6 Cara Mencegah Lemari Berjamur

Punya lemari berbahan kayu di rumah? Hati-hati, material kayu cenderung lebih rentan ditumbuhi jamur. Jika tidak dirawat atau diperlakukan dengan baik, bisa-bisa jamur tumbuh di dalam lemari tanpa Anda sadari. Tentunya hal ini dapat mencemari barang-barang yang tersimpan di dalamnya, baik itu pakaian, makanan, atau perabotan. Tidak mau hal ini terjadi, kan? Jangan panik, Anda bisa segera menerapkan cara-cara mencegah lemari berjamur di bawah ini.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur

Pastikan sirkulasi udara lancar

Penting untuk diketahui bahwa jamur dapat tumbuh dengan lebih cepat di udara yang lembab. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengusir hawa lembab di area tempat berdirinya lemari. Cara terbaiknya adalah dengan membuka jendela agar angin bisa masuk sehingga sirkulasi udara pun berjalan baik. Selain itu, sinar matahari juga akan masuk dan memberikan efek segar di ruangan Anda. Jadi, jangan lupa membuka jendela saat pagi hingga sore hari. Anda bisa sekalian menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu ruangan.

Pasang lampu neon

Namun, bagaimana jika di ruangan tersebut tidak ada jendela sehingga kurang memungkinkan sinar matahari untuk masuk? Tidak perlu khawatir, Anda masih bisa mencegah lemari berjamur dengan mengakalinya menggunakan lampu neon. Ya, salah satu penyebab ruangan lembab adalah kurangnya pencahayaan. Dengan memasang lampu neon di ruangan tempat lemari berada, Anda bisa meminimalisir risiko tumbuhnya jamur pada lemari.

Olesi lemari dengan alkohol

Selain sebagai pelarut atau antiseptik, alkohol ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mencegah lemari berjamur. Gunakan alkohol dengan kadar 70% sampai 80% dan tuangkan secukupnya pada kain kering dan bersih. Setelah itu, lap semua permukaan lemari, terutama bagian dalamnya. Diamkan lemari dengan posisi pintu terbuka hingga kondisi permukaan kembali kering dan bau alkohol memudar. Baru setelah itu Anda bisa memasukkan kembali pakaian atau barang lain ke lemari. Kalau perlu, letakkan pewangi atau kamper di dalam lemari agar aromanya wangi.

Lapisi dengan melamin atau pernis

Sebetulnya saat Anda membeli lemari kayu, idealnya bagian permukaan lemari telah dilapisi dengan melamin atau pernis sebagai finishing. Namun, terkadang jamur masih saja tumbuh. Jika hal ini terjadi, Anda bisa membersihkan jamur dengan kain kering terlebih dulu. Kemudian, lapisi setiap sisi lemari Anda dengan melamin atau pernis. Dengan begitu, jamur akan mati sekaligus mencegahnya untuk tumbuh kembali.

Perhatikan peletakan lemari

Bagaimana Anda selama ini menempatkan lemari? Ternyata peletakan yang kurang tepat juga bisa membuat jamur tumbuh di dalamnya. Sebagai cara mencegah lemari berjamur, sebaiknya jangan meletakkan lemari terlalu dekat atau menempel dengan dingin. Ketika musim hujan, dinding biasanya menjadi dingin dan lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur. Berikan sedikit jarak antara sisi-sisi lemari dan dinding.

Melapisi permukaan lemari dengan alas khusus

Selain itu, akan lebih baik pula jika Anda melapisi bagian dalam lemari dengan plastik atau koran agar kayu lemari tidak langsung bersentuhan dengan hal-hal yang berpotensi menyebabkan jamur. Contohnya seperti makanan atau cairan. Rutinlah mengganti alas tersebut, misalnya dua minggu sekali, untuk menghindari tumbuhnya jamur di dalam lemari.

Jamur dalam lemari memang merupakan masalah yang umum dihadapi banyak orang. Namun, bukan berarti Anda harus mendiamkannya. Lakukan cara-cara mencegah lemari berjamur yang sudah disebutkan di atas. Jangan sampai Anda tidak sadar ada jamur tumbuh di dalam lemari hingga merusak barang-barang yang tersimpan di dalamnya.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
10 Jul 2020

Related Article