Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

Ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN sangat disarankan sebagai pilihan utama ketika membuat instalasi listrik rumah. Kabel yang tepat dan memiliki kualitas bagus tentu saja akan dapat menghindari berbagai masalah nantinya. Sehingga luangkan waktu Anda untuk bisa memiliki kabel instalasi listrik rumah dengan teliti. Untuk dapat memilih ukuran kabel yang tepat, ikuti berbagai cara berikut ini.

Cara Mengetahui  Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

Terdapat berbagai macam ukuran dan warna kabel listrik yang ada di pasaran. Tentu beberapa dari Anda tidak mengetahui ukuran mana yang harus Anda pilih sebagai kabel instalasi rumah. Kebanyakan rumus atau kode yang sering kita jumpai adalah seperti tertera dibawah ini:

  • 1 X 1,5mm; 
  • 1 X 2,5mm; 
  • 2 X 1,5mm; 
  • 2 X 2,5mm; 
  • 3 X 2,5mm. 

Angka sebelum simbol “x” menunjukkan jumlah kabel yang ada di dalam pembungkus kabelnya, angka "1" biasanya terdapat pada jenis kabel NGA. Sedangkan untuk angka "2" dan "3" terdapat pada jenis kabel NYM, NYA, atau NYY.

Untuk angka di angka di belakang simbol “x” merupakan luas penampang kabelnya, sehingga angka 2,5 mm tersebut memiliki arti bahwa di dalam pembungkus kabel tersebut terdapat kabel dengan luas penampang masing-masing 2,5 mm.

Baca juga: cara menyambung kabel listrik

Tips Memilih Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah

Dalam memilih kabel yang tepat, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini yang bisa memudahkan Anda.

1. Perhatikan Kapasitas Listrik kWh

Berikut kapasitas yang disediakan PLN untuk konsumen rumah tangga dengan tegangan 220 Vac:

  • 450 VA = 2A 
  • 900 VA = 4A
  • 1300 VA = 6A
  • 2200 VA = 10A 

Kapasitas inilah yang paling banyak digunakan atau dipakai oleh konsumen Indonesia. Semakin besar kabel maka semakin besar juga ampere tetapi ini berlaku untuk tegangan 220 V dan 380 V.

2. Menentukan Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan kapasitas VA

Dengan menggunakan kapasitas VA, anda akan bisa menentukan ukuran kabel listrik yang akan digunakan dalam instalasi listrik rumah.

Kapasitas 450 VA

Ketika rumah anda memiliki kapasitas kWh meter sebesar 450 VA yang setara dengan 2 Ampere, maka kabel dengan ukuran 1.5mm2  sudah sangat cukup. Dikarenakan kapasitas kabel tersebut adalah 17 Ampere. 

Baca juga: bagaimana cara menghemat listrik

Kapasitas 900 VA 

Sama halnya dengan kWh kapasitas 450 VA menggunakan ukuran kabel 1.5mm2 sudah sangat cukup melihat kapasitasnya yang mencapai 17 Ampere.

Kapasitas 1300 VA

Kabel 1.5mm2 masih cukup untuk kWh meter sebesar 1300 VA yang setara dengan 6A. Namun Anda bisa juga menggunakan kabel 2.5mm2 agar kabel semakin awet.

Kapasitas 2200 VA 

Sangat disarankan menggunakan kabel 2.5mm2 untuk kapasitas 2200 VA, menjaga agar kabel tidak terlalu panas nantinya.

Apa Saja Jenis Kabel Listrik Rumah Standar PLN?

Ada banyak macam kabel listrik yang dapat Anda gunakan untuk melakukan instalasi listrik di rumah. Tiap jenis kabel memiliki bahan pembuat yang berbeda yang membuat fungsi dan kemampuanya berbeda. Mengetahui jenis kabel listrik yang ada dapat membantu Anda memilih jenis yang tepat untuk menghindari potensi terjadinya korsleting listrik yang dapat berujung fatal.

Baca Juga: Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Penangannya

Berikut adalah beberapa jenis kabel listrik untuk instalasi listrik di rumah yang dapat Anda pilih:

1. Kabel NYA

Jenis kabel NYA adalah salah satu jenis yang sering digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga. Ukurannya yang kecil, sekitar 1.5mm, membuat jenis kabel listrik ini cocok untuk digunakan sebagai kabel instalasi lampu dan juga stop kontak.

Dari segi fisik, tipe kabel listrik ini memiliki inti kabel tunggal dan lapisan PVC dan tersedia dalam berbagai jenis warna; merah, hitam, biru, kuning.

Sayangnya, ukurannya yang tipis serta lapisan PVC yang tidak terlalu kuat membuat jenis kabel listrik ini mudah digigit tikus serta tidak tahan air.

2. Kabel NYM

Model kabel ini merupakan jenis kabel yang sering digunakan sebagai kabel instalasi listrik rumah dan juga gedung. Kabel NYM memiliki sifat yang tahan air, namun jenis kabel ini tidak boleh ditanam.

Dari segi fisik, model kabel instalasi ini memiliki 1 hingga 4 inti kabel dengan lapisan PVC. Kabel NYM memiliki lapisan PVC yang lebih kuat sehingga dapat berfungsi lebih baik dan tahan lama ketimbang kabel NYA.

3. Kabel NYY

Model kabel NYY bisa dibilang sebagai kabel untuk instalasi di bawah tanah. Kabel ini memiliki lapisan yang lebih tebal serta tidak disukai tikus serta memiliki jumlah inti yang lebih banyak.

4. Kabel NYAF

Tipe kabel NYAF adalah salah satu kabel instalasi yang memiliki fleksibilitas tinggi.  Kabel ini memiliki penghantar tembaga serta lapisan PVC yang sangat cocok sebagai kabel instalasi listrik berbagai jenis panel di rumah Anda.

5. Kabel NYFGbY

Jika Anda masih merasa kabel NYY masih belum cukup memenuhi kebutuhan instalasi listrik bawah tanah rumah Anda, maka model kabel NYFGbY dapat menjadi alternatif buat Anda.

Model kabel ini merupakan kabel dengan lapisan pelindung paling tebal. Selain itu, kabel ini juga memiliki kapasitas listrik yang besar.

Bila disimpulkan, langkah untuk memiliki ukuran kabel instalasi listrik rumah adalah sebagai berikut ini:

  • Ketahui kapasitas listrik rumah anda (450 VA - 2200 VA)
  • Tentukan besar kabel yang akan digunakan. 
  • Sesuaikan budget untuk besar kabelnya 
  • Tentukan jenis atau tipe kabel sesuai dengan kondisi lingkungan Anda.

Itulah dia penjelasan ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN serta jenis-jenisnya yang dapat Anda jadikan panduan. Memilih kabel yang tepat akan bisa menyempurnakan rumah Anda, sekaligus terhindari dari berbagai masalah di masa mendatang.

Semoga informasi mengenai Ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN ini bisa berguna dan kunjungi Klopmart karena kami jual kabel eterna murah Jakarta sekarang juga!

Baca juga: cara mencegah kabel digigit tikus


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Apr 2021

Related Article