Home & Living

CARA PENYELAMATAN DIRI: KEBAKARAN RUMAH

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Kebakaran adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia, khususnya kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik. Langkah-langkah pencegahan kebakaran sudah pernah kita bahas sebelumnya dan Anda dapat membacanya di sini. Sekarang yang kita perlu mengetahui adalah cara menyelamatkan diri saat kebakaran rumah.

    Sebelum kita membahas cara menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran rumah, kita perlu melakukan persiapan untk menghadapinya. Misalkan dengan memiliki salinan digital surat-surat penting. Memasang pendeteksi asap atau smoke detector, yang dapat membantu kita mendeteksi kebakaran sesegera mungkin. Menyiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di rumah dan mempelajari cara pemadaman api adalah salah satu cara persiapan yang baik. Baca juga artikel tentang APAR di sini.

    Perencanaan rute keluar rumah juga perlu dipikirkan dan dijalankan oleh seluruh penghuni rumah. Hal ini penting sehingga tidak panik dan terjebak di rumah sendiri.

    Berikut beberapa cara menyelamatkan diri saat terjadi kebakaran rumah:

    1. JANGAN PANIK. Tetap tenang dan kendalikan diri. Dengan memutuskan untuk tenang, kita dapat mengendalikan diri. Karena rasa panik itu menular, belajarlah memutuskan untuk tidak panik dan tetap tenang. Dengan begitu kita bukan hanya dapat mengendalikan diri sendiri tetapi juga situasi di sekeliling kita, sehingga kita dapat berpikir jernih dan bereaksi dengan cepat dan tepat!

     

    1. BEREAKSI DENGAN CEPAT. Saat menemukan kebakaran di rumah, atau alarm smoke detector berbunyi, cepatlah bereaksi dengan memberitahu seisi rumah. Jangan tunggu api membesar, karena semuanya akan terlambat. Kecepatan sangatlah penting!

     

    1. USAHAKAN KELUAR RUMAH. Dengan rute keluar rumah yang sudah disepakati bersama, keluarlah dengan hati-hati. Jika harus melewati pintu, periksalah lebih dulu apakah ada api di belakangnya! Tempelkan punggung tangan Anda ke pintu atau pegangan pintu. Jika terasa hangat, maka kemungkinan besar ada api di balik pintu tersebut. Untuk itu perlu dipertimbangkan jalur keluar melewati jendela. Jika pintu terbuka dan ada api di ruangan tersebut, tutuplah pintu supaya api dan asap tidak menyebar.

     

    1. RENDAHKAN BADAN DAN TUTUPI HIDUNG. Asap selalu bergerak ke atas mengikuti udara panas, maka rendahkan posisi badan dan tutupi hidung dan mulut dengan kain atau handuk basah. Kain basah ini akan menyaring udara yang kita hirup dari bahan-bahan berbahaya yang terbawa asap. Dengan begitu, kemungkinan untuk bertahan hidup menjadi lebih besar. Berjalanlah merangkak menuju keluar.

     

    1. JIKA PAKAIAN TERBAKAR, JATUHKAN DIRI & BERGULING DI LANTAI. Jika pakaian terpercik api dan mulai terbakar, tetap tenang, tutupi wajah Anda, jatuhkan diri dan berguling-guling di lantai untuk memadamkan pakaian Anda!

     

    1. JIKA TIDAK BISA KELUAR RUMAH, LINDUNGI DIRI DARI ASAP. Sambil menunggu pertolongan, tetap tenang dan usahakan menutup seluruh lubang dan celah dengan kain, handuk ataupun plester. Dengan demikian risiko keracunan asap dapat dihindari. Tutupi hidung dan mulut dengan kain atau handuk basah.

     

    1. SETELAH DI LUAR, HITUNGLAH ANGGOTA KELUARGA. Hal ini penting untuk mengetahui apakah ada anggota keluarga yang masih terjebak di dalam rumah, atau terluka. Untuk metode pertolongan pertama pada luka bakar, Anda dapat membacanya di sini.

     

    1. HUBUNGI DINAS PEMADAM KEBAKARAN & PIHAK BERWAJIB. Nomor 113 atau 1131 untuk menghubungi pemadam kebakaran. 118 atau 119 untuk memanggil ambulans. 110 untuk meminta bantuan polisi. 

     

    1. MENJAUHLAH DARI LOKASI KEBAKARAN. Bawalah seluruh anggota keluarga ke tempat yang aman dan menjauh dari lokasi kebakaran sambil menunggu pertolongan. Kita tidak pernah tahu, apakah api akan menyebabkan ledakan atau rubuhnya bangunan.

     

     

    Stay safe, rekan pembaca semua!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya