Berapa Jarak Reng Baja Ringan Atap Rumah?

Jarak reng baja ringan dalam kuda-kuda atap rumah biasanya ditentukan oleh berbagai faktor. Penentuan jarak ini sangat krusial karena akan memengaruhi kekokohan dari atap tersebut. Selain itu dapat menentukan efektivitas pemasangan atap baja ringan.

Popularitas baja ringan memang semakin hari semakin terkenal saja. Dengan cara pemasangan yang mudah, bobot lebih ringan, daya tahan lebih tinggi, serta jangka waktu pemakaian lebih lama dibandingkan balok kayu, baja ringan memang layak untuk Anda pilih. 

Namun untuk menentukan jarak reng baja ringan, Anda beberapa faktor penilaian yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Apa saja penilaian itu? Simak rangkumannya di bawah ini.
 

Melihat Ketebalan Baja Ringan

Faktor pertama adalah melihat ketebalan baja ringan. Konstruksi atap biasanya menggunakan baja ringan dengan ketebalan antara 0,75 mm hingga 1 mm. Untuk ketebalan reng sendiri, berada di kisaran 0,40 mm hingga 0,60 mm. Intinya adalah semakin tebal ukuran reng, maka jarak kuda-kuda baja ringan akan lebih renggang daripada perhitungan standar.
 

Bobot Atap

Selain melihat ketebalan baja ringan, Anda harus mengecek bobot atap. Maksudnya atap di sini adalah jenis genteng yang digunakan. Pastikan Anda mengetahui lebar, tebal, dan bobot dari jenis genteng tersebut. Khususnya yang nanti akan ditopang oleh rangka baja ringan.
 

Menilai Luas Bangunan

Kemudian Anda harus melihat luas bangunan. Mengetahui luas bangunan sangat penting agar tahu berapa jarak kuda-kuda atap rumah yang nanti akan dipasang. Tentunya dipasang sesuai standar karena rangka akan menahan beban dari penutup atap, tekanan angin yang berat, dan curah hujan.

Baca juga: Cara Pasang Atap Baja Ringan yang Mudah
 

Letak Geografis Bangunan

Jika Anda membangun rumah di daerah pesisir pantai atau pegunungan, maka jarak reng baja ringan akan ditentukan juga dari sini. Kalau memang berada di kedua daerah tersebut jarak reng dan kuda-kuda baja ringan akan dibuat lebih dekat dari standar. 

Hal ini harus disesuaikan karena mengingat tekanan angin dari dua daerah tersebut lebih besar dari daerah lainnya. Dengan begitu, saat angin kuat menerjang, kondisi atap rumah Anda tetap aman dan kokoh sepanjang waktu. 
 

Jarak Reng Baja Ringan

Sekarang saatnya membahas lebih dalam tentang jarak reng baja ringan dan kuda-kuda. Ada beberapa poin yang perlu Anda ingat di sini, yakni:

  • Jika Anda menggunakan genteng dari keramik dengan kemiringan 30 derajat, maka jarak maksimal kuda-kuda adalah 1,2 meter. Untuk jarang reng baja ringan adalah 265 mm.
  • Jika Anda menggunakan genteng beton dengan kemiringan 30 derajat, jarak maksimal kuda-kuda adalah 1,2 meter. Sebaliknya, jarang reng di antara 250 mm hingga 340 mm. Memang untuk penggunaan genteng beton, jarak reng baja ringan menjadi lebih lebar.
  • Terakhir, untuk penggunaan genteng metal dengan kemiringan 15 sampai 30 derajat, maka jarak maksimal kuda-kuda di antara 1,6 meter hingga 1,8 meter. Kemudian untuk jarak reng sendiri adalah 600 mm. Namun kalau kemiringan genteng metal di antara 10 sampai 30 derajat, jarak reng dapat mencapai 900 mm. 

Perhitungan jarak reng baja ringan yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi, diharapkan dapat memaksimalkan waktu penggunaan dari baja ringan. Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan baja ringan pada hunian atau bangunan, mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui berapa tahun kekuatan baja ringan saat penggunaan.

Itulah penjelasan dari jarak yang bisa Anda atur untuk reng baja ringan. Pemasangan baja ringan memang tidak mungkin tanpa adanya reng. Anda dapat memiliki reng baja ringan dengan kualitas terbaik dari Klopmart. Ingin mengetahui harga dari reng baja ringan? Dengan informasi jarak reng baja ringan di atas, dapatkan informasi harga reng baja ringan bersama Klopmart.

Baca juga: Tinggi Atap Rumah Ideal


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article