Tips & Trik

10 Bendungan Terbesar di Indonesia, Inspiratif untuk Proyek Bendungan

Media
26 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tahukah Anda ada lebih dari 10 bendungan terbesar di Indonesia? Hal ini wajar karena Indonesia adalah negara maritim yang dikelilingi oleh air. Jika dijelaskan, bendungan adalah suatu bangunan buatan manusia yang berfungsi untuk menyimpan air dalam jumlah besar. Air ini nantinya bisa digunakan untuk bermacam hal, seperti untuk irigasi, pembangkit listrik, hingga tempat wisata.


10 Bendungan Terbesar di Indonesia

Sebetulnya, pembangunan bendungan sudah berlangsung sejak zaman kolonial. Lantas, ada di mana sajakah bendungan terbesar di Indonesia? Mari simak urutannya di bawah ini!

1. Bendungan Jatiluhur

Berada di urutan pertama bendungan terbesar di Indonesia, Bendungan Jatiluhur ini ternyata adalah yang terluas di Asia Tenggara. Mencakup wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Bandung, luas bendungan ini mencapai sekitar 8.300 hektar.

Mulanya, tujuan dibangunnya bendungan Jatiluhur adalah untuk membantu mengairi sawah seluas 242.000 hektar. Pembangunannya dimulai sejak zaman Presiden Soekarno pada tahun 1957, sebelum akhirnya diresmikan pada 26 Agustus 1967.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Hemat Air Bersih

2. Bendungan Jatigede

Bendungan terbesar di Indonesia yang kedua ini memiliki banyak fungsi. Diresmikan pada tahun 2015, Bendungan Jatigede adalah sumber pengairan 90.000 hektar lahan pertanian di daerah Majalengka dan Sumedang. Pemandangan indah di sekitar bendungan membuat bendungan Jatigede cocok dijadikan tempat wisata. 

Selain itu, rencananya air bendungan ini juga akan digunakan sebagai PLTA yang mampu menghasilkan 110 Megawatt untuk digunakan oleh 3 - 4 kabupaten di sekitar Jatigede.

3. Bendungan Karangkates

Dibangun pada tahun 1955 dan membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya, itulah Bendungan Karangkates. Bendungan terbesar di Indonesia yang ketiga ini terletak di Malang, Jawa Timur, dan mendapatkan air dari Sungai Brantas yang melintasi beberapa kota di provinsi ini.

Bendungan Karangkates dijadikan sebagai PLTA dengan luas lahan 6 hektar. Tiap tahun, 400 juta Kwh dihasilkan di sini. Warga Malang dan sekitarnya juga menjadikan bendungan Karangkates sebagai salah satu destinasi wisata.

4. Bendungan Sigura-gura

Terletak 23,3 km dari Danau Toba, Sumatra Utara, bendungan Sigura-gura yang dibangun pada tahun 1978 ini akhirnya selesai tahun 1981. Menariknya, salah satu bendungan terbesar di Indonesia ini tidak berada di atas tanah, melainkan 200 meter di bawah permukaan tanah. Sehingga, pengunjung yang tertarik mendatangi tempat ini harus melewati sebuah terowongan gelap sepanjang 1 kilometer terlebih dahulu.

5. Bendungan Batutegi

Berada di Pekon Batu Tegi, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan, Bendungan Batutegi ini diresmikan pada tahun 2002. Butuh delapan tahun untuk menyelesaikan proyek ini sebelum akhirnya bendungan terbesar di Indonesia yang kelima ini bisa dijadikan sumber air minum untuk daerah di sekitarnya. Lokasinya yang berada di antara dua bukit juga menjadikan bendungan ini sebagai tempat wisata yang indah.

6. Bendungan Gajahmungkur

Kembali ke Pulau Jawa, Bendungan Gajahmungkur yang berada di Wonogiri, Jawa Tengah, adalah salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Usianya pun cukup tua, di mana bendungan ini dibangun pada tahun 1970 dan diresmikan pada tahun 1981 oleh Presiden Soeharto.

Saat musim hujan, bendungan ini bisa menampung air sebanyak 750 juta meter kubik. Dengan kapasitas yang besar inilah, wisata bendungan Gajah Mungkur sampai memiliki waterboom dan kebun binatang mini.

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Irigasi yang Wajib Anda Ketahui

7. Bendungan Kedungombo

Masih di Jawa Tengah, ada Bendungan Kedungombo yang lokasinya berada di antara tiga kabupaten berbeda, yakni Sragen, Grobogan, dan Boyolali. Dibangun pada tahun 1980, butuh 11 tahun sampai peresmiannya pada tahun 1991.

Saat itu, pemerintah membangun bendungan ini sebagai PLTA dan sumber air irigasi bagi 79 hektar sawah di sekitar bendungan. Sekarang, bendungan Kedungombo adalah salah satu tempat wisata bagi Anda yang gemar memancing dan berenang.

8. Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo terletak di Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur dengan pembangunannya yang terjadi sekitar tahun 1977-1984. bendungan ini berfungsi sebagai sumber air minum warga sekitar, irigasi lahan, dan PLTA dengan kapasitas air sebanyak 122 juta meter kubik. 

Juga dijadikan sebagai tempat wisata, Anda bisa menginap di resort berkualitas yang tersedia. Anda kemudian bisa menikmati pemandangan sambil mencoba naik perahu kuno, memancing ikan, hingga berkemah di sini.

9. Bendungan Riam Kanan

Selanjutnya, salah satu bendungan terbesar di Indonesia berada di Kalimantan Selatan dan mulai dibangun pada tahun 1973. Sama seperti bendungan-bendungan lain, Riam Kanan juga difungsikan sebagai PLTA, tepatnya untuk seluruh provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini memungkinkan mengingat luas bendungan Riam Kanan yang mencapai 8.000 hektar.

Pemandangan yang disuguhkan di sekitar bendungan ini sangat menawan. Pengunjung bisa melihat danau, bukit, dan Pegunungan Meratus di sekeliling bendungan.

10. Bendungan Tilong

Di Nusa Tenggara Timur juga ada salah satu bendungan terbesar di Indonesia, tepatnya di Desa Oel Nasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Dibangun pada tahun 1999 dan selesai tahun 2001, Bendungan Tilong menjadi bendungan yang terbesar di NTT. Air yang tertampung dimanfaatkan sebagai sumber air bersih warga Kupang dan untuk mengairi area seluas 1.484 hektar.


Meski sudah berusia puluhan tahun, bendungan-bendungan ini masih berdiri dengan kokoh. Bagi Anda yang memiliki proyek pembangunan dan ingin hasil bangunannya kuat juga kokoh, pastikan Anda menggunakan semen berkualitas tinggi seperti semen SCG. Temukan harga semen SCG terbaik hanya di Klopmart dan bangun proyek konstruksi sekuat bendungan terbesar di Indonesia.

Sumber rujukan:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/bendungan-terbesar-di-indonesia/
  • https://regional.kompas.com/read/2022/02/12/094924678/8-bendungan-terbesar-di-indonesia-dari-jati-luhur-hingga-gajah-mungkur?page=all
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/09/27/5-bendungan-dengan-kapasitas-terbesar-yang-jadi-penyokong-plta-di-indonesia
  • https://www.celebes.co/borneo/bendungan-riam-kanan
  • https://tutorteknik.com/blog/daftar-bendungan-bendungan-terbesar-di-indonesia?category=industri
  • http://www.berbagifun.com/2019/04/bendungan-tilong.html

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya