.

3. Kondisi Lemari yang Lembap

Salah satu penyebab lemari berjamur lainnya adalah kondisi lemari yang lembap. Lemari lembap disebabkan karena ruangan lemari pakaian yang sangat kecil dan tertutup yang menyebabkan kurangnya sirkulasi udara didalam lemari.

Nah, Anda sekarang telah mengetahui apa saja yang menyebabkan lemari pakaian berjamur. Oleh karena itu Kami akan memberi langkah-langkah cara untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Jamur di Lemari

cara mencegah jamur di lemari

Adapun cara untuk mencegah pertumbuhan jamur yang mudah untuk Anda terapkan, yaitu:

1. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian adalah memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar.

Penting untuk diketahui bahwa jamur dapat tumbuh dengan lebih cepat di udara yang lembab. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengusir hawa lembab di area tempat berdirinya lemari. Cara terbaiknya adalah dengan membuka jendela agar angin bisa masuk sehingga sirkulasi udara pun berjalan baik.

Selain itu, sinar matahari juga akan masuk dan memberikan efek segar di ruangan Anda. Jadi, jangan lupa membuka jendela saat pagi hingga sore hari. Anda bisa sekalian menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu ruangan.

2. Pasang Lampu Neon

Pasang Lampu Neon

Namun, bagaimana jika di ruangan tersebut tidak ada jendela sehingga kurang memungkinkan sinar matahari untuk masuk? Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mencegah lemari berjamur dengan mengakalinya menggunakan lampu neon.

Ya, salah satu penyebab ruangan lembab adalah kurangnya pencahayaan. Dengan memasang lampu neon di ruangan tempat lemari berada, Anda bisa meminimalisir risiko tumbuhnya jamur pada lemari.

3. Olesi Lemari dengan Alkohol

Olesi Lemari dengan Alkohol

Selain sebagai pelarut atau antiseptik, alkohol ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mencegah lemari berjamur. Gunakan alkohol dengan kadar 70% sampai 80% dan tuangkan secukupnya pada kain kering dan bersih.

Setelah itu, lap semua permukaan lemari, terutama bagian dalamnya. Diamkan lemari dengan posisi pintu terbuka hingga kondisi permukaan kembali kering dan bau alkohol memudar. Baru setelah itu Anda bisa memasukkan kembali pakaian atau barang lain ke lemari. Kalau perlu, letakkan pewangi atau kamper di dalam lemari agar aromanya wangi.

4. Perhatikan Peletakan Lemari

Perhatikan Peletakan Lemari

Bagaimana Anda selama ini menempatkan lemari? Ternyata peletakan yang kurang tepat juga bisa membuat jamur tumbuh di dalamnya. Sebagai cara mencegah lemari berjamur, sebaiknya jangan meletakkan lemari terlalu dekat atau menempel dengan dingin. Ketika musim hujan, dinding biasanya menjadi dingin dan lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur. Berikan sedikit jarak antara sisi-sisi lemari dan dinding.

5. Melapisi Permukaan Lemari dengan Alas Khusus

Melapisi permukaan lemari dengan alat khusus

Selain itu, akan lebih baik pula jika Anda melapisi bagian dalam lemari dengan plastik atau koran agar kayu lemari tidak langsung bersentuhan dengan hal-hal yang berpotensi menyebabkan jamur. Contohnya seperti makanan atau cairan. Rutinlah mengganti alas tersebut, misalnya dua minggu sekali, untuk menghindari tumbuhnya jamur di dalam lemari.

Jamur dalam lemari memang merupakan masalah yang umum dihadapi banyak orang. Namun, bukan berarti Anda harus mendiamkannya. Lakukan cara-cara mencegah lemari berjamur yang sudah disebutkan di atas. Jangan sampai Anda tidak sadar ada jamur tumbuh di dalam lemari hingga merusak barang-barang yang tersimpan di dalamnya.

6. Meletakkan Kamper di Dalam Lemari Pakaian

Meletakkan Kamper di Dalam Lemari Pakaian

Salah satu pencegahan lemari berjamur adalah dengan meletakkan kamper di dalam lemari. Bukan hanya untuk mencegah pertumbuhan jamur, kamper juga memiliki wangi yang mengharumkan bagian dalam lemari.

7. Jeruk Nipis dan Garam

Jeruk Nipis dan Garam

Untuk mencegah lemari berjamur Anda dapat menggunakan jeruk nipis dan garam. Caranya adalah larutan jeruk nipis dan garam. Kemudian, gunakan sikat gigi bekas dan celupkan ke larutan jeruk nipis dan garam. Langkah terakhir yaitu menggosok permukaan lemari yang berjamur.

8. Menggunakan Cuka Putih

Menggunakan Cuka Putih

Ada juga yang menggunakan Cuka Putih untuk menghilangkan jamur di lemari. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka putih dan air putih kemudian diaplikasikan di bagian jamur terkecil setelah itu tunggu sampai mengering dan bilas dengan air dingin.

9. Menggunakan Penyerap Lembab

Menggunakan Penyerap Lembab

Apakah lemari pakaian Anda lembap dan ditumbuhi jamur? Dengan cara meletakkan penyerap lembap atau disebut Dehumidifier maka lemari Anda terbebas dari jamur yang menempel pada dinding-dinding lemari pakaian.

10. Lapisi dengan Melamin atau Pernis

Menggunakan Melamin atau pernis

Sebetulnya saat Anda membeli lemari kayu, idealnya bagian permukaan lemari telah dilapisi dengan melamin atau pernis sebagai finishing. Namun, terkadang jamur masih saja tumbuh.

Jika hal ini terjadi, Anda bisa membersihkan jamur dengan kain kering terlebih dulu. Kemudian, lapisi setiap sisi lemari Anda dengan melamin atau pernis. Dengan begitu, jamur akan mati sekaligus mencegahnya untuk tumbuh kembali.

Jadi, sudah tahu kan cara mengatasi lemari berjamur? Anda dapat menggunakan jeruk jipis dan garam atau pernis. Kabar baiknya, Anda dapat menemukan pernis berkualitas dengan mudah di Klopmart. Ketahui harga pernis kayu bersama Klopmart.

Sumber artikel:

  • https://www.orami.co.id/magazine/amp/cara-menghilangkan-jamur-di-lemari
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengatasi-lemari-berjamur/
  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/4927200/5-penyebab-baju-berjamur-dan-bau-apek-yang-jarang-disadari#:~:text=Mungkin%20kamu%20tidak%20menyadarinya%2C%20namun,jendela%20agar%20mendapat%20sinar%20matahari.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya