Cat dan Kimia

Kuas Rol Vs Kuas: Ketahui Perbedaanya sebagai Alat Pengecat Tembok

Media
09 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ketika Anda memiliki rencana untuk mengganti warna cat dinding rumah, tentu saja segala peralatannya sudah disiapkan, bukan? Seperti misalnya memilih warna cat baru untuk dinding, peralatan untuk mengelupas warna cat lama, hingga peralatan untuk mengecat dinding dengan warna baru. Nah, saat menentukan alat untuk mengecat, apakah Anda pernah terpikir untuk membandingkan kuas vs roll demi mencari alat yang terbaik? Kalau Anda bingung memilih antara keduanya, simak ulasan perbandingannya berikut ini!

Perbandingan waktu pengecatan

Dilihat dari segi waktu, kuas vs roll akan lebih unggul roll karena peralatan ini cukup cepat dalam melapisi dinding dengan warna cat baru. Apalagi jika roller yang Anda gunakan berukuran besar sehingga mempercepat pelapisan dinding. Anda tinggal menggulirkan roll pada dinding dan warna cat baru otomatis menempel.

Berbeda dengan kuas, alat ini akan memakan waktu lebih lama saat digunakan untuk mengecat dinding karena ukurannya yang relatif lebih kecil. Mengecat dengan menggunakan kuas juga akan lebih lama karena membutuhkan lebih dari satu lapisan untuk mendapatkan efek warna yang diinginkan. Belum lagi upaya untuk menutupi hasil goresan kuas yang terkadang membuat warna tidak rata. Anda harus memoleskan warna lagi di goresan supaya hasilnya bagus.


Biaya yang dibutuhkan

Dari segi biaya, kuas vs roll akan jauh lebih hemat kuas karena harganya yang lumayan murah. Kuas dijual dengan harga Rp30.000 sampai Rp80.000 saja. Sedangkan roll bisa dijual sampai harga Rp200.000. Roll berukuran besar juga biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dari itu. Oleh karenanya, jika Anda ingin berhemat, maka pilihan terbaik adalah kuas.

Lebih lanjut lagi, penggunaan kuas akan menghemat cat yang dibutuhkan. Kuas tidak memiliki daya serap yang tinggi sehingga cat tidak akan banyak terserap ke dalam kuas saat diaplikasikan pada dinding. Berbeda dengan roll yang berdaya serap tinggi, sehingga mampu menghabiskan 40% cat lebih banyak daripada kuas.

Baca juga: 11 Cara Mengecat Tembok yang Benar dan Mudah

Jangkauan pengecatan

Pilihlah kuas sebagai media mengecat jika Anda ingin semua sudut ruangan terlapisi dengan sempurna. Dengan ukuran kuas cat tembok yang lebih kecil dan fleksibel, kuas dapat menjangkau sudut tersembunyi dari dinding rumah. Anda bisa mengecat bagian celah-celah sempit dari dinding dengan menyapukan kuas ke area tersebut.

Namun, pililhlah roll jika Anda ingin mengecat bagian dinding dengan permukaan yang luas dan sangat lebar. Mengecat tembok dengan roll menggunakan jenis gaya yang tinggal digulirkan saja pada permukaan dinding akan mempermudah dan mempercepat pengecatan area dinding yang luas.


Hasil pengecatan

Kuas vs roll jika dilihat dari hasil pengecatan, maka sama bagusnya. Kuas akan meninggalkan jejak goresan warna pada dinding, sementara roll jika diamati dari jarak dekat akan menghasilkan jejak pengecatan berupa motif pada tembok seperti kulit jeruk. Anda bisa memilih sendiri mana hasil akhir pengecatan yang diinginkan pada dinding rumah.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda memilih keduanya untuk menghasilkan hasil akhir pengecatan yang sempurna. Sebab, baik roll ataupun kuas akan saling mengisi kekurangan yang dimiliki satu sama lain. Ini akan lebih efektif jika dibandingkan menggunakan satu peralatan saja.

Kuas vs roll pastinya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kuas unggul dalam hal biaya yang lebih hemat dan bisa dipakai untuk mengecat sisi tersembunyi atau celah-celah dinding. Sementara roll unggul dalam hal waktu pengecatan yang lebih cepat karena bisa menjangkau area dinding yang luas dan lebar. Untuk mendapatkan kuas dan roll terbaik, pastikan Anda belanja di Klopmart!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya