Konstruksi

7 Cara Menggunakan Aquaproof untuk Cegah Kebocoran

Media
24 Apr 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara menggunakan Aquaproof untuk mencegah kebocoran? Dengan kondisi curah hujan Indonesia yang saat ini semakin tinggi, terkadang kondisi atap rumah dan tembok rembes tidak kuat lagi. Apalagi ketika harus diterpa hujan dalam jangka waktu lama dan terhitung sering.

Kalau sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus segera memperbaiki kebocoran atap rumah dengan Aquaproof. Produk ini sangat bagus dalam memberikan daya tahan tinggi untuk atap rumah Anda. Hasil yang diberikan juga terhitung efektif.

Keunggulan Aquaproof

Jangan salah, tidak hanya mencegah kebocoran, Aquaproof memiliki banyak keunggulan lho. Berikut ini keunggulannya:

1. Mencegah Bocor dan Rembes

Tentu saja, keunggulan Aquaproof yang pertama adalah sebagai pelapis anti bocor. Menggunakan Aquaproof pada saat musim hujan sangatlah menguntungkan, karena kondisi tersebut sangat rentan menyebabkan terjadinya rembesan di tembok dan membutuhkan daya tahan ekstra.

Nah, kabar baiknya Aquaproof membuat air hujan akan sulit menembus masuk ke tembok bagian dalam.

2. Mencegah Munculnya Jamur

Jika air sering rembes di dinding rumah Anda, dapat menyebabkan lembab. Kondisi inilah yang dapat mengakibatkan munculnya jamur.

Dengan menggunakan Aquaproof hal tersebut bukan lagi menjadi masalah.

Baca juga: Cat Tembok Anti Air yang Bebas Jamur dan Tahan Lama Terbaik

3. Mudah Dibersihkan

Aquaproof bersifat tidak dapat menyerap air, sehingga tidak perlu khawatir jika ada noda di dinding.

Noda atau kotoran yang menempel tersebut akan dibersihkan sendiri dengan mudah oleh ari hujan yang mengalir.

4. Optimal pada Bagian yang Terpapar Langsung dengan Air

Sekalipun dinding Anda terpapar langsung dengan air, Anda tetap akan memperoleh hasil yang maksimal. Anda dapat memanfaatkan cat Aquaproof pada dinding kamar mandi Anda. Hal ini juga akan mencegah kelembaban dan mencegah kerusakan serta kebocoran.

Selain pada dinding, Anda juga dapat juga bisa menggunakan Aquaproof ini pada bagian atap untuk menghindari dari kebocoran, seperti pada genteng Anda.

5. Penggunaannya Mudah

Cara menggunakan Aquaproof dapat terbilang mudah, sama seperti mengecat yang biasa dilakukan, Anda dapat menggunakan kuas maupun rol dalam pengerjaanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Rembes

Cara Menggunakan Aquaproof, Si Pelapis Anti Bocor

Setelah mengetahui beragam keunggulan dari Aquaproof, Anda pasti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan tepat? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengaplikasikan aquaproof adalah mempersiapkan alat dan bahan di bawah ini:

Alat

  • Kuas atau roll cat
  • Roskam
  • Airless Spray

Bahan

2. Merapikan Permukaan yang Akan Dicat

Aquaproof adalah cat pelapis anti air yang dapat diandalkan untuk melapisi tembok atau atap rumah karena memiliki zat sealant kuat. Zat inilah yang akan tetap mempertahankan tingkat ketebalannya saat cat mengering. Namun untuk menggunakannya, Anda harus berhati-hati. Tidak boleh digunakan secara asal-asalan. 

Pertama, Anda harus memastikan bahwa permukaan atap yang akan dicat dengan Aquaproof tidak rapuh, dalam keadaan bersih dan bebas dari cat yang sudah lapuk. Jika memang kotor, bersihkan dengan baik dan pastikan permukaan tersebut benar-benar kering.

Kalau lapisan permukaan tidak rata, Anda dapat melapisinya terlebih dahulu dengan semen instan. Dengan cara ini maka atap tidak rentan dan ringkih.

Baca juga: Semen Instant dan 7 Kegunaannya

3. Kondisikan Retakan dan Sambungan

Jika Anda melihat ada retakan dan sambungan pada bagian atap, sebaiknya gunakan super cement atau polyester mesh pada lapisan pertama Aquaproof yang masih basah. Jika sudah kering, berikat lagi lapisan kedua. Bahkan kalau masih merasa kurang, Anda dapat memberikan lapisan Aquaproof ketiga. Untuk lebih sempurna, Anda boleh menggunakan roskam agar setiap celah dapat terisi sempurna. 

Pastikan retakan atau sambungan yang ada sudah tertutup dengan baik. Tingkat ketahanan tinggi akan lebih baik dan terlihat rapi serta tak berlubang.

4. Maksimalkan Kuas atau Roll Cat

Dalam membuat campuran Aquaproof, berikan pasir halus dengan perbandingan 1:1. Jika sudah, langsung cat bagian atap/tembok yang ingin diberikan Aquaproof. Sebelum cat kering, lapisi dengan supermesh atau polyester mesh. Kemudian tunggu sampai kering, lalu tambahkan lapisan kedua dan ketiga cat Aquaproof.

Anda dapat memaksimalkan kuas atau roll cat. Malah daya sebarnya terhitung baik, yakni 1 kg/m2. Lakukan pelapisan hingga dua kali agar seluruh permukaan mendapatkan tingkat ketebalan yang rata dan sempurna.

5. Menggunakan Airless Spray

Jika Anda ingin mendapatkan proses pengerjaan yang mudah, maka gunakan saja alat airless spray. Alat ini mampu menutupi seluruh bagian atap dengan rata. Sebelum menggunakan airless spray, pastikan permukaan tidak kotor atau rapuh.

Proses pengerjaannya pun sama saja seperti saat menggunakan kuas atau roll cat. Berikan polyester mesh/supermesh serta buat hingga dua sampai tiga lapisan agar hasilnya semakin kuat serta tahan lama.

Baca juga: Perbandiangan Kuas Rol Vs Kuas Tembok sebagai Alat Pengecat

6. Membersihkan Peralatan

Tahap selanjutnya adalah membersihkan peralatan yang telah Anda pakai, terutama kuas atau sprayer dan cat itu sendiri.

Segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum ia mengering dan mengeras. Langkah ini wajib Anda lakukan agar perlatan tetap awet dan bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya.

7. Menyimpan Cat

Setelah semuanya telah Anda bersihkan, selanjutnya simpanlah sisa cat yang telah Anda gunakan di tempat yang tepat. Perhatikan bahwa kemasan cat harus tertutup rapat dan disimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Bila cat tidak sengaja tumpah, Anda bisa menaburkan daerah yang tumpah tersebut dengan pasir atau tanah agar menyerap cat tersebut dan tidak lebar.

Jangan pernah membuang sisa cat di selokan atau sungai. Buanglah ke tempat-tempat yang diizinkan menurut peraturan yang berlaku.

Kesimpulan

Merespon kondisi curah hujan tinggi memang harus memaksimalkan Aquaproof. Jangan sampai Anda telat untuk memperbaiki atap rumah dan dinding yang rembes agar saat hujan tiba, tidak perlu lagi khawatir bocor. Selain bocor, hal yang perlu diwaspadai saat kondisi curah hujan sedang tinggi adalah banjir. Untuk mengatisipasi banjir, mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui informasi mengenai rumah anti banjir.

Ingin membeli Aquaproof dengan harga terbaik dan jumlah yang sesuai kebutuhan? Klopmart telah hadir untuk memberikan produk Aquaproof terbaik untuk Anda. Sebagai e-commerce bahan material, Klopmart memiliki seluruh kebutuhan yang Anda cari perihal konstruksi bangunan, termasuk Aquaproof. 

Anda dapat membeli Aquaproof dari Klopmart secara online dan tinggal menunggu produk ini dikirim ke rumah secepatnya. Dengan informasi cara menggunakan Aquaproof, cek harga Aquaproof bersama Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya