Ukuran Pipa Galvanis

Tahukah Anda apa jenis pipa yang umum digunakan dalam sistem perpipaan sebuah bangunan? Jawabannya adalah pipa besi dan pipa galvanis. Keduanya memiliki kekuatan sebanding dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pipa galvanis boleh dibilang lebih populer.

Ukuran pipa galvanis pun beragam dan berpengaruh pula pada harga. Semakin besar ukuran pipa, semakin tinggi harga jualnya. Jika Anda sedang mencari informasi mengenai pipa galvanis, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

 

Jenis dan Ukuran Pipa Galvanis

Material baja jadi bahan baku pembuatan pipa galvanis. Lapisan seng menutupi permukaan pipa sehingga pipa punya ketahanan terhadap korosi dan karat. Karena anti karat, otomatis pemakaian pipa galvanis mampu menekan risiko kerusakan yang terjadi dalam jangka panjang.

Baja berkarbon rendah dan lapisan galvanis dibutuhkan untuk memproduksi pipa galvanis. Baja karbon rendah diletakkan ke dalam lelehan seng sehingga terjadi proses yang dikenal sebagai galvanisasi. Langkah tersebut memberi ketahanan tinggi pada pipa baja sehingga mampu memperpanjang usia pemakaian pipa.

Terdapat beberapa jenis pipa galvanis yang dikelompokkan menurut ukuran diameter, bentuk, ketebalan dinding pipa, dan ulir yang dimiliki. Mari perhatikan penjelasan mengenai metode pengukuran pipa berikut.

 

Metode Pengukuran Pipa

Anda dapat menjumpai dua metode pengukuran pipa, yaitu:

  1. Nominal Pipe Size (NPS) mengacu pada standar Amerika Utara sehingga ukuran memakai satuan inch
  2. Diameter Nominal (DN) mengacu pada ukuran Eropa dan memakai satuan milimeter.

Baik dalam sistem NPS maupun DN, sama-sama memiliki schedule (sch) yang merujuk pada ukuran ketebalan dinding pipa. Sebagai informasi tambahan, NPS memulai pengukuran pipa dari ¼ inch hingga 12 inch. Jika NPS melebihi 12 inch maka ukuran mengacu pada diameter luar (outside diameter).

 

Ukuran Pipa

Dalam industri, ada tiga kelompok ukuran pipa galvanis.

Large bore pipe, ukuran pipa di atas 2 inch.

Small bore pipe, ukuran pipa di bawah 2 inch.

Tubing, pipa dengan ukuran sampai 4 inch dengan ketebalan dinding lebih kecil daripada kedua jenis pipa di atas.

Rata-rata pipa galvanis diproduksi dengan panjang 6 meter atau 20 kaki. Sementara, ukuran diameter dapat Anda cek melalui angka yang tercantum usai simbol Ø.  Adapun diameter pipa galvanis yang paling banyak tersedia di pasaran beserta harganya adalah:

Ukuran Diameter (inch)

Harga Grosir (Rp)

½ 

145.000

¾ 

170.000

1

205.000

1-¼

250.000

1-½

300.000

2

375.000

3

540.000

 

Bentuk Pipa

Bentuk pipa galvanis dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian pipa tersebut. Tak heran jika pipa ini punya variasi bentuk yang cukup banyak. Beberapa bentuk pipa yang umum dijumpai adalah bentuk U dan H, pipa bentuk standar, kotak, tabung, hingga lembaran.

 

Ketebalan Pipa

Ketebalan pipa galvanis juga punya standar tersendiri. Schedule number umumnya ditulis dengan angka tertentu, tetapi angka tersebut tidak merepresentasikan ketebalan pipa sebenarnya. Contoh penulisan label pipa adalah 5S dengan huruf ‘S’ mengacu pada material stainless steel.

Tipe ketebalan pipa kemudian dibagi dalam beberapa kelas, yaitu Non-medium, Medium A, dan Medium B. Adapun variasi ketebalan dinding pipa diawali dari 1 mm. Selain itu, pipa dengan schedule 40 dan standar punya ketebalan dinding serupa untuk pipa berdiameter â…› hingga 10 inch.

 

Ulir Pipa

Uliran mengacu pada profil spiral yang terdapat pada pipa. Fungsinya untuk menghubungkan atau menyambungkan dua pipa maupun lebih. Panjang ulir bisa Anda ketahui lewat angka yang tertulis setelah simbol “R”. Contoh, pipa berdiameter ½ inch umumnya memiliki jumlah ulir 14 inch dengan panjang ulir 19 mm.

 

Setelah Anda mengetahui ukuran pipa galvanis, langsung saja belanja kebutuhan material di Klopmart. Mudah, praktis, dan pastinya hemat waktu!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Des 2020

Related Article