Pompa dan Pipa

4 Penyebab Pompa Air Keluarnya Kecil dan Cara Memperbaikinya

Media
09 Agu 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


Apa saja penyebab pompa air keluarnya kecil? Permasalahan tekanan air yang kecil sungguh merepotkan. Semua pekerjaan rumah tangga jadi terhambat dan selesai lebih lama dari biasanya. Belum lagi kalau sedang dibutuhkan untuk hal-hal penting seperti mandi dan memasak. 

Sebagai contoh, Anda dan anak jadi tidak bisa mandi karena air yang keluar sangat kecil. Memasak di pagi hari pun jadi tidak bisa dilakukan karena kekurangan air. Padahal air merupakan salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. 

Kalau sudah begini apa yang bisa dilakukan untuk memperbesar keluarnya air? Tenang saja! Anda tidak perlu khawatir karena KlopMart telah mengumpulkan penyebab sekaligus solusi untuk mengatasi pompa air yang keluarnya kecil. Simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Penyebab Pompa Air Keluarnya Kecil

Apa Penyebab Pompa Air Keluarnya Kecil

Sebelum berusaha memperbaikinya, Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan pompa air keluar kecil. Mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya akan memampukan Anda untuk memperbaiki langsung ke akar permasalahannya.

Jadi tidak sekadar memotong, mengganti atau menambal secara sembarangan dan tidak tepat sasaran. Setidaknya ada 4 hal yang menjadi penyebab pompa air keluar kecil. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Masalah pada Dinamo

Masalah pada Dinamo

Setiap mesin pompa air pasti memiliki dinamo untuk membuat air terisap dari tanah atau sumur. Dinamo ini menjadi komponen utama yang membuat mesin pompa bekerja.

Dinamo yang sudah mulai aus atau melemah karena pemakaian terlampau lama akan memiliki performa yang menurun. Jadi wajar saja jika air yang dikeluarkan tidak seberapa. Masalah pada dinamo bukan hanya soal tegangan dan usia pemakaian tetapi juga bisa terbakar.

Dinamo yang terbakar merupakan akibat dari kinerja mesin secara terus-menerus menyala tanpa adanya waktu berhenti. Jika sudah terbakar, Anda bisa langsung membawanya ke tempat service atau menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Rekomendasi Merk Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik

2. Kapasitor Lemah

Kapasitor Lemah

Kapasitor yang lemah juga bisa menjadi penyebab mengapa air yang keluar dari mesin pompa hanya sedikit atau kecil. Jika sebelumnya disebutkan bahwa dinamo bertugas untuk membuat air terpompa maka kapasitor lah yang menyalurkan arus listrik ke dinamo.

Kapasitor bertugas langsung untuk menyalurkan tegangan listrik ke dinamo agar mesin pompa dapat menyala sempurna. Jika kapasitor menjadi lemah tentu bisa dipastikan bahwa arus listrik yang mencapai dinamo tidak akan cukup untuk memompa air. Tidak heran mengapa akhirnya air yang keluar sangat kecil.

3. Impeller Aus

Impeller Aus

Satu lagi komponen penting untuk membuat mesin pompa air bekerja yaitu impeller. Impeller ini berupa piringan bulat yang bergerigi untuk mengisap air.

Putarannya akan menentukan seberapa kuat mesin untuk mengisap air. Jika Anda menemukan bahwa air yang keluar dari mesin pompa kecil maka ada kemungkinan bahwa impeller aus, sehingga perlu segera diganti.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

4. Daya Isap Pompa Tidak Sesuai Kebutuhan

Daya Isap Pompa Tidak Sesuai Kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, daya isap air bisa berkurang karena impeller yang aus. Namun tidak hanya itu karena daya isap dari mesin pompa yang Anda beli dapat menjadi penyebab utamanya.

Daya isap setiap mesin pompa sudah pasti berbeda-beda. Jika Anda merasa bahwa air yang keluar kecil maka sangat mungkin bahwa mesin pompa yang dibeli tidak sesuai dengan kondisi di rumah.

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kedalaman dari sumur atau tanah untuk mengambil air, lalu barulah sesuaikan dengan tegangan listrik yang dialirkan ke mesin pompa. Jika kedalaman dan tegangan listriknya sudah sesuai pasti air yang dipompa akan keluar lebih besar.

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

Tekanan air yang keluarnya kecil secara umum dapat diatasi dengan pembuatan penampungan air seperti sumur bor.

Penampungan seperti ini akan membuat kebutuhan air menjadi tercukupi tanpa harus khawatir air habis. Tetapi ada masalah yang sering terjadi dan harus diperhatikan yaitu ketika air yang ditampung berubah menjadi kuning, bahkan berminyak. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Tawas

Cara pertama untuk membuat air menjadi bersih kembali ialah dengan menggunakan tawas. Tawas merupakan suatu bahan kimia yang berwarna putih bening. Rupanya mirip dengan gula batu, hanya saja memiliki tugas yang berbeda. 

Tawas umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk bahan pewarna hingga produk kecantikan. Tetapi Anda bisa juga menggunakannya untuk membersihkan air yang kuning dan berminyak.

Caranya mudah saja, tinggal larutkan sejumlah tawas dengan air dalam suatu wadah. Jika sudah larut maka Anda bisa langsung menuangnya ke dalam air sumur bor. Tunggu beberapa hari untuk tawas bekerja. Apabila air belum menjadi bersih, Anda bisa menambahkan jumlah tawas ke dalamnya.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

2. Arang Kelapa

Arang kelapa yang biasanya Anda gunakan untuk membakar sate ternyata bisa juga digunakan untuk membersihkan air yang kuning. Anda bisa langsung memasukkan arang ke dalam kantung kain lalu ikat yang kuat agar arang tidak keluar. Kemudian lemparkan ke dalam sumur dan tunggu beberapa hari untuk melihat air menjadi jernih.

3. Menguras Sumur 

Cara-cara sebelumnya belum berhasil membuat air jernih? Ini berarti Anda sudah harus mengurasnya agar air yang tertampung bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya menampung air di sumur memang membutuhkan pemeliharaan rutin. Anda harus sering-sering menguras dan membersihkan agar lumut tidak tumbuh serta merusak air.

4. Filter Air

Terakhir, Anda bisa menggunakan filter air untuk memastikan air yang ditampung bersih. Filter air berguna untuk menyaring berbagai zat atau benda asing yang akan mengotori air. Saat ini ada berbagai macam jenis filter yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ada filter untuk menyaring tanah dan lumpur. Ada juga filter untuk menyaring kandungan besi yang terdapat dalam air. Menggunakan filter seperti ini akan memastikan bahwa air yang tertampung di dalam sumur bor hanyalah air yang bersih.

Itu dia beberapa penyebab mengapa pompa air keluarnya lebih kecil dari yang diharapkan. Kini Anda bahkan sudah tahu cara-cara untuk mengatasi air yang keluarnya kecil sekaligus mengubah air yang kuning dan berminyak menjadi bersih kembali.

Pastikan Anda telah mengecek semua komponen mesin pompa sebelum digunakan agar air yang ada di sumur bisa terisap keluar. Untuk memudahkan, Anda juga bisa menambahkan Sherlock Tusen Klep supaya air tidak kembali ke bawah tetapi langsung terisap ke atas.

Anda bisa mendapatkan Sherlock Tusen Klep di KlopMart sekarang juga! Langsung saja pesan dan barang akan dikirimkan ke rumah Anda. Apabila membutuhkan bahan material lain namun bingung mencarinya maka Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi tim KlopMart.

KlopMart siap membantu dan melayani semua kebutuhan material Anda. Semoga informasi penyebab pompa air keluarnya kecil ini bermanfaat bagi Anda.


Sumber artikel: 

  • https://www.99.co/blog/indonesia/air-sumur-bor-kuning/
  • https://artikel.rumah123.com/6-cara-mengatasi-air-sumur-bor-kuning-dan-berminyak-dijamin-jernih-kembali-123520
  • https://riverspace.org/kapasitor-pompa-air/
  • http://www.dataharga.net/2014/03/impeller-pompa-air-dan-fungsinya.html
  • https://www.99.co/blog/indonesia/penyebab-pompa-air-keluarnya-kecil/#:~
 

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb