4 Cara Menggunakan Aquaproof Untuk Cegah Kebocoran

Bagaimana cara menggunakan Aquaproof untuk mencegah kebocoran? Dengan kondisi curah hujan Indonesia yang saat ini semakin tinggi, terkadang kondisi atap rumah dan tembok rembes tidak kuat lagi. Apalagi ketika harus diterpa hujan dalam jangka waktu lama dan terhitung sering.

Kalau sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus segera memperbaiki kebocoran atap rumah dengan Aquaproof. Produk ini sangat bagus dalam memberikan daya tahan tinggi untuk atap rumah Anda. Hasil yang diberikan juga terhitung efektif. Tertarik untuk mengetahui cara menggunakan Aquaproof? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Merapikan Permukaan yang Akan Dicat

Aquaproof adalah cat pelapis anti air yang dapat diandalkan untuk melapisi tembok atau atap rumah karena memiliki zat sealant kuat. Zat inilah yang akan tetap mempertahankan tingkat ketebalannya saat cat mengering. Namun untuk menggunakannya, Anda harus berhati-hati. Tidak boleh digunakan secara asal-asalan. 

Pertama, Anda harus memastikan bahwa permukaan atap yang akan dicat dengan Aquaproof tidak rapuh serta dalam keadaan bersih. Jika memang kotor, bersihkan dengan baik dan pastikan permukaan tersebut benar-benar kering. Kalau lapisan permukaan tidak rata, Anda dapat melapisinya terlebih dahulu dengan semen instan. Dengan cara ini maka atap tidak rentan dan ringkih.

2. Kondisikan Retakan dan Sambungan

Jika Anda melihat ada retakan dan sambungan pada bagian atap, sebaiknya gunakan supermesh atau polyester mesh pada lapisan pertama Aquaproof yang masih basah. Jika sudah kering, berikat lagi lapisan kedua. Bahkan kalau masih merasa kurang, Anda dapat memberikan lapisan Aquaproof ketiga. Untuk lebih sempurna, Anda boleh menggunakan roskam agar setiap celah dapat terisi sempurna. 

Pastikan retakan atau sambungan yang ada sudah tertutup dengan baik. Tingkat ketahanan tinggi akan lebih baik dan terlihat rapi serta tak berlubang.

3. Maksimalkan Kuas atau Roll Cat

Dalam membuat campuran Aquaproof, berikan pasir halus dengan perbandingan 1:1. Jika sudah, langsung cat bagian atap/tembok yang ingin diberikan Aquaproof. Sebelum cat kering, lapisi dengan polyester mesh/supermesh. Kemudian tunggu sampai kering, lalu tambahkan lapisan kedua dan ketiga cat Aquaproof.

Anda dapat memaksimalkan kuas atau roll cat. Malah daya sebarnya terhitung baik, yakni 1 kg/m2. Lakukan pelapisan hingga dua kali agar seluruh permukaan mendapatkan tingkat ketebalan yang rata dan sempurna.

4. Menggunakan Airless Spray

Jika Anda ingin mendapatkan proses pengerjaan yang mudah, maka gunakan saja airless spray. Alat ini mampu menutupi seluruh bagian atap dengan rata. Sebelum menggunakan airless spray, pastikan permukaan tidak kotor atau rapuh. Proses pengerjaannya pun sama saja seperti saat menggunakan kuas atau roll cat. Berikan polyester mesh/supermesh serta buat hingga dua sampai tiga lapisan agar hasilnya semakin kuat serta tahan lama.

Merespon kondisi curah hujan tinggi memang harus memaksimalkan Aquaproof. Jangan sampai Anda telat untuk memperbaiki atap rumah dan dinding yang rembes agar saat hujan tiba, tidak perlu lagi khawatir bocor. Selain bocor, hal yang perlu diwaspadai saat kondisi curah hujan sedang tinggi adalah banjir. Untuk mengatisipasi banjir, mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui informasi mengenai rumah anti banjir.

Ingin membeli Aquaproof dengan harga terbaik dan jumlah yang sesuai kebutuhan? Klopmart telah hadir untuk memberikan produk Aquaproof terbaik untuk Anda. Sebagai e-commerce bahan material, Klopmart memiliki seluruh kebutuhan yang Anda cari perihal konstruksi bangunan, termasuk Aquaproof. 

Anda dapat membeli Aquaproof dari Klopmart secara online dan tinggal menunggu produk ini dikirim ke rumah secepatnya. Dengan informasi cara menggunakan Aquaproof, cek harga Aquaproof bersama Klopmart sekarang juga!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article