5 Penyebab Terjadinya Kebakaran Yang Harus Diwaspadai

Kebakaran adalah salah satu jenis kecelakaan atau bencana yang dapat menimpa siapa saja. Mulai dari peralatan listrik yang rusak, kecerobohan, hingga lalai dalam menggunakan peralatan, banya hal yang dapat menjadi faktor penyebab kebakaran. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengerti beberapa penyebab terjadinya kebakaran agar Anda semakin mawas diri.

Kebakaran memiliki banyak skala dan juga penyebab; mulai dari yang kecil hingga besar. Secara garis besar, cara paling ampuh dalam pencegahan kebakaran adalah berhati-hati, baik dalam beraktivitas ataupun menggunakan alat yang dapat menjadi faktor penyebab kebakaran. Tetapi, tentu ada banyak hal yang berada di luar kuasa manusia.

Oleh karena itu, pelajar beberapa faktor penyebab kebakaran berikut ini agar Anda dapat mencegah terjadinya kebakaran denga lebih baik.

5 Faktor Penyebab Kebakaran

1. Petir

Petir adalah salah satu gejala alam yang dapat menyebabkan kebakaran. Anda mungkin pernah mendengar atau membaca berita tentang sambaran petir pada lahan kering, seperti daerah hutan pada musim kemarau, yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Walau memang dikenal demikian, sambaran petir juga dapat menjadi peneyebab kebakaran di rumah Anda. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak memasang penangkal petir di rumah serta memiliki banyak peralatan elektronik yang sedang terhubung saat petir menyambar rumah Anda.

2. Instalasi Listrik Yang Kurang Baik

Penyebab kebakaran yang berikutnya adalah instalasi listrik yang kurang baik. Resiko kebakaran di rumah Anda akan semakin tinggi jika Anda memiliki kabel yang rusak atau kabel listrik yang tidak dipasang dengan baik.

Kabel yang rusak, seperti kulit kabel yang terbuka, akan dapat menimbulkan percikan listrik yang kemudian dapat berubah menjadi api. Selain itu, sambungan listrik yang tidak benar akan menjadi sumber panas dan membuat resiko kebakaran semakin besar. Hal ini akan diperparah jika Anda memiliki atap rumah yang mudah terbakar, seperti atap kayu.

Baca Juga: Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Penanganannya

3. Puntung Rokok

Rokok adalah salah satu bahan yang dapat merusak tubuh. Tidak hanya itu, puntung rokok juga dapat menjadi penyebab kebakaran di beberapa area.

Tidak jarang sebuah hutan atau area mengalami kebakaran baik dalam skala kecil hingga besar karena seseorang membuang puntung rokok sembarangan. Puntung rokok yang masih menyala dapat dengan mudah membakar bahan-bahan yang mudah terbakar di sekitarnya, seperti daun dan kertas, dan kemudian menimbulkan kebakaran.

4. Cairan Mudah Terbakar

Bahan bakar seperti bensin dan solar bukanlah satu-satunya cairan yang mudah terbakar yang Anda temui sehari-hari. Lem, parfum, bahkan beberapa bahan dapur dan kosmetik juga dapat menjadi penyebab kebakaran.

Tentu, resiko terjadinya kebakaran dari bahan sehari-hari sangatlah kecil. Tetapi, hal itu tidak berarti tidak mungkin.

Untuk meminimalisir bahaya kebakaran, pastikan cairan-cairan tersebut jauh dari sumber panas agar tidak memantik api yang dapat menyulut kebakaran yang sulit dikendalikan. Agar lebih maksimal, Anda bisa menempatkan tiap cairan yang mudah terbakar pada wadah atau gelasnya masing-masing dan tidak menempatkannya berdekatan satu sama lain.

5. Colokan Listrik

Selain instalasi listrik yang buruk, penggunaan alat elektronik dengan tidak bijak juga dapat menjadi penyebab kebakaran yang tidak diduga. Salah satu contoh yang paling umum adalah penggunaan colokan listrik yang berlebihan.

Contoh penggunaan yang berlebihan adalah memasang colokan listrik pada colokan listrik. Hal ini mungkin terjadi apabila Anda tidak memiliki instalasi listrik yang merata pada setiap area rumah.

4 Tips Mencegah dan Menangani Kebakaran

Setelah mengetahui beberapa penyebab kebakaran, sekarang saatnya Anda mempelajari cara mencegah atau mengatasi kebakaraan saat dibutuhkan.

1. Sediakan Alat Pemadam Kebakaran

Salah satu cara untu menangani kebakaran dengan efektif adalah dengan menyediakan alat pemadam kebaaran di daerah atau ruang yang rawan kebakaran.

Untuk skala kecil, Anda memang masih dapat mengandalkan air untuk mematikan api. Tapi, tidak ada salahnya Anda menyiapkan alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga jika kebakaran dengan skala besar terjadi di rumah Anda.

2. Perawatan Instalasi Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, instalasi listrik dapat menjadi penyebab kebakaran di rumah. Oleh karena itu, Anda harus rutin atau rajin mengecek dan merawat instalasi listrik di rumah Anda.

Anda bisa mulai dengan mengganti kabel atau alat elektronik yang sudah tidak layak pakai. Anda juga bisa mulai dengan mengecek instalasi listrik di bawah tanah atau di bagian atap-atap rumah Anda.

Baca Juga: Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

3. Hindari Penggunaan Bahan Yang Mudah Mengalami Kebakaran

Salah satu alasan kebakaran muncul atau membuat kebakaran kecil menjadi kebakaran yang sulit dikendalikan adalah penggunaan bahan atau alat yang mudah tersulut api. Hindari penggunaan bahan seperti kayu di bagian rumah yang mudah terbakar. Sebisa mungkin hindari menggunakan kayu sebagai rangka atap karena jika terjadi kebakaran, atap dapat terbakar dan jatuh menimpa Anda atau kelarga Anda yang mencoba menyelamatkan diri.

4. Matikan Alat Listrik Jika Tidak Dibutuhkan

Salah satu cara mencegah terjadinya kebakaran yang sering dianggap sepele adalah mematikan alat listrik. Dengan mematikan alat listrik yang sedang tidak digunakan, Anda dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran akibat arus pendek yang bisa kapan saja menyerang. Alat elektronik seperti TV atau komputer adalah beberapa contoh yang sering ditinggalkan tanpa dimatikan.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kebakaran serta cara mencegah dan megnatasinya. Kebakaran adalah salah satu bencana yang dapat terjadi kapan saja. Mulai dari kecorobohan, kerusakan, hingga ketidaksengajaan, banyak hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran. Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, Anda bisa melakukan banyak hal; mulai dari lebih mawas diri, belajar menggunakan dan menyiapkan alat pemadam api ringan, hingga lebih bijak dalam menggunakan alat-alat elektronik dalam rumah Anda.

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Dari Kebakaran Rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
10 Des 2018

Related Article