12 Jenis-Jenis Lemari Terbaik untuk Hunian Idaman Anda

Mengetahui jenis-jenis lemari dapat membantu Anda menentukan mana yang tepat sesuai kebutuhan. Apabila sebelumnya lemari identik dengan bentuk monoton dari kayu dan diletakkan di sudut ruangan, kini sudah berbeda. Banyak sekali jenis lemari yang marak di custom sesuai dengan kondisi kamar. Seperti lemari yang berukuran besar tapi tidak memakan tempat, menyediakan cermin, dan lain sebagainya.

promo klopmart


Lemari dalam kamar sendiri biasanya berfungsi untuk menata pakaian. Namun, ternyata lemari juga bisa dimanfaatkan untuk menempatkan tas, sepatu atau barang lainnya juga. Jenis lemari yang dipilih bisa disesuaikan nih, apakah khusus untuk menempatkan pakaian saja atau bermacam-macam barang.

Jenis-Jenis Lemari untuk Hunian Terbaik

Ketika baru selesai membangun hunian baru atau ingin melakukan renovasi ruangan, lemari menjadi barang yang penting untuk diperhatikan. Selain tentunya fungsional, jenis lemari juga dapat mendukung nilai estetika loh. Wah, lalu jenis lemari apa nih yang akan Anda pilih? Yuk simak jenis-jenis lemari yang perlu Anda ketahui di sini.

1. Lemari Kayu


Jenis lemari yang pertama adalah tipe klasik yaitu lemari kayu. Apapun nuansa kamar Anda, jenis lemari ini akan cocok-cocok saja. Hal ini tentunya karena lemari kayu tidak selalu berwarna cokelat loh, ada juga putih, hitam bahkan krem. Jenis lemari ini merupakan yang paling umum digunakan di setiap hunian.


Baca juga: 10 Cara Mencegah Lemari Berjamur dengan Mudah

2. Lemari Tanpa Pintu


Ingin memajang pakaian dan barang-barang dalam lemari di ruang ganti? Jenis lemari tanpa pintu ini mungkin cocok untuk Anda. Biasanya bentuk dari lemari ini memiliki ruang yang berbeda-beda agar memudahkan penempatan barang. Mudah untuk menggantung pakaian, menata tas dan juga sepatu, gampang pula untuk dilihat-lihat nih.


Selain alasan estetika, lemari tanpa pintu biasanya juga dapat menjadi pilihan untuk kamar yang super lembab. Lemari ini tidak membatasi hawa yang menyentuh pakaian dan barang-barang Anda, sehingga dijamin minim resiko jamuran. Namun tentunya, Anda juga perlu rajin-rajin membersihkan jenis lemari ini yang rawan berdebu.

3.  Lemari dengan Tirai


Hampir sama dengan lemari tanpa pintu, jenis lemari ini merupakan versi lebih tertutup nih. Dengan memasang tirai, Anda bebas untuk memajang isi lemari atau memilih untuk menutupnya. Jenis lemari dengan tirai juga lebih meminimalisir paparan debu terhadap pakaian dan barang Anda.

4. Lemari Menyatu dengan Tempat Tidur


Kamar tidur dengan ukuran minimalis? Tenang, Anda dapat menyatukan lemari dengan tempat tidur. Hal ini tentunya membuat kamar terasa lebih lega dan rapi. Jenis lemari yang satu ini juga dapat memenuhi kebutuhan penempatan barang yang maksimal. Tentunya karena tidak hanya bisa diletakkan di samping, tetapi juga di atas tempat tidur.

5. Sliding Door


Lemari dengan engsel biasa membuat Anda kesulitan bergerak saat membuka dan menutupnya? Jenis lemari sliding door dapat menjadi solusinya. Tidak seperti lemari pada umumnya, akses buka dan tutup lemari ini hanya tinggal digeser saja. Meskipun diletakkan mepet-mepet dengan furnitur lainnya, lemari tetap bisa digunakan dengan nyaman.


Baca juga: 9 Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek Sederhana

6. Lemari Menyatu dengan Meja Rias atau Belajar


Pilihan lain jika ingin membuat kamar terlihat lebih lega adalah menyatukan lemari dengan meja rias atau belajar Anda. Letakkan lemari mengelilingi space meja rias atau belajar. Jadi, Anda dapat memanfaatkan ruang lemari semaksimal mungkin.

7. Lemari Semi Transparan


Jenis lemari yang satu ini mungkin cocok bagi Anda yang ingin nuansa baru dalam ruangan. Lemari semi transparan ini memungkinkan Anda untuk sedikit mengintip isi dalam lemari bahkan sebelum dibuka. Tentunya, tetap menjaga privasi karena tidak memberikan akses yang benar-benar terbuka.

8. Transparan/Kaca


Jika lemari tanpa pintu membuat Anda ribet karena harus rajin membersihkan, maka jenis lemari transparan ini adalah solusinya. Isi dalam lemari tetap dapat terlihat jelas, tapi debu dan kotoran tidak mudah untuk masuk.

9. Lemari dengan Pintu Cermin


Daripada harus menambahkan cermin ke kamar, Anda dapat menggunakan jenis lemari cermin untuk alternatifnya. Selain fungsi utamanya untuk menempatkan pakaian dan barang, sekaligus bisa bercermin. Terlebih lagi, lemari pintu cermin ini juga dapat menambah estetika kamar Anda.

10. Lemari Nordik Minimalis


Ingin menggunakan jenis lemari yang simple tapi elegan? Jenis lemari nordik minimalis dapat menjadi pilihan yang tepat. Sudah banyak jenis lemari nordik yang dipergunakan, tetapi versi minimalis dengan warna putih yang larismenjadi pilihan.

11. Lemari Kabinet


Memiliki ruangan sendiri untuk lemari dan ingin menyimpan barang-barang? Menggunakan jenis lemari kabinet mungkin dapat Anda pertimbangkan. Jenis ini memungkinkan tipe lemari tanpa pintu, dengan tirai bahkan cermin untuk diaplikasikan. Tergantung Anda ingin desain seperti apa, lemari kabinet dapat disesuaikan.


Jenis lemari ini biasanya cocok untuk Anda yang memiliki ruang ganti sekaligus untuk cek ootd nih. Sepatu, tas, perhiasan, pakaian dan aksesoris lainnya dapat ditata rapi dalam lemari kabinet. Apabila dilengkapi dengan pintu cermin, pastinya lebih fungsional.

12. Lemari Tanam Dinding


Kamar dengan ukuran ruangan yang sempit memang terkadang membuat bingung penataan. Terlebih lagi, lemari biasanya memiliki ukuran yang besar dan memakan tepat. Tenang, saat ini sudah ada jenis lemari yang langsung ditanam di dinding. Hal ini membuat Anda tidak perlu mencemaskan space untuk lemari dan kamar tetap terlihat luas dan rapi.

Tips Memilih Lemari Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis lemari, lalu bagaimana cara memilihnya dengan tepat? Tentunya tidak hanya estetika atau fungsional saja, tetapi bahan hingga kondisi kamar juga perlu dipertimbangkan. Ketahui beberapa tips memilih lemari yang dapat membantu Anda di bawah ini.

1. Fungsionalitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih lemari adalah fungsionalitasnya. Bagaimana kebutuhan Anda seperti gantungan, rak, laci dan lain sebagainya. Apabila mayoritas pakaian Anda merupakan gaun atau dress panjang maka butuh space gantungan tinggi. Kemudian kaos, handuk yang memerlukan rak atau laci seberapa.

2. Penempatan Lemari

Setelah fungsionalitas, Anda perlu mempertimbangkan penempatan lemari nantinya. Biasanya, lemari memiliki bobot yang cukup berat jadi jarang untuk dipindah-pindah. Perhatikan space yang Anda miliki untuk penempatan lemari dalam ruangan. Apabila ruangan sempit tapi tinggi, pilihlah lemari vertikal yang menjulang hingga ke langit-langit. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaan dan menghindari debu di atas lemari.

3. Desain

Estetika juga turut menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika memilih lemari. Misalnya adalah menyesuaikannya dengan aksesoris atau furniture lain dalam ruangan, nuansa ruangan dan lain sebagainya.

4. Bahan

Tips memilih lemari selanjutnya adalah pertimbangkan bahan pembuatannya. Apabila berbahan kayu solid, maka lemari lebih kokoh, tahan lama dan pastinya memiliki harga mahal. Kemudian ada jenis bahan kayu olahan seperti mdf atau particle board. Biasanya lemari dengan bahan kayu olahan ini memiliki bentuk variatif dan cukup tahan lama.

5. Kelembaban Ruangan

Tips yang terakhir tentunya tidak boleh Anda lewatkan karena sifatnya cukup krusial. Perhatikan kelembaban ruangan tempat Anda meletakkan lemari nantinya. Tentunya ruangan yang super lembab jika diberi lemari dengan bahan kayu olahan dapat rentan jamuran. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan bahan lemari dengan kondisi kelembaban ruangan agar tidak mudah rusak.


Nah itulah tadi jenis-jenis lemari dan tips memilihnya yang perlu Anda ketahui. Sebelum menentukan mana yang akan dipilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget. Apabila memungkinkan, Anda bahkan dapat mendiskusikannya dengan layanan profesional desain interior agar hasil lebih maksimal.

perkakas dan alat bangunan


Butuh perlengkapan untuk menunjang nuansa dalam kamar atau hunian Anda? Klopmart tempatnya. Kami juga jual sherlock gembok kombinasi yang mungkin Anda perlukan untuk amankan gerbang, pintu atau lemari. Butuh informasi mengenai perlengkapan hunian lainnya? Yuk kunjungi Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya