3 Cara Mengasah Mata Bor Besi yang Sudah Tumpul

‚Äč

Tahukah Anda, ternyata cara mengasah mata bor besi yang sudah tumpul tidaklah sulit. Bor atau drill adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang pada permukaan yang keras seperti tembok dan papan kayu. Seringkali banyak orang berpikir bahwa mata bor besi yang sudah tumpul harus dibuang dan diganti dengan yang baru. Tapi nyatanya, mata bor besi bisa diasah dengan beberapa cara. Mari kita telusuri lebih lanjut tentang cara mengasah mata bor besi yang sudah tumpul.
 

3 Cara Mengasah Mata Bor Besi

Sebelum Anda mengasah berbagai jenis mata bor besi, ada baiknya untuk Anda mengukur mata bor besi tersebut menggunakan protractor agar melihat seberapa dalam ketumpulannya dan seberapa jauh Anda harus mengasah mata bor tersebut. Setelahnya, Anda bisa memilih salah satu cara untuk mengasah mata bor besi di bawah ini yang dapat Anda lakukan agar mata bor tersebut menjadi lebih tajam, yaitu:
 

1. Cara Mengasah Manual

Mata bor besi dapat diasah secara manual menggunakan grinder atau mesin dengan piringan penggiling yang biasa digunakan untuk memotong besi. Anda harus hati-hati dalam melakukan cara ini dengan menjaga jarak jari Anda dengan grinder. 

Cara untuk mengasahnya adalah Anda harus menyalakan grinder terlebih dahulu lalu pegang bagian tangkai mata bor besi dan arahkan bagian ujung bor pada satu sisi terlebih dahulu ke grinder. Tempelkan mata bor besi dan ikuti jalur gerak grinder yaitu ke atas secara berkali-kali hingga rata. Lalu ulangi langkah tersebut pada bagian sisi yang lain sehingga hasil akhir dari asahan manual ini membentuk mata bor yang lancip.
 

2. Cara Mengasah Semi Manual

Cara mengasah semi manual hampir mirip dengan cara mengasah manual. Anda juga memerlukan grinder untuk mengasah mata besi bor ini namun yang membedakan adalah mesin yang digunakan. Sebagai contoh, Anda bisa mencari universal drill bit grinder yang terdiri dari grinder itu sendiri dan cakram untuk penahan tangkai mata besi bor. 

Anda juga bisa melakukan penyetelan ukuran untuk ketajaman mata besi bor yang akan diasah. Cara ini jauh lebih aman dibandingkan Anda menggunakan cara manual karena ada cakram penahan untuk memegang tangkai mata bor besi Anda.
 

3. Cara Mengasah Menggunakan Mesin

Cara terakhir merupakan cara yang paling simpel untuk mengasah mata bor besi. Anda dapat mencari alat electric drill bit sharpener yang dapat mengasah mata bor besi Anda seperti menggunakan serutan pensil. Cara kerja dari mesin ini, Anda hanya perlu memasukkan mata bor besi sesuai dengan lubang ukuran yang sesuai berkali-kali hingga mata bor besi tersebut kembali lancip.
 

Mata Bor Besi Sudah Dapat Digunakan Kembali

Nah, setelah Anda selesai mengasah mata bor besi, Anda dapat mengukurnya kembali menggunakan rektator untuk memastikan bahwa mata bor besi tersebut sudah tajam kembali. Jika saat ini Anda membutuhkan mesin bor baru, kami merekomendasikan mesin bor Bosch GSB 10 RE Professional dengan fitur sebagai berikut:

  • Putaran kiri/kanan
  • Kontrol elektronik untuk pengeboran awal yang akurat
  • Pelat sikat yang berputar sehingga tenaga putaran kiri/kanan lebih stabil
  • Ball bearing untuk muatan tinggi dinamis memperpanjang usia pemakaian
  • Gagang ergonomis untuk penggunaan yang nyaman

Anda bisa mencoba cara mengasah mata bor besi di atas dengan mesin bor baru Anda yaitu Bosch GSB 10 RE dan Anda dapat mengecek harga bor listrik Bosch ini sekarang juga melalui website kami.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
27 Mar 2021

Related Article