Download Klopmart App

Pusat Bantuan

WASPADAI BAHAYA KEBAKARAN: PESTA TAHUN BARU

Sensasional sekali judulnya!! Sengaja mencari sensasi seperti yang kita lihat di berita: banyak tokoh yang melakukannya akhir-akhir ini.

Tetapi memang benar, ada banyak bahaya kebakaran yang tersembunyi dalam pesta apa saja, termasuk pesta akhir tahun. Begitu tersembunyinya sehingga kita tidak menyadari keberadaannya!

Persiapan pesta hingga saat berlangsungnya pesta hendaknya dijalankan dengan penuh perencanaan dan kewaspadaan. Karena kebetulan saat tulisan ini dirilis, kita sudah berada pada penghujung tahun, maka ada baiknya kita pelajari dan waspadai.

Jangan sampai pesta akhir tahun berubah menjadi bencana akhir tahun!

Beberapa bahaya kebakaran yang tersembunyi yang berhasil dikumpulkan dan dirangkum adalah:

Saat sedang berdandan dan merapikan diri:

  • Sunscreen spray. Jika Anda mengadakan pesta di tepi pantai, biasanya kita membubuhkan sunscreen lotion kulit kita. Semprotan lotion anti sengatan matahari mengandung ethanol yang mudah terbakar. Jangan disemprotkan saat ada sumber nyala api terbuka di dekatnya dan dalam ruangan tertutup.
  • Cat kuku atau kuteks. Cairan kuteks mengandung pelarut isopropyl alcohol yang mudah terbakar. Jangan aplikasikan kuteks ke kuku Anda saat berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!
  • Asetone atau pelarut kuteks mengandung acetone yang uap dan cairannya mudah terbakar. Jangan gunakan pelarut kuteks untuk membersihkan kuku Anda saat berdekatan dengan sumber nyala api terbuka.
  • Hair moose dan hair spray untuk menata rambut, biasanya mengandung propelan yang mudah terbakar. Jangan gunakan hair moose berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!

 

Saat Anda sedang memasak mempersiapkan makanan:

  • Kulit jeruk. Mengandung bahan limonene yang ternyata mudah terbakar!
  • Tepung terigu. Keliahatannya innocence tetapi tepung terigu yang terhambur di udara sangat mudah terbakar. Jika tepung terigu terhambur di udara dan berada pada ruang tertutup, akan meledak saat terkena percikan nyala api!
  • Non-dairy Creamer. Krimer rendah kalori yang kita gunakan untuk menggantikan susu dalam minuman ini mengandung bahan sodium alumino silicate yang mudah terbakar, khususnya saat terhambur di udara!
  • Gula pasir. Sama seperti tepung terigu, gula mengandung karbohidrat. Jika Kristal gula terkena nyala api langsung akan menyebabkan ledakan!
  • Minyak goreng. Saat minyak goreng digunakan untuk menggoreng daging, maka lemak dari daging akan bercampur dengan minyak goreng panas. Campuran bertemperatur tinggi ini mudah terbakar.
  • Bawang putih. Potongan bawang putih ternyata ditengarai mengandung eugenol yang juga mudah terbakar.
  • Anggur masak atau marsala wine juga mengandung bahan mudah terbakar yaitu alkohol.

 

Saat Anda mempersiapkan dan menjalankan pesta:

  • Whipped Cream. Ternyata whipped cream dalam kaleng semprot mengandung bahan propellant yang mudah terbakar! Jangan digunakan saat berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!
  • WD40. Larutan pelumas universal yang bahannya sangat dirahasiakan produsennya ini sangat mudah terbakar! Jangan digunakan saat berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!
  • Party Silly String. Semprotan yang menghasilkan untaian seperti benang dari jeli berwarna-warni untuk keseruan pesta juga mengandung bahan propellant yang mudah terbakar! Jangan digunakan saat berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!
  • Minuman keras alias minuman beralkohol, seperti namanya, minuman ini mengandung alcohol yang uap dan cairannya sangat mudah terbakar. Jauhkanlah dari sumber nyala api terbuka!
  • Hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Cairan ini mengandung alkohol medis sebagai pelarutnya sehingga cepat kering. Jangan gunakan berdekatan dengan sumber nyala api terbuka!
  • Balon helium. Balon warna-warni yang melayang terbang di udara ini berisi gas helium yang lebih ringan dari udara. Helium termasuk gas yang mudah terbakar saat balonnya meledak terkena nyala api.

 

Catatan:

Sumber nyala api terbuka yang dimaksud adalah: kompor gas, kompor minyak tanah, kompor spiritus, korek api, lilin, lilin pesta, lilin meja, obor taman, api unggun, lampu teplok dekorasi, kembang api, dan sebagainya.

Selalu siapkan alat pemadam api ringan di lokasi masak dan lokasi pesta. Baca juga: KENALI A.P.A.R.

Untuk mempelajari cara penyelamatan diri saat kebakaran, baca juga: CARA PENYELAMATAN DIRI: KEBAKARAN RUMAH.

Ingat! Safety dimulai dari kepedulian terhadap keselamatan kehidupan diri sendiri dan kehidupan orang lain di sekitar kita!


Cek harga klik disini

Related Article