Tak Perlu Khawatir, Ini 5 Cara Membuka Pintu yang Terkunci

Pernahkah Anda mengalami hal buruk seperti kehilangan kunci rumah atau kunci rumah rusak? Kejadian seperti ini tentu membuat Anda kesal karena tidak dapat masuk rumah. Alhasil, Anda pun berpikiran untuk mendobrak pintu rumah untuk dapat memasukinya. Namun, cara ini dapat merusak pintu. Sebenarnya, ada cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah menggunakan benda di sekitar kita. Bagaimana dan apa saja alatnya? Berikut ulasannya yang perlu Anda tahu.

 

Menggunakan Penjepit Kertas

Penjepit kertas mungkin merupakan benda yang berukuran kecil dan terbilang sepele. Akan tetapi, penjepit kertas ini juga berfungsi sebagai pengganti kunci untuk membuka pintu yang terkunci. Penjepit kertas ini memiliki keunggulan karena tidak mudah patah dan kaku.

Selain itu, ukurannya yang kecil dapat dimasukkan ke dalam lubang kunci. Terutama pada bagian depan kenopnya. Setelah memasukkan ujung penjepit kertas tersebut, pukullah secara perlahan dan terukur agar pintu dapat terbuka kembali.

Melepas Kenop Pintu dengan Obeng

Cara membuka pintu yang terkunci berikutnya adalah dengan menggunakan obeng. Cara ini digunakan untuk melepas kenop pada pintu. Selain itu, menggunakan obeng juga akan memudahkan Anda jika dilakukan dengan baik dan benar. Untuk obeng yang digunakan, sebaiknya Anda pilih obeng jenis flathead. Terlebih dalam membuka tombol-tombol sekrup yang ada pada gagang pintu.

Menarik Baut dengan Gantungan Kawat

Pada jenis kuncian yang menggunakan latchbolt, bisa menggunakan gantungan kawat yang dikaitkan. Caranya sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pertama, Anda perlu menekuk gantungan kawat ini menjadi sebuah pengait dan memiliki pegangan yang cukup panjang. Lalu, masukkanlah pengait tadi ke sebuah celah yang ada di antara kusen dan tepi pintu.

Setelah gantungan kawat ini ada dalam posisinya, pegang menggunakan satu tangan dan tangan lain memegang gagang pintu. Putarlah ke arah kenop bila tak terkunci. Kemudian, tarik gantungan tadi ke arah posisi Anda. Saat menarik kait tersebut, pastukan kenop harus berputar. Dengan begitu pintu akan terbuka.

Menggunakan Kartu Kredit

Percaya atau tidak, kartu kredit juga bisa Anda jadikan alternatif untuk membuka pintu yang terkunci. Terlebih lagi bila pintu di rumah menggunakan sistem penguncian latchbolt yang menghadap ke orang yang membuka kunci. Cara membuka pintu yang terkunci ini pada dasarnya memiliki cara kerja seperti menggunakan gantungan kawat di atas.

Namun, ketika mengaplikasikan cara ini, Anda harus menggunakan bagian tepi pada kartu kredit dalam mendorong sisi ujungnya yang miring. Letakkan pada sisi pintu dan tekan pada bagian kenopnya. Menggunakan kartu kredit ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kartu kredit punya sifat yang fleksibel yang memudahkan Anda menekuknya ke celah sempit kusen.

Menggunakan Kunci ‘L’

Cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah bisa Anda lakukan dengan menggunakan kunci ‘L’. Ini bisa dilakukan untuk pintu yang menggunakan gagang modern. Cocokkanlah ukuran kunci ‘L’ dengan lubang pintu. Anda bisa memilih ukuran mana yang pas tanpa harus mengikir atau menebalkan kunci ‘L’ tersebut.

Masukkan kunci ‘L’ tadi ke lubang kunci dengan arah yang lurus dengan gerakan maju-mundur. Kemudian, putarlah kunci ‘L’ tersebut dalam membuka pintunya. Putarlah sedikit sampai pintu terbuka. Lakukanlah secara perlahan agar gagang pintu tidak rusak dan tidak membuat kunci ‘L’ menjadi patah.

Baca juga: Kiat memilih handle pintu

Setidaknya itulah beberapa cara membuka pintu yang terkunci dengan mudah dan bisa Anda praktikkan. Ingat, cara tersebut hanya digunakan untuk keadaan yang mendesak atau darurat semata. Tidak diperkenankan mempraktikkan cara tersebut untuk tujuan yang merugikan orang lain dan melawan hukum. Misalnya tindakan pencurian, pembobolan, dan sebagainya. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article