Tips & Trik

TIPS SAFETY PENGGUNAAN PALU/MARTIL

Media
10 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Palu atau martil adalah salah satu anggota dari keluarga besar perkakas yang sangat akrab kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Palu atau martil memiliki beberapa jenis. Anda dapat membaca mengenainya dalam artikel PERKAKAS KITA: PALU/MARTIL.

    Tahukah Anda, bahwa ada beberapa tips keselamatan (safety) yang baik untuk Anda ketahui dalam menggunakan perkakas palu atau martil ini. Walaupun tadi perkakas yang satu ini dikatakan akrab dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita jumpai pula orang-orang yang tidak paham menggunakannya. Kadang penggunaannya sedemikian serampangan sehingga membahayakan orang lain di sekitarnya! Jika orang itu merasa sakti mandra-guna sehingga meremehkan langkah-langkah keselamatan, ingatkan dia bahwa orang lain di sekitarnya tidak sesakti dia.

    Yuk, mari kita bahas beberapa tips tersebut:

     

    Tips Safety Menggunakan Palu atau Martil:

    • Pilihlah palu atau martil yang nyaman bagi tangan Anda. Gunakan palu/martil dengan jenis dan berat yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Penggunaan palu yang tidak sesuai akan dapat membuat pecahnya mata palu. Melesatnya pecahan ini akan mampu menimbulkan luka serius bagi yang terkena.

     

    • Pilihlah palu atau martil dengan mata palu yang sedikitnya 1,2cm lebih besar daripada permukaan benda (pahat, pasak ataupun baji) yang akan dipukulnya.

     

    • Pilihlah palu atau martil yang mata palunya memiliki bevel di tepiannya. Hal ini akan membuatnya lebih tidak mudah pecah.

     

    • Gunakan palu atau martil yang memiliki bantalan pada gagangnya untuk cukup dapat meredam benturan yang keras pada tangan kita saat bekerja.

     

    • Pastikan menggunakan palu atau martil yang dilengkapi gagang berinsulasi khusus saat menggunakannya pada peralatan yang beraliran listrik. Insulasi ini akan melindungi kita dari sengatan listrik.

     

    • Pastikan kepala palu atau martil dalam keadaan terpasang kokoh pada gagangnya. Kita tidak mau kepala martilnya terbang melesat tanpa sengaja, bukan?

     

    • Gantilah gagang palu atau martil jika dalam keadaan rusak, retak ataupun pecah.

     

    • Hindari penggunaan palu atau martil yang mata palunya sudah mengembang ujungnya, pecah atau retak. Periksa juga apakah ada retakan pada bagian lain dari kepala martilnya.

     

    • Usahakan area kerja kita selalu dalam keadaan bersih. Keep your post clean!

     

    • Gunakan kacamata pelindung ataupun pelindung wajah saat bekerja dengan palu atau martil. Gunakan juga topi ataupun helm pengaman jika bekerja dalam area yang berbahaya kejatuhan sesuatu dari atas. Jangan lupa gunakan juga sepatu pengaman!

     

    • Sebelum mengayunkan palu atau martil, pastikan ada jarak yang aman dari orang-orang di sekitar kita!

     

    • Pastikan juga kuda-kuda kaki kita mantap dan genggaman kita imbang dan stabil saat berdiri mengayunkan palu atau martil.

     

    • Pukulkan mata palu atau martil secara merata dan sejajar dengan permukaan benda yang dipukulnya. Hindari memukulkannya dengan miring. Hal ini agar mata palu atau martil tidak pecah seperti pada poin pertama di atas.

     

    Hal-hal Penting Lainnya:

    • Hindarilah menggunakan palu atau martil dengan kepala yang kendur dari gagangnya.

     

    • Hindarilah menggunakan palu atau martil dengan gagang rusak, baik bantalan ataupun gagangnya.

     

    • Hindari menggunakan gagang palu atau martil yang tepiannya bersudut tajam sehingga dapat mengganggu aliran darah di jari-jari tangan kita.

     

    • Hindari menggunakan palu atau martil yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaannya. Hal ini akan merusak palu atau martil dan juga membahayakan kita.

     

    • Kadang setelah palu atau martil digunakan untuk pekerjaan berat dalam kurun waktu panjang, mata palu atau martil akan retak dan mengembang menyerupai payung jamur. Kondisi ini akan membahayakan kita ndan orang di sekitar kita! Gantilah dengan palu atau martil yang baru atau masih dalam kondisi yang baik.

     

    • Hindarilah mengasah, menggerinda, menempa ataupun mengelas kepala martil dengan alasan memperbaikinya. Gantilah dengan palu atau martil yang baru atau masih dalam kondisi yang baik.

     

    • Hindarilah bekerja dengan palu pada lokasi dan posisi yang ‘aneh’ dan tidak nyaman. Hal ini dapat membahayakan keselamatan diri kita.

     

    • Hindarilah memukulkan palu atau martil pada bagian lain dari kepala martil selain mata palu yang memang dibuat khusus untuk itu.

     

    Kelihatan dan kedengaran konyol saat kita baca poin-poin di atas pertama kali. Tetapi hal ini adalah langkah-langkah keselamatan (safety) yang dijadikan standar operasi.

    Tidak ada salahnya untuk mengerti dan melaksanakannya, karena sekali lagi safety first! Keuntungannya adalah keselamatan diri kita sendiri agar keluarga kita bahagia.

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya