Menghitung Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai

Mungkin beberapa dari Anda ada yang ingin mencari tahu atau sedang bingung mengenai bagaimana cara menghitung ukuran kolom rumah 3 lantai dengan tepat. Pembangunan rumah 3 lantai memang memerlukan perhitungan yang lebih kompleks dibandingkan rumah 2 lantai karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti beban tiap lantainya.

Semakin tinggi sebuah rumah, maka tentu saja bangunan yang terletak di lantai pertama harus dapat menopang keseluruhan bangunan tersebut. Jika perhitungan meleset sedikit saja, bukan tidak mungkin jika risiko terjadinya kecelakaan akan meningkat.

Oleh karena itu, dalam membuat sebuah rumah khususnya untuk rumah 3 lantai, kolom merupakan hal yang paling penting untuk diperhitungkan. Dengan demikian, rumah tersebut dapat berdiri kokoh dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan atau kerusakan.

Lalu, bagaimana cara menghitung ukuran kolom untuk rumah 3 lantai tersebut? Simak jawabannya di bawah ini.
 

Bagaimana Cara Menghitung Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai?

Dalam mencari ukuran kolom rumah 3 lantai dengan tepat, setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda hitung, yaitu:
 

1. Hitung Dimensi Balok Induk dan Balok Anak

Pertama-tama, Anda perlu menghitung terlebih dahulu dimensi balok induk dan balok anak sebelum dapat menghitung dimensi kolom yang akan digunakan dalam membangun rumah 3 lantai tersebut. Untuk dapat menghitung dimensi balok induk dan balok anak, Anda perlu memperhitungkan seberapa jauh jarak antara balok dan seberapa tinggi balok yang akan digunakan.

Penempatan balok dan ukuran tinggi balok perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin. Semakin jauh jarak tiap balok, maka semakin tinggi pula balok yang diletakkan.

Begitupun sebaliknya, jika penempatan tiap balok memiliki jarak yang dekat, maka tinggi balok akan menjadi lebih rendah pula. Hal ini perlu diperhatikan agar struktur bangunan tidak melendut.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan antara tinggi balok dengan lebar dimensi balok. Semakin tinggi balok yang akan dipasang, maka semakin lebar pula dimensi balok tersebut dan sebaliknya.
 

2. Hitung Dimensi Kolom

Setelah Anda mendapatkan perhitungan dimensi balok induk dan balok anak yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya yaitu menghitung dimensi kolom. Perhitungan dimensi kolom ini untuk mengetahui berapa besaran penampang kolom yang perlu digunakan agar dapat menopang balok induk dan anak yang telah dihitung sebelumnya.

Anda perlu menghitung lebar penampang kolom dengan menambahkan 10 cm dari lebar balok yang digunakan. Apabila Anda menggunakan kolom yang pipih, maka untuk perhitungannya adalah 15 dikali panjang kolom pipih tersebut.
 

3. Hitung Tebal Pelat Lantai

Selanjutnya, untuk langkah terakhir, Anda perlu menghitung tebal pelat pantai. Perhitungan tebal pelat lantai ini tergantung dengan struktur bangunan dan juga jenis besi yang digunakan.

Untuk perhitungan tebal pelat lantai, Anda bisa menghitung menggunakan rumus 1/40 dikali bentangan pelat lantai. Sedangkan khusus untuk lantai yang menggunakan beton, Anda perlu mengikuti aturan sesuai yang tercantum pada Peraturan Beton Indonesia Bab 9 yang ditulis sejak tahun 1971.

Apakah hingga sejauh ini Anda sudah mengerti mengenai cara menghitung ukuran kolom rumah 3 lantai? Pastikan Anda mendapat perhitungan yang tepat agar rumah yang dibangun dapat berdiri dengan kokoh dan tahan lama.

Sekian informasi yang dapat Klopmart berikan. Jika Anda membutuhkan lem besi untuk keperluan pembangunan rumah termasuk untuk menempelkan besi-besi yang digunakan dalam pembuatan kolom, silakan cek harga lem besi dari Klopmart atau hubungi kami sekarang juga untuk informasi produk lainnya yang dapat digunakan dalam pembangunan rumah.

Baca juga: Cara Menggunakan Lem Besi dengan Tepat dan Aman

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya