Atap & Lantai

Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah Serta Contoh Perhitungannya

Media
31 Mei 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


Apakah Anda mengetahui rumus tinggi kuda-kuda atap rumah? Di dalam setiap rumah yang dibangun, ada bagian konstruksi bangunan yang tidak boleh dilupakan, yaitu kuda-kuda atap. Sesuai namanya, kuda-kuda berguna untuk menjadi kerangka penopang genteng rumah agar tetap kokoh dan kuat sepanjang waktu.

Kuda-kuda atap rumah memiliki fungsi yang sangat vital dalam sebuah struktur bangunan. Fungsi utama dari kuda-kuda atap rumah yaitu menyokong semua tekanan yang ada pada rangka atap, kemudian menyalurkannya ke struktur bangunan yang ada di bawahnya.

Namun bagaimana dengan rumus tingginya? Kemudian, apa saja tipe kuda-kuda atap rumah yang sering digunakan? Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya bersama Klopmart di bawah ini.

Cara Menghitung Kemiringan Kuda-Kuda Atap

Pemasangan kuda-kuda atap rumah menjadi hal utama untuk diperhatikan di dalam pembangunan konstruksi rumah. Sebagai bagian penting dari atap, sudut kemiringan konstruksi ini sangat penting untuk dihitung dengan benar. 

Kemiringan atap rumah yang ideal di antara 25-40 derajat. Namun jika sudah diterapkan secara langsung, 30 derajat menjadi kemiringan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tapi bukan berarti Anda harus menggunakan kemiringan 30 derajat juga.

Paling penting adalah menentukan derajat kemiringan perlu mengetahui berapa ukuran dari tinggi atap rumah. Anda dapat menggunakan cara menghitung kemiringan kuda-kuda dengan rumus berikut:

Kemiringan kuda kuda atap = 1/2 x lebar bangunan : cos a (kemiringan sudut atap)

Rumus Tinggi Kuda-Kuda Atap Rumah

Rumus tinggi kuda-kuda atap rumah adalah:

Tinggi Kuda-Kuda Atap = 1/2 (Panjang Bentang) x Tangen dari sudut kemiringan atapnya

Untuk bisa mengetahui bagaimana perhitungan secara tepat, mari dibedah dengan menggunakan studi kasus.

Contoh

Jika Anda ingin membangun rumah dan memiliki panjang bentang atap 6 meter serta sudut kemiringan atap sekitar 30 derajat, berapa tinggi kuda-kuda atap rumah yang harus Anda bangun?

Diketahui:

Panjang bentang = 6 meter
Sudut kemiringan atap = 30 derajat

Ditanyakan:

Tinggi kuda-kuda atap rumah ... ?

Penyelesaian:

Rumus tinggi kuda-kuda atap rumah = ½ (Panjang Bentang) x Tangen dari sudut kemiringan atap

Tinggi kuda-kuda atap = 1/2 x 6 x tan 30 derajat
Tinggi kuda-kuda atap = 6/2 x 0,58
Tinggi kuda-kuda atap = 3 x 0,58
Tinggi kuda-kuda atap = 1,73 meter

Rumus tinggi kuda kuda atap rumah dengan sudut kemiringan 30 derajat

Dengan perhitungan di atas, maka sudah jelas bahwa tinggi kuda-kuda atap yang bisa dibangun sesuai rumus adalah 1,73 meter. Angka inilah yang menjadi acuan untuk membangun tinggi kuda-kuda atap rumah yang tepat dan sesuai kriteria konstruksi bangunan. Mudah, bukan?

Baca juga: jarak reng baja ringan atap rumah

Setelah memahami perhitungan ataupun rumus tinggi kuda kuda atap rumah, selanjutnya mari kita bahas mengenai tipe-tipe kuda-kuda rumah.

Tipe Kuda-Kuda Atap Rumah

Ada berbagai macam tipe kuda-kuda atap rumah yang sering digunakan pada saat ini. Apa saja tipenya?

1. Bahan Beton

Kuda-kuda atap rumah dari bahan beton terbuat dari beton bertulang yang biasa digunakan untuk tempat tinggal dengan spesifikasi tertentu. Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah komposisi pemasangan kuda-kuda ini harus teliti sekali. Seperti jarak tumpuan bebasnya tidak harus empat meter.

Namun jika jarak tumpuannya lebih dari empat meter, di posisi inilah dibutuhkan perhitungan secara susunan yang tepat. Untuk itulah mengapa penggunaan bahan beton untuk kuda-kuda atap rumah harus sangat teliti.

2. Bahan Kayu

Bahan kayu termasuk kuda-kuda atap rumah yang paling sering digunakan. Tipe ini menawarkan kepraktisan dan mudah ditempatkan untuk mendukung komponen lainnya dalam konstruksi bangunan. Selain itu juga mudah didapatkan dan tidak akan mengalirkan listrik sehingga proses pemasangan lebih aman.

Hanya saja terdapat kelemahan dari penggunaan material kayu, yaitu dapat lapuk, kadang memiliki bentuk yang kurang seragam, dan mudah terbakar. Jadi, pastikanlah untuk memilih kayu yang berkualitas ya!

3. Batu Bata

Batu bata untuk kuda-kuda atap rumah biasa disebut juga sebagai gunungan. Alasan utama penyebutan nama ini adalah bentuknya yang segitiga sehingga menyerupai gunung. Batu bata ini digunakan untuk jenis atap pelana.

Kuda-kuda ini memiliki kekurangan yaitu rawan retak apabila terkena hujan dan matahari. Hal yang dapat Anda lakukan jika ingin menerapkan tipe kuda-kuda ini adalah melapisi bagian gunungan yang terekspos tadi dengan cat eksterior.

Baca juga: 4 Jenis Baja Ringan yang Umum Dalam Konstruksi

4. Baja Konvensional

Selanjutnya ada baja konvensional yang sering diaplikasikan untuk bangunan dan gedung berukuran besar. Contohnya seperti pabrik dan gudang industri. Bangunan seperti itu membutuhkan tumpuan yang besar karena memang baja konvensional memiliki bentangan melebihi 15 meter.

5. Baja Ringan

Atap baja ringan semakin sering digunakan untuk menggantikan bahan kayu karena beberapa alasan. Dimulai dari bobot tidak terlalu berat, harga yang terjangkau, tahan karat, dan anti rayap. Baja ringan juga mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Inilah mengapa baja ringan menjadi pilihan utama kuda-kuda atap rumah pada saat ini.

Kesimpulan

Itulah cara menentukan tinggi kuda-kuda atap rumah dan berbagai tipe-tipenya. Anda sendiri mungkin tertarik untuk menggunakan baja ringan sebagai kuda-kuda atap rumah. Klopmart memiliki produk baja ringan terbaik di kelasnya dengan berbagai ukuran. Tertarik untuk membelinya? Dengan informasi rumus tinggi kuda-kuda atap rumah, cek harga reng baja ringan di Klopmart sekarang juga.


Sumber artikel:

  • https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/Rumus-Kuda-Kuda-Baja-Ringan-Untuk-Pemula

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya