Tips & Trik

Manfaat Bendungan bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

Media
26 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Selain untuk membendung sungai, tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak manfaat bendungan bagi kehidupan kita sehari-hari?

Bendungan tentu saja dibangun untuk suatu maksud. Ada bendungan yang hanya dikhususkan untuk satu tujuan, tetapi ada juga bendungan yang multifungsi. Apa pun tujuan dibangunnya suatu bendungan, semuanya itu untuk membantu masyarakat di sekitar bendungan agar memiliki hidup yang lebih baik.

Mengenal Bendungan

Kalau Anda hanya pernah mendengar nama-nama bendungan yang paling besar, itu wajar saja. Pasalnya, hanya bendungan dengan tinggi minimal 15 meter yang termasuk dalam kategori bendungan besar. Kurang dari itu, maka termasuk dalam bendungan kecil.

Bendungan adalah suatu bangunan buatan manusia yang berguna untuk menahan sejumlah volume air di satu tempat, lantas mengalihfungsikan air tersebut untuk hal lain. Melihat iklim yang tidak stabil dengan debit hujan yang fluktuatif pula, manfaat bendungan makin penting bagi kehidupan manusia.

Meski begitu, karena dibuat oleh manusia, bendungan juga menyimpan potensi menghancurkan yang besar. Itulah mengapa proses pengecekan yang berkala dilakukan oleh pemilik bendungan sebagai bentuk pengelolaan. Jika terjadi rembes atau keretakan, bendungan bisa segera diperbaiki.

Manfaat Bendungan bagi Kehidupan


Lantas, apa saja manfaat bendungan bagi kehidupan sehari-hari manusia? Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Tempat Menampung Air

Sesuai dengan namanya untuk membendung sesuatu, manfaat bendungan yang pertama adalah sebagai tempat menampung air. Tak tanggung-tanggung, volume yang bisa ditampung suatu bendungan dapat mencapai miliaran meter kubik. Jumlah ini mampu mendukung berbagai aktivitas masyarakat yang tinggal di area sekitar bendungan.

Hal ini juga akan berguna sebagai cadangan air sungai. Jika sungai mengering, warga sekitar tak perlu merisaukan ketersediaan sumber daya air mereka karena bendungan sudah menyimpankan cadangannya. Tentunya, manfaat bendungan ini akan sangat terasa saat musim kemarau berkepanjangan tiba.

Baca juga: 10 Bendungan Terbesar di Dunia

2. Irigasi

Masih banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai petani. Oleh sebab itu, manfaat bendungan yang memiliki daya tampung air tinggi adalah sebagai sumber irigasi bagi lahan-lahan di sekitar bendungan. Keberadaan bendungan ini dapat mempertahankan kesediaan air, terutama bagi lahan pertanian yang jauh dari sumber air.

Saat musim hujan, kelebihan air bisa ditampung di bendungan. Nanti, saat musim kemarau, air tersebut bisa dialirkan untuk mengairi lahan sesuai kebutuhan. Para petani pun akan bisa mendapatkan hasil panen yang stabil sepanjang tahun tanpa takut gagal panen.

3. Sumber Air Bersih

Di kota-kota besar, sering kita jumpai sungai yang berair keruh. Ketika musim hujan datang, aliran air sungai akan terus terisi kotoran dan tidak sempat mengendap. Kualitasnya yang buruk membuat penduduk di sekitar sungai kesulitan menggunakannya untuk keperluan MCK. 

Dengan manfaat bendungan sebagai sarana penampung air, air hujan dapat dikumpulkan dalam area yang stagnan. Air ini akan menjadi lebih bersih dibandingkan air sungai, sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh penduduk.

Baca juga: Talud: Definisi, Jenis, Fungsi dan Perbedaannya dengan Turap

4. Pengendalian Banjir

Selanjutnya adalah salah satu manfaat bendungan yang sangat penting bagi penduduk di daerah yang rawan banjir. Apalagi bila musim hujan tiba, risiko tinggi debit air sungai akan meningkat. Itulah mengapa pembangunan bendungan bisa memberi banyak keuntungan bagi kehidupan kita.

Selaras dengan paparan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berkat debit air yang bisa diatur, bendungan yang dibangun sebagai pengendali banjir akan memastikan bahwa tidak ada kelebihan air yang akan meluap ke lahan atau daerah berpenghuni. Luapan air yang ada pun akan dialihkan atau dibuang ke tempat lain dengan hati-hati.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air

Setiap hari, kita membutuhkan listrik untuk melakukan semua aktivitas kita. Itulah sebabnya mengapa kita mengonsumsi sangat banyak energi listrik.

Dari sekian banyak bahan bakar penghasil listrik, banyak yang menggunakan material yang tidak dapat diperbarui. Sebagai solusinya, dibuatlah PLTA yang turbin-turbinnya digerakkan oleh aliran air dalam reservoir bendungan. Tentunya, masyarakat di sekitar bendungan akan sangat terbantu.

Karena berasal dari alam, energi listrik yang dihasilkan oleh PLTA di bendungan termasuk dalam energi bersifat ramah lingkungan. Energi yang dihasilkan ini bergantung pada siklus air yang digerakkan oleh matahari, sehingga dapat diperbarui dan berkelanjutan.

Baca juga: Inilah 10 Bendungan Terbesar di Indonesia

6. Destinasi Wisata

Kita tak hanya bisa merasakan manfaat bendungan lewat air yang dibendungnya, tetapi juga dari lokasi bendungan itu sendiri. Biasanya, karena membutuhkan lahan yang luas, bendungan banyak terdapat di daerah yang sepi penduduk. Pemandangan dan tanaman yang ada di sekitarnya pun cenderung masih asri.

Oleh sebab itu, banyak bendungan di Indonesia dan dunia yang dijadikan sebagai objek wisata. Ada banyak olahraga air yang bisa Anda lakukan pun beragam, mulai dari memancing, berenang, hingga aktivitas lain. Bahkan, ada juga bendungan yang dilengkapi dengan wahana waterboom bagi pengunjung.

7. Mata Pencaharian Masyarakat

Manfaat bendungan yang berikutnya adalah sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sekitar bendungan. Warga bisa melakukan budidaya perikanan dengan memanfaatkan air bendungan. Karena airnya tenang, tentu akan lebih mudah membiakkan ikan dibandingkan jika melakukannya secara liar di alam terbuka.

Warga bisa berprofesi sebagai nelayan, terutama yang mungkin kehilangan lahan untuk pembangunan bendungan. Dengan beralih profesi ini, pada akhirnya perekonomian penduduk akan terbantu. Jika bendungannya dijadikan tempat wisata, pengunjung juga bisa mencoba memancing dan membakar ikan di sana.

8. Sumber Pengairan Industri

Air yang disimpan di dalam bendungan dapat menjadi sumber utama pasokan air untuk berbagai jenis industri, termasuk industri makanan dan tekstil.

Dalam industri makanan, air dari bendungan sering digunakan dalam proses pencucian, pemrosesan, dan pendinginan bahan baku seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Selain itu, dalam industri tekstil, air bendungan digunakan dalam proses pencelupan, pencucian kain, dan pendinginan mesin produksi. Keberadaan bendungan sebagai sumber air yang andal sangat penting untuk menjaga kelancaran produksi dalam industri-industri ini.

Itulah berbagai manfaat bendungan bagi kehidupan manusia. Agar suatu bendungan berfungsi dengan maksimal, tentu dibutuhkan alat dan material berkualitas baik. Begitu juga dengan Anda yang memiliki proyek pembangunan dan ingin hasil bangunannya kuat serta kokoh, pastikan Anda menggunakan semen berkualitas tinggi seperti semen SCG. Temukan harga semen SCG terbaik hanya di Klopmart sekarang juga. Semoga penjelasan akan manfaat bendungan di atas berguna bagi Anda.

Sumber rujukan:

  • https://materiips.com/manfaat-bendungan-bagi-penduduk-setempat

  • https://www.krjogja.com/berita-lokal/read/389909/7-manfaat-bendungan-bener-untuk-masyarakat-apa-saja

  • https://manfaat.co.id/manfaat-bendungan

  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/02/15/135343/ketahui-manfaat-dan-kerugian-bendungan-bagi-lingkungan

  • https://sda.pu.go.id/balai/bwssumatera1/article/pengelolaan-bendungan

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya