7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor apabila sumur tersebut mengeluarkan bau besi yang menyengat. Pasalnya, air sumur yang mengeluarkan aroma besi menyengat tersebut menjadi tanda bahwa air telah terkontaminasi oleh zat berbahaya dan tidak layak dikonsumsi. Tanda air yang layak dan aman dikonsumsi, yaitu tidak kotor, tidak berbau, dan tidak berwarna.

Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan bau besi pada air sumur bor? Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi penting terkait cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor yang bisa dicoba sendiri di rumah. Sebagai tambahan, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang penyebab air sumur mengeluarkan bau besi. 

Kenapa Air Sumur Bor Bau Besi?

Air sumur bor yang mengeluarkan bau besi dipicu oleh tingginya kandungan zat Fe pada air. Penyebab air sumur memiliki kandungan zat Fe yang tinggi bisa bermacam-macam, diantaranya karena kontaminasi dari aktivitas manusia seperti pembuangan limbah industri, rembesan tempat pembuangan sampah, hingga kebocoran pipa gas bawah tanah. 

Aktivitas tersebut dapat membuat air dalam tanah mudah tercemar oleh bakteri dan senyawa kimia, sehingga mengakibatkan air sumur bor Anda mengeluarkan bau besi yang menyengat.

Ciri-ciri air yang terkontaminasi dan memiliki kadar zat Fe tinggi adalah:

  • Terasa licin saat digunakan;
  • Menimbulkan kerak pada baju;
  • Tidak enak ketika dikonsumsi;
  • Saat diendapkan warnanya akan berubah kekuning-kuningan, dan;
  • Mengeluarkan bau besi yang sangat menyengat.

Lalu, pertanyaannya apakah air dengan kandungan zat Fe yang tinggi aman dikonsumsi? Jawabannya, tentu saja tidak. Mengonsumsi zat Fe yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gejala seperti mual, diare, mulut terasa gatal, bahkan gangguan penyakit jantung. Jadi, sebelum Anda mengonsumsi air sumur bor, pastikan kualitasnya baik dan aman, ya.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

Sumur bor sering dijadikan sebagai sumber air bersih oleh masyarakat di Indonesia. Namun, sayangnya air dalam sumur tidak selalu jernih dan kadang mengeluarkan bau besi yang yang menyengat. Untuk menghilangkan bau besi pada sumur bor, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Garam

Menggunakan Garam untuk Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Kandungan zat-zat penetralisir bau seperti hidrogen sulfida (H2S) yang terdapat pada garam dapat menghilangkan bau besi pada air sumur bor. Anda hanya perlu memasukan 1 bungkus garam ke dalam sumur lalu diamkan selama beberapa hari. Jika baunya masih belum hilang, Anda bisa mengulanginya lagi hingga beberapa kali.

2. Menggunakan Kaporit

Kaporit untuk untuk Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Kaporit merupakan senyawa kimia yang sering digunakan untuk menjernihkan air pada kolam renang. Selain untuk menjernihkan air, ternyata kaporit juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau besi pada air sumur bor. Namun, penggunaan kaporit tidak boleh terlalu banyak agar air sumur tetap aman untuk dikonsumsi.

3. Menggunakan Batok Kelapa

Batok Kepala

Jika Anda ingin cara yang lebih alami dan aman, bisa menggunakan batok kelapa. Batok kelapa mengandung senyawa karbon aktif yang dapat mengikat kotoran dan menjernihkan air. Cara menggunakannya, bungkus beberapa batok kelapa dengan kain, lalu masukan ke dalam sumur. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu beberapa hari.

4. Menggunakan Tawas

Menggunakan Tawas

Tawas sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Namun, siapa sangka bahwa ternyata tawas cukup ampuh untuk menghilangkan bau besi pada sumur bor. Tidak hanya menghilangkan bau, tawas juga dapat membantu untuk menjernihkan air, sehingga menjadi lebih bersih dan aman dikonsumsi.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sumur Bor Pakai Paralon yang Aman

5. Menggunakan Bak Penampungan

Menggunakan Bak Penampungan

Anda juga bisa menghilangkan bau besi pada air sumur bor dengan menggunakan bak penampungan. Caranya, air yang berasal dari sumur bor diendapkan terlebih dahulu di dalam bak penampungan selama beberapa hari sebelum digunakan. Setelah beberapa hari, biasanya bau besi yang menyengat akan hilang dengan sendirinya.

6. Menggunakan Filter Air

Menggunakan Filter Air

Anda juga bisa memasang filter air untuk menghilangkan bau besi dan kotoran pada air sumur bor. Filter air dapat Anda temukan di toko-toko bangunan terdekat. Filter air biasanya dipasang pada pipa sambungan dekat toren penyimpanan air. Supaya kualitas air tetap terjaga, Anda perlu mengecek dan membersihkan filter airnya dengan rutin.

7. Menggali Sumur Lebih Dalam

Menggali Sumur Lebih Dalam

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun bau besinya belum juga hilang, Anda bisa mencoba untuk memperdalam galian sumur bor. Cara ini memang akan cukup memakan biaya, karena Anda perlu menggunakan jasa tukang gali sumur untuk melakukannya. Namun, cara ini terbukti cukup ampuh untuk menghilangkan bau besi pada sumur bor.

Baca juga: Inilah Batas Kedalaman Sumur Bor yang Baik

Itu dia cara-cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau besi pada air sumur bor. Air merupakan salah satu sumber kehidupan yang penting untuk setiap makhluk hidup. Jadi, pastikan air yang terdapat pada sumur Anda dapat mengalir dengan lancar agar kebutuhan air bersih tetap terpenuhi. 

Anda bisa menggunakan Onda Tusen Klep dari KlopMart untuk membantu memperlancar keluarnya air sumur. Onda Tusen Klep dapat menahan aliran air pada pipa agar tidak kembali turun ke bawah, sehingga mudah dikeluarkan melalui kran. Selain itu, Onda Tusen Klep terbuat dari bahan kuningan yang anti karat, sehingga dapat mencegah terjadinya perubahan warna dan bau besi pada air sumur bor. 

Jika Anda tertarik dengan Onda Tusen Klep, segera kunjungi halaman produk KlopMart sekarang juga untuk melakukan pemesanan. Dari yang sudah dipaparkan di atas, kira-kira mana cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor yang paling efektif menurut Anda?

Sumber artikel: 

  • https://jeimart-indonesia.com/kursi-minimalis-besi-hollow/
  • https://desain.visitindonesia.my.id/2021/09/20-inspirasi-terpopuler-kursi-panjang.html
  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/kursi-teras-besi-hollow
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya