Cara Pasang Atap Baja Ringan

Dalam struktur rumah, atap adalah bagian penting untuk memastikan penghuni terhindar dari panas, hujan, dan cuaca panas atau dingin. Baja ringan merupakan salah satu material yang dapat diaplikasikan sebagai atap rumah. Bahan ini lebih tipis, ringan, dan mudah dibentuk. Cara pasang atap baja ringan pun tidak terlalu rumit, hanya saja memerlukan persiapan dan perhitungan yang tepat. Baja ringan juga sangat kuat, tahan lama, dan dapat digunakan kembali setelah dibongkar.

Baja ringan memiliki kandungan zinc aluminium dan zinc coated sehingga tahan karat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Selain untuk bangunan utama, baja ringan juga dapat digunakan untuk membuat atap kanopi di teras atau halaman rumah.

 

Persiapan Pasang Atap Baja Ringan

Sebelum melakukan pemasangan atap baja ringan, Anda harus mengukur kebutuhan atap baja ringan terlebih dahulu. Caranya dengan menghitung volume atap rumah dan membuat gambar kerja. Setelah itu, barulah dilakukan proses pemasangan yang meliputi pembuatan struktur pendukung berupa kolom supaya posisi rangka stabil dan pasang rangka atap.

Hitunglah luas lahan yang akan ditutupi atap sesuai kebutuhan. Perhitungan panjang kali lebar kawasan ini nantinya juga penting untuk memperkirakan pemasangan kuda-kuda antar tiang kanopi. Pastikan tiang kanopi tidak terlalu tinggi, kira-kira 3-4m. Rangka baja yang dipasang pada tiang tersebut harus berdampingan 2 lapis tegak lurus, 1 di bagian kiri, lainnya di kanan supaya kuat menopang bobot atap.

Ukur luas atap dan tingkat kemiringannya dengan akurat. Kemiringan yang dianjurkan ialah antara 25 - 30 derajat supaya air hujan tidak menggenang pada atap dan dapat langsung mengalir. Untuk baja ringan jenis spandek, tetapkan jarak 60cm antara satu reng dengan lainnya. Jangan lupa menghitung jumlah beban agar dapat menentukan kekuatan kuda-kuda.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan yaitu baja ringan, reng, bor listrik, baut reng, baut baja ringan, gunting khusus baja ringan, meteran, dan penggaris siku. 

 

Cara Pemasangan Atap Baja Ringan

Setelah persiapan selesai, cara pasang atap baja ringan dapat dilakukan. Proses pemasangan dilakukan mulai dari kerangka atap, pemasangan atap, reng, dan kuda-kuda. Cara memasang baja ringan harus sesuai tanda yang telah dibuat. Setelah selesai, kencangkan kuda-kuda menggunakan plat L. Untuk menyambung, gunakan siku atau ring balok. Berikut langkah-langkah lengkapnya.

 

1. Leveling

Tahap pertama yaitu leveling untuk mengatur agar ring balok siku dan rata. Gunakan penyiku dan selang air waterpass. Pastikan semua material sudah terikat oleh rangka dasar ring balok dan telah tersambung dengan baik. Ukur jarak antar kuda-kuda, berikan tanda supaya hasilnya sesuai dengan rencana gambar yang telah dibuat.

 

2. Menyusun dan Memasang Kuda-Kuda

Cara menyusun dan pasang kuda-kuda yaitu:

  • Pastikan sisi kanan kiri kuda-kuda pada rangka tidak terbalik.
  • Supaya posisi kuda-kuda tegak lurus dengan ring balok, gunakan benang dan lot.
  • Gunakan plat L dan baut 12-14x20 untuk mengencangkan kuda-kuda yang telah tersusun.
  • Supaya posisi kuda-kuda tidak bergeser, kuatkan plat L dengan ring balok menggunakan dynabolt, kemudian tambahkan balok penopang sementara.
  • Setelah semua kuda-kuda terpasang, periksa jarak antara satu dengan yang lain.
  • Periksa kembali apakah bagian kuda-kuda dan garis noknya sudah sejajar.
  • Jika sudah sejajar, pasanglah balok nok.
  • Pasang pengikat untuk penguat bagian atas dan bawah.
  • Pasangkan reng dengan jarak serupa dengan jenis penutup atap yang digunakan.

 

Setelah cara pasang atap baja ringan dilakukan hingga selesai, periksa kembali hasil pengerjaannya. Pastikan atap terlihat proporsional, tidak ada bagian yang longgar, dan sesuai dengan gambar rencana awal.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
02 Des 2020

Related Article