Begini Cara Merawat Lemari Kayu Jati agar Awet dan Tidak Berjamur

Sudahkah Anda mengetahui cara merawat lemari kayu jati yang benar? Perlu Anda pahami bahwa lemari yang menggunakan kayu jati bisa lapuk dan berjamur saat tidak dirawat dengan baik. 


Bahkan bukan hanya lemari dengan kayu jati, berbagai furniture yang menggunakan bahan kayu lainnya memiliki kelemahan yang sama. Namun bukan berarti kualitas kayu jati tidak bagus. Kayu jati tetap menjadi bahan material yang tepat dipilih karena ketahanannya. 


Selain itu penggunaan kayu jati juga populer karena memiliki serat yang indah sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan aspek estetis. Bagaimana? Tertarik memiliki lemari atau furniture lain dengan bahan kayu jati? Atau bahkan Anda sudah memilikinya? Kalau begitu coba pahami dahulu cara-cara merawat lemari kayu jati yang benar berikut ini. 

Berapa Lama Kayu Jati Dapat Bertahan?

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang terkenal karena ketahanannya terhadap serangan serangga, lingkungan yang lembap serta perubahan cuaca. Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki kepadatan yang tinggi serta mengandung bahan alami yang membuatnya sangat tahan lama.


Secara umum kayu jati dapat bertahan antara 70 hingga ratusan tahun lebih. Namun hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti kondisi lingkungan, perawatan, dan penggunaan kayu tersebut. Apabila Anda melakukan perawatan yang benar maka lemari kayu jati pasti bisa bertahan sampai generasi berikutnya.


Meski benar bahwa ketahanan kayu jati lebih baik dari kayu biasa, Anda tetap harus melakukan perawatan secara maksimal. Ingatlah bahwa sebagus apa pun kualitas barang yang dibeli pasti akan rusak juga saat Anda membiarkannya begitu saja. 

Mengapa Harus Merawat Lemari Kayu Jati?


Lemari yang menggunakan kayu jati perlu diberikan perawatan berkala meski karakteristiknya dikenal sangat kuat. Perawatan dilakukan bukan karena kayunya akan lapuk dalam waktu dekat, melainkan untuk menjaga keindahannya. 


Tahukah Anda bahwa lemari kayu jati yang dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan akan memiliki warna yang memudar. Jadi serat kayu jati yang memiliki warna cokelat akan berubah seiring berjalannya waktu menjadi silver. 


Setidaknya Anda perlu mengaplikasikan minyak khusus untuk perawatan kayu jati sehingga warnanya tetap sama untuk puluhan bahkan ratusan tahun mendatang. Dalam periode waktu 6 bulan sekali, Anda perlu melapisi lemari kayu jati tersebut dengan minyak khusus secara menyeluruh. 


Kemudian bersihkan juga seluruh permukaan lemari kayu jati agar tidak ada kotoran yang menempel. Ingat bahwa kayu jati yang mampu bertahan minimal 70 tahun bisa rusak hanya dalam waktu dekat.


Jadi pastikan Anda melakukan perawatan yang baik secara menyeluruh demi hasil yang memuaskan. 


Baca juga: 4 Ciri-Ciri Kayu Jati yang Dapat Dijadikan Bahan Furnitur

Cara Merawat Lemari Kayu Jati yang Benar


Perawatan lemari kayu jati membutuhkan komitmen dan konsistensi. Percuma saja jika Anda hanya melakukan perawatan sekali atau bolong-bolong tergantung keinginan hati. Perawatannya pun tidak rumit karena Anda bisa menemukan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan di rumah. Langsung saja ikuti cara merawatnya berikut ini! 

1. Berikan Jarak antara Lemari dan Dinding

Lemari kayu jati memerlukan kondisi lingkungan yang kering. Apabila permukaan kayu menyentuh dinding yang mudah berjamur maka cepat atau lambat lemari tersebut akan ikut berjamur. Itu sebabnya sangat penting mengatur jarak antara lemari dan dinding rumah Anda. Pastikan jarak antara lemari kayu jati dan dinding terpisah sejauh 5-10 cm. 

2. Hindari Lemari Kayu Jati dari Sinar Matahari Langsung

Penempatan lemari kayu jati dalam rumah Anda juga tidak bisa sembarangan. Anda perlu menjauhkan lemari tersebut dari paparan sinar matahari langsung yang dapat menurunkan kualitas kayu jati. 


Apabila paparan sinar matahari tidak disadari mengenai lemari maka warnanya akan berubah menjadi kusam. Tentunya warna kusam tersebut akan merusak aspek estetis dalam interior ruangan rumah Anda. 

3. Memastikan Lemari Kayu Jati Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Terkadang, lemari kayu jati yang sudah diberi jarak dengan dinding bisa berubah posisi. Entah Anda mendorong lemari secara tidak sengaja saat membersihkan rumah atau karena anak-anak sedang bermain. 


Oleh karena itu Anda perlu memeriksa jarak antara dinding dan lemari kayu jati tetap sama, yakni 5-10 cm. Kayu jati memerlukan sirkulasi udara yang baik agar bisa bertahan dalam tahun-tahun mendatang. 

4. Hindari Menaruh Barang yang Basah atau Lembap

Jangan hanya menjaga lingkungan luar di sekitar lemari kayu jatinya saja. Penting juga untuk menjaga lemari kayu jati dari bagian dalamnya. Menjaga bagian dalam yang dimaksudkan ialah menaruh barang-barang yang tidak lembap. 


Contohnya seperti memasukkan baju yang masih sedikit lembap ke dalam lemari kayu jati tersebut. Seiring berjalannya waktu hal ini akan membuat bagian dalam lemari kayu jati menjadi berjamur. Hindari juga menempatkan air dalam lemari meski dalam waktu yang singkat. 

5. Selalu Letakkan Kapur Barus untuk Menjaga Udara

Suhu udara di dalam rumah bisa berbeda-beda mengikuti cuaca yang sedang berlangsung. Ketika cuaca sedang hujan maka suhu ruangan di dalam rumah akan ikut menjadi lembap. Hal ini pastinya akan membuat lemari kayu jati berisiko lembap.


Sebab itu pastikan Anda sudah meletakkan kapur barus pada semua sudut lemari untuk menjaga kondisi kering di dalamnya. Anda bahkan bisa menaruhnya di bagian atas atau bawah dari lemari kayu jati tersebut untuk memastikan keadaan di sekitarnya terhindar dari kelembapan.


Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru dengan Mudah

6. Lapisi Lemari dengan Minyak Khusus Kayu Jati

Perawatan yang tidak boleh dilupakan ialah melapisi lemari kayu jati dengan minyak khusus. Hal ini perlu dilakukan secara berkala dan menyeluruh agar kondisinya tetap baik. Pengapilkasikannya pun mudah, Anda hanya perlu menyiapkan dua kain kering. 


Satu kainnya akan digunakan untuk melapisi lemari dengan minyak khusus. Kemudian kain satunya lagi akan digunakan untuk memastikan permukaan lemari kayu jati sudah kering. 

7. Bersihkan Lemari Kayu Jati Secara Berkala

Sama seperti semua barang yang perlu dibersihkan, Anda juga harus melakukannya pada lemari kayu jati. Bahan kayu satu ini memang akan tahan terhadap serangga atau cuaca, tetapi tidak dengan debu. Pastikan lemari kayu jati Anda terbebas dari debu kotoran yang mungkin saja menempel atau bahkan berkerak. 

8. Gunakan Lemari Sesuai Fungsinya

Terakhir, Anda perlu menggunakan lemari sesuai fungsinya. Apabila Anda membeli lemari kayu jati untuk baju maka jangan gunakan untuk menyimpan sepatu atau piring. Jika Anda membeli furniture untuk pemakaian dalam rumah maka jangan gunakan di luar. 


Pemakaian sesuai fungsinya akan membuat lemari atau furniture lain berada dalam kondisi yang seharusnya dalam waktu panjang. 


Jadi itu dia cara-cara merawat lemari kayu jati dengan baik dan benar. Apabila Anda melakukan cara yang sudah dijelaskan di atas secara saksama maka lemari kayu jati pasti tetap berada dalam keadaan terbaiknya. 


Bagaimana dengan perawatan kayu lainnya? Sebenarnya secara umum tetap sama, tetapi Anda bisa melakukan perawatan lain dengan melapisi permukaan kayu dengan cat. Nippon Paint menjadi salah satu merek dagang yang menawarkan produk cat unggulan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari dinding hingga kayu, semuanya tersedia di Nippon Paint. 


Untuk mempermudah Anda dalam pemesanan, langsung saja kunjungi Klopmart. Sebagai e-commerce tepercaya yang menjual berbagai alat dan bahan material, Klopmart menjual cat Nippon Paint dengan harga bersaing. Anda bahkan bisa langsung membandingkan harga cat Nippon Paint dengan merek lainnya untuk menemukan produk yang paling tepat. 


Selamat berbelanja di Klopmart dan semoga informasi cara merawat lemari kayu jati di atas bermanfaat! 


Sumber rujukan: 

  • https://www.patioproductions.com/blog/how-to/teak-furniture-care-maintenance/#:~:text=If%20you%20leave%20the%20teak,a%20sealer%20or%20teak%20oil.
  • https://dekornata.com/blogs/ini-dia-hal-yang-buat-kualitas-kayu-jati-tak-terkalahkan
  • https://www.indonesiapropertiexpo.com/news/7-alasan-mengapa-kayu-jati-selalu-diminati#:~:text=7.%20Ketahanan%20Kayu%20Jati&text=Meksipun%20harganya%20relatif%20mahal%2C%20namun,atau%20maksimal%20ratusan%20tahun%20lebih.
  • https://artikel.rumah123.com/11-cara-mudah-merawat-dan-membersihkan-lemari-kayu-jati-biar-terlihat-berkilau-52471
  • https://courtina.id/merawat-kayu-jati/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya