7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan Beserta Jenisnya

Ketika hendak membangun sumur bor, Anda harus mengetahui ciri-ciri sumur bor yang bagus terlebih dahulu. Sumur bor sendiri merupakan tempat yang berfungsi sebagai penampung air untuk rumah. Sumur bor ini akan mengeluarkan air yang nantinya akan digunakan untuk berbagai macam keperluan di rumah, seperti mencuci, mandi, dan bahkan minum.

Pada artikel ini, Anda akan membaca mengenai jenis-jenis sumur bor serta ciri-ciri sumur bor yang bagus. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Jenis-Jenis Sumur Bor

Sebelumnya, jenis sumur bor yang dapat digunakan di rumah sangat terbatas. Namun, berkat perkembangan zaman, sekarang sudah ada banyak jenis sumur bor yang dapat digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis sumur bor.

1. Jet Pump

Jenis sumur bor ini biasanya dibuat dengan kedalaman 25 - 45 meter menggunakan jet pump sebagai pompa hisapnya, makanya jenis ini dinamai jet pump. Sumur bor jenis jet pump ini cukup sering digunakan karena jarak pengambilan air biasanya dilakukan pada kedalaman yang tidak terlalu dalam, yaitu 16 - 32 meter.

Baca juga: Cara Pasang Jet Pump dengan Baik dan Benar

2. Submersible

Jenis sumur bor ini biasanya dibuat dengan kedalaman 60 - 80 meter. Umumnya, jenis pompa yang digunakan akan ditanam di dalam sumur hingga terendam oleh air, makanya dinamai submersible. Hal tersebut dilakukan agar pompa mampu menyerap air dengan gaya dorong yang lebih besar.


3. Semi Jet

Jenis sumur bor ini biasanya dibuat dengan kedalaman 0 - 25 meter. Umumnya, jenis sumur bor ini dibuat menggunakan pipa dengan diameter yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah serta lokasi geologis daerah tersebut. Jenis sumur semi jet ini biasanya digunakan untuk keperluan air di kamar mandi.

Perlu diperhatikan, jika kedalaman sumur bor yang dibuat lebih dari 9 meter dan kurang dari 11 meter, maka pilihan pipa hisap yang digunakan adalah semi jet pump. Namun, jika kedalaman yang dibuat lebih dari 11 - 50 meter, maka pompa hisap yang digunakan adalah jet pump (double jet) dengan pipa dorong dan injektor.

Baca juga: Rekomendasi Merk Mesin Pompa Air Jet Pump Terbaik

Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus

Untuk mengetahui kualitas air sumur atau air tanah yang ada di area sekitar rumah, cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan meneliti unsur-unsur yang terkandung di dalamnya serta melihatnya secara langsung. Simak ciri-ciri air sumur bor yang bagus berikut ini:

1. Jernih

Air yang terlihat jernih memang belum tentu benar-benar memiliki kualitas yang bagus. Namun, semua air dengan kualitas yang bagus sudah pasti akan terlihat jernih. Jika airnya terlihat keruh, sudah pasti air tersebut tidak bersih.

2. Tidak Berwarna

Unsur yang terkandung di dalam air tanah akan memengaruhi warna air tersebut. Air tanah yang bagus biasanya tidak akan memiliki warna. Jika air tanah memiliki warna, seperti kecoklatan, biasanya air tersebut mengandung lumpur. Artinya, air tersebut kotor dan tidak bersih.

3. Rasanya Tawar

Pengujian air tanah secara langsung, seperti mencicipinya, harus dilakukan untuk memastikan kualitas air tanah tersebut. Apabila air tanah tersebut terasa tawar setelah dicicipi, artinya air tanah tersebut kualitasnya bagus dan tidak mengandung unsur yang berbahaya di dalamnya. Sebaliknya, jika air tanah tersebut memiliki rasa seperti asam, sudah pasti air tanah tersebut berbahaya.

Baca juga: Inilah Batas Kedalaman Sumur Bor yang Baik

4. Memiliki PH Netral

Air tanah yang bagus harus memiliki pH yang netral, yaitu antara 6,8 - 7,2 atau 6,5 - 7,5. Apabila air tanah tersebut memiliki pH yang terlalu asam atau basa, maka air tanah tersebut tidak aman untuk dikonsumsi atau bahkan tidak aman untuk menyentuh kulit manusia.

5. Tidak Mengandung Unsur yang Berbahaya

Hal yang sangat penting untuk diketahui adalah apakah rumah Anda berada di sekitar area pabrik atau tidak. Pasalnya, air tanah yang berada di sekitar area pabrik seringkali memiliki unsur yang berbahaya di dalamnya karena pembuangan limbah yang dilakukan pabrik tersebut, terlebih air tanah yang dangkal.

6. Tingkat Kesadahan Rendah

Kesadahan adalah tingkatan kandungan logam berat tertentu yang ada di dalam air.  Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kesadahan air tanah, salah satunya adalah dengan mencoba mencampurkan air tersebut dengan deterjen. Apabila setelah dimasukkan deterjen air tersebut sukar untuk berbusa, maka artinya tingkat kesadahan air tersebut cukup tinggi.

Biasanya, air tanah yang sulit untuk membuat busa setelah dicampurkan sabun mengandung kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Selain itu, air tanah yang biasanya memiliki bau anyir atau kurang sedap ada kemungkinan mengandung mangan (Mn) dan besi (Fe) di dalamnya.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sumur Bor Pakai Paralon yang Aman

Air dengan tingkat kesadahan yang tinggi biasanya akan menimbulkan noda kecoklatan ketika digunakan untuk mencuci baju. Apabila digunakan terus menerus untuk mandi, apalagi untuk minum, sudah pasti akan membahayakan tubuh juga.


7. Tidak Mengandung Bakteri Berbahaya

Air tanah yang mengandung banyak bakteri sudah pasti akan menyebabkan banyak penyakit untuk penggunanya. Tidak hanya jika diminum, air yang memiliki banyak bakteri juga akan membahayakan tubuh bahkan jika hanya dipakai untuk mandi karena bakterinya bisa masuk ke tubuh melalui pori-pori.

Apabila sedang mencari harga pipa paralon yang terjangkau untuk kebutuhan pembangunan, Anda dapat menemukannya di Klopmart. Selain pipa paralon, masih ada banyak material bangunan lain yang dapat Anda temukan. Anda dapat memesannya secara online dan barang akan dikirim langsung ke alamat yang diisikan. Semoga penjelasan ciri-ciri air sumur bor yang bagus ini dapat membantu.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya