Cara Membuka Pintu yang Terkunci


Pernahkah Anda mengalami hal buruk seperti kehilangan kunci rumah atau kunci rumah rusak? Kejadian seperti ini tentu membuat Anda kesal karena tidak dapat masuk rumah. Alhasil, Anda pun berpikiran untuk mendobrak pintu rumah untuk dapat memasukinya. Namun, cara ini dapat merusak pintu. Sebenarnya, ada cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah menggunakan benda di sekitar kita. Bagaimana dan apa saja alatnya? Berikut ulasannya yang perlu Anda tahu.
 

Cara Membuka Pintu Rumah yang Terkunci Tanpa Alat Pembobol

Ada 7 cara membuka pintu yang terkunci dengan benda-benda yang ada disekitar Anda, yaitu:
 

1. Menggunakan Penjepit Kertas

Penjepit kertas mungkin merupakan benda yang berukuran kecil dan terbilang sepele. Akan tetapi, penjepit kertas ini juga berfungsi sebagai pengganti kunci untuk membuka pintu yang terkunci. Penjepit kertas ini memiliki keunggulan karena tidak mudah patah dan kaku.

Selain itu, ukurannya yang kecil dapat dimasukkan ke dalam lubang kunci. Terutama pada bagian depan kenopnya. Setelah memasukkan ujung penjepit kertas tersebut, pukullah secara perlahan dan terukur agar pintu dapat terbuka kembali.
 

2. Melepas Kenop Pintu dengan Obeng

Cara membuka pintu yang terkunci berikutnya adalah dengan menggunakan obeng. Cara ini digunakan untuk melepas kenop pada pintu. Selain itu, menggunakan obeng juga akan memudahkan Anda jika dilakukan dengan baik dan benar. Untuk obeng yang digunakan, sebaiknya Anda pilih obeng jenis flathead. Terlebih dalam membuka tombol-tombol sekrup yang ada pada gagang pintu.
 

3. Menarik Baut dengan Gantungan Kawat

Pada jenis kuncian yang menggunakan latchbolt, bisa menggunakan gantungan kawat yang dikaitkan. Caranya sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pertama, Anda perlu menekuk gantungan kawat ini menjadi sebuah pengait dan memiliki pegangan yang cukup panjang. Lalu, masukkanlah pengait tadi ke sebuah celah yang ada di antara kusen dan tepi pintu.

Setelah gantungan kawat ini ada dalam posisinya, pegang menggunakan satu tangan dan tangan lain memegang gagang pintu. Putarlah ke arah kenop bila tak terkunci. Kemudian, tarik gantungan tadi ke arah posisi Anda. Saat menarik kait tersebut, pastukan kenop harus berputar. Dengan begitu pintu akan terbuka.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Engsel Pintu Berbunyi
 

4. Menggunakan Kartu Kredit

Percaya atau tidak, kartu kredit juga bisa Anda jadikan alternatif untuk membuka pintu yang terkunci. Terlebih lagi bila pintu di rumah menggunakan sistem penguncian latchbolt yang menghadap ke orang yang membuka kunci. Cara membuka pintu yang terkunci ini pada dasarnya memiliki cara kerja seperti menggunakan gantungan kawat di atas.

Namun, ketika mengaplikasikan cara ini, Anda harus menggunakan bagian tepi pada kartu kredit dalam mendorong sisi ujungnya yang miring. Letakkan pada sisi pintu dan tekan pada bagian kenopnya sambil memutar gagang pintu. Menggunakan kartu kredit ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kartu kredit punya sifat yang fleksibel yang memudahkan Anda menekuknya ke celah sempit kusen.
 

5. Menggunakan Kunci ‘L’

Cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah bisa Anda lakukan dengan menggunakan kunci L. Ini bisa dilakukan untuk pintu yang menggunakan gagang pintu modern. Cocokkanlah ukuran kunci ‘L’ dengan lubang pintu. Anda bisa memilih ukuran mana yang pas tanpa harus mengikir atau menebalkan kunci ‘L’ tersebut.

Masukkan kunci ‘L’ tadi ke lubang kunci dengan arah yang lurus dengan gerakan maju-mundur. Kemudian, putarlah kunci ‘L’ tersebut dalam membuka pintunya. Putarlah sedikit sampai pintu terbuka. Lakukanlah secara perlahan agar gagang pintu tidak rusak dan tidak membuat kunci ‘L’ menjadi patah.
 

6. Menggunakan peniti

Cara membuka pintu tanpa kunci yang terakhir ada dengan menggunakan peniti. Masukan peniti atau pencungkil pada lubang kunci pintu, kemudian putar-putar hingga menggeser kunci pintu menjadi posisi terbuka. Jika kesemua metode membuka kunci pintu diatas masih belum berhasil dibuka, dalam situasi dan kondisi sangat darurat mungkin Anda perlu untuk melakukan trik yang paling ampuh, yaitu mendobrak pintu. Tentu saja jika kunci pintu dibuka dengan cara paksa, maka beberapa bagian kunci pintu Anda aka mengalami kerusakan, disaat ini Anda membutuhkan tukang kunci agar Anda dapat mengggunakan dan mengunci pintu kembali dengan normal.
 

7. Menggunakan Kunci Ketok

Kunci ketok memiliki sifat yang kurang lebih sama dengan kunci duplikat. Kunci ketok memiliki ukuran serta bentuk yang serupa dengan lubang kunci dari pintu yang terkunci, namun bedanya, kunci ketok tidak dapat membuka kunci tersebut karena memang bukan kunci duplikat.

Untuk dapat membuka pintu yang terkunci dengan menggunakan kunci ketok, Anda membutuhkan beberapa peralatan lain, seperti palu, untuk membantu memutar kunci ketok. Berikut adalah langkah untuk membuka pintu dengan menggunakan metode ini:

Siapkan kunci yang dapat memasuki lubang kunci yang terkunci dengan baik. Jika tidak memiliki kunci demikian, Anda bisa meminta tukang kunci untuk membuat kunci yang sesuai dengan interior lubang kunci.
Masukkan kunci ketok ke dalam lubang kunci. Pastikan kunci dapat masuk hingga ke pin terakhir dari interior lubang kunci.
Gunakan palu untuk menghantam kunci ketok dengan keras. Setalah itu, putar kunci ketok untuk membuka pintu.
Terkadang, Anda butuh melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan momentum yang tepat yang dapat membuat pin di dalam lubang kunci terangkat naik yang membuat Anda dapat membuka pintu.

Setidaknya itulah beberapa cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah dan bisa Anda praktikkan. Ingat, cara tersebut hanya digunakan untuk keadaan yang mendesak atau darurat semata. Tidak diperkenankan mempraktikkan cara tersebut untuk tujuan yang merugikan orang lain dan melawan hukum. Misalnya tindakan pencurian, pembobolan, dan sebagainya. Untuk menghindari kesulitan karena kerusakan pada kunci, mungkin Anda dapat menggunakan merk kunci terbaik yang ada di pasaran. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Jenis Jenis Pintu Berdasarkan Cara Membukanya


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya