Memahami Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah

Apakah Anda mengetahui rumus tinggi kuda-kuda atap rumah? Di dalam setiap rumah yang dibangun, ada bagian konstruksi bangunan yang tidak boleh dilupakan, yaitu kuda-kuda atap. Sesuai namanya, kuda-kuda berguna untuk menjadi kerangka penopang genteng rumah agar tetap kokoh dan kuat sepanjang waktu. Namun bagaimana dengan rumus tingginya? Kemudian, apa saja tipe kuda-kuda atap rumah yang sering digunakan? Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.
 

Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah

Pemasangan kuda-kuda atap rumah menjadi hal utama untuk diperhatikan di dalam pembangunan konstruksi rumah. Sebagai bagian penting dari atap, sudut kemiringan konstruksi ini sangat penting untuk dihitung dengan benar. 

Kemiringan atap rumah yang ideal di antara 25-40 derajat. Namun jika sudah diterapkan secara langsung, 30 derajat menjadi kemiringan yang paling digunakan. Tapi bukan berarti Anda harus menggunakan kemiringan 30 derajat juga. Paling penting adalah menentukan derajat kemiringan perlu mengetahui berapa ukuran dari tinggi atap rumah.

Rumus tinggi kuda-kuda atap rumah adalah:

Tinggi Kuda-Kuda Atap = ½ (panjang bentang) x Tangen dari sudut kemiringan atapnya

Untuk bisa mengetahui bagaimana perhitungan secara tepat, mari dibedah dengan menggunakan contoh kasus.

Jika panjang bentang atap adalah 6 meter dan sudut kemiringan sekitar 30 derajat, maka:

Tinggi Kuda-Kuda Atap = 6/2 x 0,58
Tinggi Kuda-Kuda Atap = 3 x 0,58
Tinggi Kuda-Kuda Atap = 1,73 meter

Dengan perhitungan di atas, maka sudah jelas bahwa tinggi kuda-kuda atap yang bisa dibangun sesuai rumus adalah 1,73 meter. Angka inilah yang menjadi acuan untuk membangun tinggi kuda-kuda atap rumah yang tepat dan sesuai kriteria konstruksi bangunan. Mudah, bukan?

Baca juga: jarak reng baja ringan atap rumah
 

Tipe Kuda-Kuda Atap Rumah

Ada berbagai macam tipe kuda-kuda atap rumah yang sering digunakan pada saat ini. Apa saja tipenya?
 

1. Bahan Beton

Kuda-kuda atap rumah dari bahan beton terbuat dari beton bertulang yang biasa digunakan untuk tempat tinggal dengan spesifikasi tertentu. Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah komposisi pemasangan kuda-kuda ini harus teliti sekali. Seperti jarak tumpuan bebasnya tidak harus empat meter. Namun jika jarak tumpuannya lebih dari empat meter, di posisi inilah dibutuhkan perhitungan secara susunan yang tepat. Untuk itulah mengapa penggunaan bahan beton untuk kuda-kuda atap rumah harus sangat teliti.
 

2. Bahan Kayu

Bahan kayu termasuk kuda-kuda atap rumah yang paling sering digunakan. Tipe ini menawarkan kepraktisan dan mudah ditempatkan untuk mendukung komponen lainnya dalam konstruksi bangunan. Selain itu juga mudah didapatkan dan tidak akan mengalirkan listrik sehingga proses pemasangan lebih aman.
 

3. Batu Bata

Batu bata untuk kuda-kuda atap rumah biasa disebut juga sebagai gunungan. Alasan utama penyebutan nama ini adalah bentuknya yang segitiga sehingga menyerupai gunung. Batu bata ini digunakan untuk jenis atap pelana.

Baca juga: 4 Jenis Baja Ringan yang Umum Dalam Konstruksi
 

4. Baja Konvensional

Selanjutnya ada baja konvensional yang sering diaplikasikan untuk bangunan dan gedung berukuran besar. Contohnya seperti pabrik dan gudang industri. Bangunan seperti itu membutuhkan tumpuan yang besar karena memang baja konvensional memiliki bentangan melebihi 15 meter.
 

5. Baja Ringan

Atap baja ringan semakin sering digunakan untuk menggantikan bahan kayu karena beberapa alasan. Dimulai dari bobot tidak terlalu berat, harga yang terjangkau, tahan karat, dan anti rayap. Baja ringan juga mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Inilah mengapa baja ringan menjadi pilihan utama kuda-kuda atap rumah pada saat ini.

Anda sendiri mungkin tertarik untuk menggunakan baja ringan sebagai kuda-kuda atap rumah. Klopmart memiliki produk baja ringan terbaik di kelasnya dengan berbagai ukuran. Tertarik untuk membelinya? Dengan informasi rumus tinggi kuda-kuda atap rumah, cek harga reng baja ringan di Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Apr 2021

Related Article